Seger-Segeran di Wisata Alam Kabupaten Sumba Barat Daya, Pesonanya Bikin Nggak Berdaya

Nusa Tenggara Timur, sebuah provinsi dengan wilayah yang meliputi banyak gugusan kepulauan. Tidak mengherankan terdapat beragam wisata alam terutama pantai-pantai dengan panorama indah. Misalnya saja wisata alam Sumba Barat Daya, salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Teman Traveler catat ya bisa kemana saja kalau sedang berada di kawasan ini.

Air Terjun Deku Watu

Air Terjun Deku Watu via Instagram @abraham_ronny_s
Air Terjun Deku Watu via Instagram @abraham_ronny_s

Wisata alam Sumba Barat Daya ini terletak satu lokasi dengan Waikelo Sawah yang sudah terlebih dahulu populer. Air terjun Deku Watu berada di Desa Tema Tana Kecamatan Wewewa Timur. Berjarak kurang lebih 50 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor dari Kota Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Teman Traveler yang mau merasakan kesegaran guyuran air terjun ini harus melewati pematang sawah, karena memang letaknya berada di tengah-tengah sawah. Air terjun Deku Watu memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter dengan kedalaman kolam sekitar 5 sampai 7 meter. Keunikan destinasi wisata ini adalah guyuran airnya tidak hanya satu terdapat beberapa tingkat.

Danau Weekuri

Danau Weekuri via Instagram @filippo_cesarini
Danau Weekuri via Instagram @filippo_cesarini

Bisa dilihat dari gambar di atas, wisata alam Sumba Barat Daya yang berupa danau ini memiliki gradasi warna air berbeda. Penyebabnya adalah perpaduan air asin dari laut yang masuk melalui celah-celah gugusan karang di sekitar danau serta air tawar dari beberapa titik sumber mata air. Berlokasi di Desa Kalenagoro, Kecamatan Kodi Utara, bisa sampai ke kawasan ini dengan kendaraan bermotor sekitar 50 menit dari Kota Tambolaka. Danau ini pun berlokasi sangat dekat dengan Pantai Mandorak, destinasi wisata Sumba Barat Daya yang takkalah elok. Teman Traveler bisa melipir ke pantai ini dengan bermodalkan seikhlasnya saja, walau saat ini sedang dicanangkan untuk adanya penetapan tarif masuk.

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah via Instagram @bteguh_gr
Waikelo Sawah via Instagram @bteguh_gr

Waikelo Sawah, sumber mata air tawar yang konon tidak pernah kering walaupun sudah musim kemarau. Terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, bisa dilalui dengan kendaraan bermotor dari Kota Tambolaka selama setidaknya 50 menit. Tujuan utama dibangun pada tahun 1976 untuk keperluan irigasi sawah dan pembangkit listrik. Namun bentuknya yang unik serupa gua alam dengan lebar 4 meter dan ketinggian kurang lebih 3 meter ini menarik perhatian warga sekitar, sampai kini pun menjadi destinasi wisata alam Sumba Barat Daya yang cukup tersohor. Apalagi air kolamnya jernih dan terlihat tenang, walau begitu sebaiknya tidak berenang karena arus bawah airnya besar. Cukup menikmati dari atas bebatuan saja ya.

Pantai Bawana

Pantai Bawana via Instagram @agniaprl
Pantai Bawana via Instagram @agniaprl

Kurang seru kalau belum singgah di pantai ketika berada di Sumba Barat Daya, salah satunya Bawana atau disebut juga Bwanna berada di Desa Kahale Kecamatan Kodi Balaghar. Dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama sekitar 1 jam hingga 1,5 jam dari Kota Tambolaka, melewati jalan raya beraspal. Pantai Bawana sering disebut karang bolong atau pantai bercincin karena terdapat karang besar setinggi kurang lebih 5 meter yang berlubang di bagian tengahnya. Teman Traveler yang jelajah destinasi wisata satu ini akan dimanjakan dengan pemandangan pantai dengan beragam batu karang serta air laut yang jernih menyegarkan.

Pantai Pero

Pantai Pero via Instagram @rynbstn
Pantai Pero via Instagram @rynbstn

Wisata alam Sumba Barat Daya yang satu ini berada di Desa Pero Konda, Kecamatan Kodi, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor memakan waktu sekitar 50 menit dari Kota Tambolaka. Keunikan pantai ini berada pada deburan ombaknya yang begitu besar sampai pengunjung dilarang berenang di laut lepas pantai ini, pasir putih serta tebing karang yang tersebar di area ini. Tidak hanya itu, Teman Traveler yang singgah di Pantai Pero akan menjumpai perkampungan nelayan Bugis. Bisa sekalian mampir sekedar mengobrol atau bisa jadi memperhatikan kehidupan di kampung nelayan.

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak via Instagram @wowowahono
Pantai Mandorak via Instagram @wowowahono

Pantai Mandorak dengan keunikannya karena berada dibalik dua tebing curam berjarak sekitar 5 meter, berlokasi di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, 40 menit dari Pantai Pero. Selain bisa menikmati kesegaran air lautnya, Teman Traveler juga dapat menghayati keindahan matahari terbenam di Pantai Mandorak. Coba juga surfing saat gelombang sedang besar.

Keelokan wisata alam Sumba Barat Daya tersebut memang sebagian ada yang aksesnya mudah seperti Waikelo Sawah dan cenderung tidak mudah seperti Pantai Mandorak. Namun, tidak ada salahnya mengorbankan sedikit waktu menikmati panorama destinasi wisata yang telah diulas di atas. Apakah ada Teman Traveler yang pernah singgah di salah satunya?

Tags
Indonesia Sumba Barat Daya Wisata Wisata Alam
Share