Wisata Alam di Paniai, Keindahan Papua yang Sulit Dilupakan

Advertisement
Advertisement

Kalau mendengar wisata Papua, mungkin sebagian dari kita langsung tertuju pada Raja Ampat. Keelokannya memang sudah tidak diragukan lagi. Tersohor tidak hanya di kalangan pelacong lokal, bahkan sampai internasional. Namun tidak hanya sebatas itu saja, terdapat suatu kabupaten yang memiliki sederetan danau indah. Nah di mana, ya? Yuk simak ulasan wisata alam kabupaten Paniai berikut.

Danau Paniai

Danau Paniai via Instagram @masramaa
Danau Paniai via Instagram @masramaa

Danau Paniai terletak di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua. Keindahan alam yang disuguhkan danau ini benar-benar masih alami. Berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, membuat udara di sekitar wisata alam Paniai satu ini sangat sejuk.

Di danau dengan air berwarna biru ini, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan pegunungan dan tebing yang menjulang. Tak heran jika Danau Paniai pernah diakui menjadi yang terindah di dunia. Untuk bisa berkunjung ke danau bertepi butiran pasir ini, Teman Traveler bisa mengendarai bus dari Kota Enarotali, ibu kota kabupaten Paniai.

Danau Tigi

Danau Tigi via Instagram @thibraya
Danau Tigi via Instagram @thibraya

Tidak cuma Danau Painai, Papua juga memiliki danau yang terletak di lembah pegunungan Deiyai. Danau Tigi tak kalah cantik dan memiliki sejuta pesona. Terdapat pulau kecil bernama Duamo di tengah-tengah Danau Tigi. Selain menikmati pemandangan elok dan merasakan udara segar, Teman Traveler juga bisa memancing, bahkan mengarungi danau dengan menyewa perahu penduduk sekitar. Tidak hanya itu, pengalaman bermalam di wisata alam Paniai ini pun bisa Teman Traveler rasakan dengan menginap di rumah penduduk atau berkemah.

Danau Tage

Danau Tage via Instagram @michael.tatogo
Danau Tage via Instagram @michael.tatogo

Danau Tage yang terletak di antara Danau Paniai dengan Tigi ini dikelilingi oleh bebatuan dan pasir putih berkerikil di pinggirannya. Wisata alam Paniai ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Danau Tage bisa menjadi pilihan wisata bersama keluarga. Perairan danau ini pun dipenuhi beragam biota air tawar seperti ikan dan udang.

Bukit Bobaigo

Gunung Bobairo via Instagram @ventyriani
Bukit Bobaigo via Instagram @ventyriani

Bukit Bobaigo masih berada di kawasan Danau Paniai. Spot wisata alam Paniai ini merupakan lokasi populer untuk menikmati keelokan danau-danau di sekitar sini. Tidak sedikit pengunjung yang lebih suka menaiki bukit bebatuan ini ketika berada di Paniai.

Sekian wisata alam Paniai yang memang didominasi oleh danau-danau indah, yang dulunya berada di dekat lautan. Kalau berwisata di Papua, Teman Traveler harus coba jelajahi destinasi tersebut. Jadi berminat meluncur ke Paniai?

Advertisement
Tags
Indonesia Paniai Papua Wisata
Share