Pilihan Wisata Alam Rembang, Hati-hati Bikin Nggak Mau Pulang!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Alam
Perahu-perahu di Pantai Binangun Jadi Keunikan Tersendiri Perahu-perahu di Pantai Binangun Jadi Keunikan Tersendiri

Wisata alam Rembang, bisa bikin nggak mau pulang lho. Percaya atau tidak, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memang punya pesona yang tidak dimiliki oleh wilayah lain. Selain terkenal karena keberadaan makam R.A Kartini, Rembang juga memiliki aneka pilihan destinasi wisata alam yang menyenangkan. Setiap hari, beberapa tempat wisata ramai dikunjungi. Selain murah, mereka juga mudah dijangkau. Penasaran? Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Pantai Karang Jahe

Sunset di Pantai Karang Jahe Rembang
Sunset di Pantai Karang Jahe Rembang via Instagram/aryaniyani21

Secara geografis, Rembang memang berada di daerah pesisir pantai. Sehingga, kawasan ini punya banyak koleksi pantai yang cantik. Salah satunya adalah Karang Jahe. Uniknya, di kawasan ini, Teman Traveler akan melihat jejeran pohon cemara yang rapi. Sungguh berbeda dengan pantai lain yang dipercantik oleh pohon kelapa. Terletak di Desa Punjulharjo, untuk menuju lokasi, siapa pun tidak akan kesulitan. Pantai ini berada di jalur Pantura Rembang – Lasem.

2. Pantai Binangun

Perahu-perahu di Pantai Binangun Jadi Keunikan Tersendiri
Perahu-perahu di Pantai Binangun Jadi Keunikan Tersendiri via Instagram/noviannuliangga

Wisata alam Rembang satu ini, cukup ramai dengan para pengunjung. Terletak di Desa Binangun, Lasem, Rembang, Pantai Binangun tidak pernah sepi. Meski begitu, ia punya panorama lanskap yang cantik. Hamparan air lautnya yang luas dapat dilihat dari atas bukit Jejeruk. Ombak di pantai ini cukup tenang, ia tidak terlalu kencang. Teman Traveler juga bisa belanja ikan di TPI Binangun yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi ini. Lalu membakarnya bersama teman-teman. Kenyang!

3. Puncak Argopuro

Sesederhana Ini Sebuah Ketenangan
Sesederhana Ini Sebuah Ketenangan via Instagram/lalaolvinsakuntala

Salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Rembang ini juga wajib dikunjungi. Ketinggiannya adalah 806 mdpl. Memang tidak terlalu tinggi, terutama bagi Teman Traveler yang biasa mendaki gunung. Tetapi, Puncak Argopuro di Gunung Gede Lasem ini tetap bisa bikin ngos-ngosan dan keringetan lho. Sesampainya di atas puncak, akan terlihat pemandangan Kota Rembang secara lebih luas. Jika mau mengejar sunset atau sunrise, lokasi ini juga cocok sekali. Tunggu apa lagi?

4. Mangrove Pasar Banggi

Cari Ketenangan di Pasar Banggi Rembang
Cari Ketenangan di Pasar Banggi Rembang via Instagram/andinandian

Jika Teman Traveler sedang ingin jalan-jalan tenang di hutan mangrove, Rembang juga punya! Terletak di Desa Pasar Banggi, luas hutan mangrove ini sekitar 22 hektar dan panjang 2.900 meter. Jenis mangrove yang dibudidayakan di hutan ini adalah Gromsol yang berpasir dan berlumpur. Selain itu, ada juga beberapa jenis mangrove lainnya. Jalan-jalan ke kawasan ini sangat direkomendasikan bagi Teman Traveler yang sedang butuh sendiri dan ketenangan.

5. Grojogan Kalimancur

Grojogan Kalimancur Rembang yang Bikin Nggak Mau Pulang
Grojogan Kalimancur Rembang yang Bikin Nggak Mau Pulang via Instagram/jefrifebriana

Wisata alam Rembang selanjutnya yang bikin nggak mau pulang adalah Grojogan Kalimancur. Kalimancur bisa dikunjungi di Dusun Sidorejo, Desa Gowak, Kecamatan Lasem, Rembang. Keunikan dari air terjun ini adalah bentuknya yang seperti tingkatan. Selain itu, ia juga merupakan bagian dari kawasan Hutan Perhutani KPH Kebonharjo, sekaligus berada di bawah bukit Pegunungan Gowak.

Dari pantai ke grojogan, demikian adalah pilihan wisata alam Rembang yang menyenangkan. Semoga Teman Traveler tidak bingung lagi menentukan destinasi wisata di Rembang ya. Selamat berlibur!