Wisata Arsitektur St Petersburg dan Moscow, Ada Istana Kaisar Rusia

Ada sederet destinasi wisata arsitektur St Petersburg dan Moscow yang bisa Teman Traveler jelajahi. Mulai dari katedral, istana, hingga monumen. Semuanya memiliki arsitektur unik yang dijamin bakal bikin kalian terpana.

Saya sendiri cukup beruntung bisa mengunjungi Rusia dan melihat langsung indahnya deretan warisan arsitektur tersebut. Yuk Teman Traveler, simak perjalanan saya menjelajahi wisata arsitektur St Petersburg dan Moscow berikut ini.

Peter and Paul Fortress

Peter and Paul Fortress (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Kita mulai perjalanan di St Petersburg. Bekas ibu kota Rusia ini memiliki banyak gedung bersejarah, hingga sering didaulat sebagai kota kebudayaan. Ada beberapa objek wisata terkenal di sini, salah satunya adalah Peter and Paul Fortress.

Benteng ini dibangun atas perintah Peter The Great pada 1703. Di dalamnya terdapat katedral dan makam beberapa orang terkenal.

St Isaac Cathedral

St Isaac Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Berikutnya ada St Isaac Cathedral, salah satu katedral terbesar di dunia. Bangunan megah ini dibuka sejak 1858, namun sempat digunakan sebagai museum atheis pada era Uni Soviet.

Trinity Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk
Church on Spilled Blood (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Selain St Isaac, masih ada katedral lain yang bisa Teman Traveler kunjungi di St Petersburg. Dua di antaranya adalah Trinity Cathedral dan Church on Spilled Blood. Sayang, saya harus puas hanya bisa memfoto katedral yang disebut terakhir dari luar. Sebab kala itu bangunannya masih dalam tahap renovasi.

Peterhof

Peterhof (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Sedikit di luar St Petersburg, ada satu tempat wisata lain yang tak boleh Teman Traveler lewatkan. Destinasi yang dimaksud adalah Peterhof, museum yang mulanya merupakan Istana Musim Panas milik Kaisar Rusia, Peter The Great.

Dibangun mulai 1714 sampai 1723, istana ini berdiri megah di tengah-tengah taman luas. Di sekitarnya terdapat kolam dan air mancur yang tak terhitung banyaknya. Benar-benar luar biasa.

Stasiun Metro Subway

Museum atau stasiun nih? (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Nah, kali ini kita sudah sampai di Moscow. Di ibu kota Rusia yang padat ini Teman Traveler bisa mengunjungi banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah Stasiun Metro Subway yang unik.

Disebut unik karena stasiun metro ini dinobatkan sebagai terindah di dunia. Bagaimana tidak? Dinding dan tiangnya terbuat dari marmer. Bahkan di salah satu sudutnya dihiasi deretan lukisan cantik, mirip seperti di museum. Benar-benar mengagumkan!

St Basil Cathedral

St Basil Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Bangunan ini didirikan untuk menghormati St Basil, seorang tokoh yang menyerahkan hidupnya pada Tuhan dan tak tergoda oleh keinginan duniawi. Selama hidupnya St Basil membuat beberapa keajaiban dan hal tersebut diceritakan lewat lukisan-lukisan di tembok katedral.

Kremlin

Kremlin (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Sebagian Teman Traveler mungkin sudah pernah membaca soal Kremlin. Benteng di area Red Square Moscow ini menaungi beberapa bangunan penting seperti gedung serbaguna, gedung pemerintahan, istana, serta gereja.

Itulah pengalaman saya menjelajahi wisata arsitektur St Petersburg dan Moscow. Bagaimana Teman Traveler, semuanya kelihatan keren dan megah ya? Semoga tulisan ini bisa berikan sedikit gambaran buat Teman Traveler yang berencana liburan ke Rusia.

Tags
kontributor Rusia Travelingyuk wisata rusia
Share