Wisata Alam Tapanuli Selatan, Referensi Liburan Bersama Kawan

Advertisement

Tapanuli Selatan yang beribukota Sipirok merupakan kabupaten di Sumatera Utara yang dilewati oleh Bukit Barisan. Tidak heran banyak destinasi dengan panorama pegunungan di kawasan ini yang patut untuk disinggahi. Nah, berikut adalah beberapa wisata alam Tapanuli Selatan yang bisa dikunjungi untuk liburan selanjutnya. Sudah siap catat di mana saja?

Aek Sijornih

Aek Sijornih via Shutterstock

Aek Sijornih berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Kalau dilihat dari gambar, seolah-olah tempat ini seperti wahana buatan. Padahal Aek Sijornih merupakan air terjun alami dengan ketinggian 10 meter yang dikelola secara profesional oleh pemerintah dan warga sekitar. Tempat ini menjadi lokasi yang nyaman untuk berwisata, bahkan anak-anak pun aman bermain di area ini.

Wisata alam Tapanuli Selatan ini terdiri dari dua guyuran air, yang pertama dialirkan ke parit-parit kecil, sedangkan yang kedua ditampung ke dalam kolam yang biasa dipakai pelancong untuk berenang. Sarana prasarana di wana wisata ini tergolong lengkap, mulai dari kamar mandi umum sampai tempat makan. Kawasan ini dapat diakses dengan kendaraan umum berupa angkot maupun kendaraan pribadi dari Padang Sidempuan paling tidak 1 jam.

Danau Siais

Danau Siais via Instagram @ickhwansaleh_harahap

Sama-sama berada di Sumatera Utara, Danau Siais memang kalah pamor dengan Danau Toba. Namun keelokan panorama danau yang berlokasi di Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan ini tidak kalah menawan. Memakan waktu kurang lebih 2 jam dari Padang Sidempuan, Danau Siais menawarkan bentangan air danau kebiruan, serta hamparan pepohonan yang masih terjaga keasriannya. Danau Siais berada tidak jauh dari pemukiman warga dengan akses yang mudah ditempuh.

Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-lima via Instagram @dhanasast

Air terjun Silima-lima terletak di Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan, memakan waktu kurang lebih 1 jam hingga 90 menit perjalanan dengan motor dari Padang Sidempuan. Biaya untuk dapat menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian kira-kira 80 meter ini adalah Rp15 ribuan. Melewati jalan setapak dengan kanan kiri hutan yang sangat asri, serta harus berhati-hati karena adanya jurang. Sebaiknya menggunakan sepatu boot dan hati-hati dengan lintah.

Trek air terjun Silima-lima ini cocok bagi pecinta alam mengingat jalurnya yang cukup sulit. Namun semua itu dijamin akan terbayar ketika menikmati keelokan guyuran air beriak putih dengan debit deras ini, serta bebatuan besar yang berada di kolam yang menampung air terjun tersebut.

Air Terjun Sitimbulan

Air Terjun Sitimbulan via Instagram @fadhlanmukhlis

Wisata alam Tapanuli Selatan ini berada di Desa Haunatas Kabupaten Tapanuli Selatan, dapat ditempuh dari Padang Sidempuan dalam waktu setidaknya 1 jam dengan kendaraan bermotor. Jalur menuju air terjun Sitimbulan sudah beraspal sehingga memudahkan mencapai area ini. Melewati pemukiman warga Desa Haunatas, berjarak 100 meter maka akan menemukan guyuran air terjun yang memang tidak tinggi. Namun keistimewaannya terletak pada kolam yang menampung air terjun, ukurannya begitu luas dengan air berwarna kebiruan sehingga sering dimanfaatkan untuk berenang.

Wisata alam Tapanuli Selatan yang telah diulas di atas semunya menarik untuk dikunjungi. Wisata yang masih alami dengan suasana sejuk dan segar. Nah Teman Traveler sudah pernah mengunjungi yang mana ya?

Advertisement
Tags
Indonesia Tapanuli Selatan Wisata Wisata Alam
Share