Mengarungi Wisata Alam di Kupang yang Pesonanya Memukau

Setiap menyebut Nusa Tenggara Timur, tentu orang-orang akan selalu teringat dengan keindahan Pulau Komodo. Apabila ditelusuri lebih dalam, provinsi satu ini potensi wisatanya tidak hanya terbatas di Pulau Komodo. Bisa begitu karena masih banyak destinasi lain yang tak kalah indahnya. Misalnya beberapa tempat wisata alam di salah satu kota yaitu Kupang. Apabila Teman Traveler tidak percaya, bisa langsung simak ulasan di bawah ini. 

Pantai Batu Nona

wisata alam di Kupang
Pantai Batu Nona via instagram/ muhammad_nh30

Pantai Batu Nona adalah salah satu wisata Kupang yang menjadi pilihan warga Kota Kupang untuk menghilangkan kepenatan. Pantainya sangat indah dengan hamparan pasir putih nan halus serta batu karang yang menghiasinya. Terdapat juga banyak Pohon Lontar yang menambah keindahan pantai ini. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa pantai ini dinamakan Batu Nona. Menurut cerita yang beredar, dahulu ada seorang wanita melompat dari salah satu batu karang karena sedih diputuskan pacarnya. Saat melompat, si wanita berubah menjadi batu yang berada persis di pinggir pantai. Namun, sayangnya batu ini sudah terkikis ombak. 

Pulau Kera

wisata alam di Kupang
Pulau Kera via instagram/ vamos_ntt

Pulau Kera merupakan sebuah kawasan kecil yang ada di sekitar Kupang. Kelebihan dari wilayah tersebut adalah hamparan pasir pantai berwarna putih dan sedikit kemerahan. Air lautnya berwarna hijau tosca dan sangat jernih. Beberapa pohon kelapa dan cemara juga tak lupa menghiasi pulau ini.

Di sini, Teman Traveler juga bisa melakukan kegiatan diving, snorkeling ataupun memancing. Selain itu, spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset juga ada di pulau cantik tersebut. 

Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan via instagram/ madara_geo

Di Amarasi, Kabupaten Kupang terdapat tempat wisata air terjun dengan nama Tesbatan. Kelebihan dari destinasi alam satu ini adalah keasriannya dan kesejukan yang dihasilkan dari pepohonan hutan di samping air terjun. 

Kemudian, kelebihan lain yang dipunya oleh Air Terjun Tesbatan yakni memiliki tiga tingkatan. Air terjun pertama (paling atas) adalah yang paling mudah dan ramai disambangi karena posisinya berada persis di sebelah jalan setapak. Lalu, air terjun kedua (tengah) merupakan tingkatan yang memiliki dinding paling lebar. Sedangkan air terjun ketiga (bawah) mempunyai tinggi sekitar tiga meter. 

Gua Monyet

Gua Monyet via instagram/ gennabazrah

Taman rekreasi Gua Monyet merupakan suaka margasatwa yang dilindungi. Monyet-monyet yang berada di taman rekreasi ini hanya tersisa beberapa ekor karena yang lainnya mati ditabrak kendaraan. Menurut penjaga tempat wisata ini, monyet-monyet tersebut ditabrak mati karena melompat keluar dari gua sehingga berkeliaran di pinggir jalan.

Di dalam taman rekreasi ini terdapat pohon-pohon yang berukuran sangat tinggi dan rindang, sehingga membuat lingkungan sekitar sangat sejuk. Ada juga sejumlah gua bekas peninggalan Jepang yang memiliki nilai sejarah sebagai tempat penangkaran monyet untuk berlindung atau sebagai tempat tinggal. 

Ulasan di atas sudah membuktikan kalau Nusa Tenggara Timur tidak hanya punya Pulau Komodo sebagai wisata alam terindah. Wisata alam di Kupang ini juga bisa jadi lokasi wisata yang dapat diperhitungkan pesonanya. Nah, adakah dari Teman Traveler yang pernah mengunjungi salah satunya? 

Tags
Indonesia Kupang Nusa Tenggara Timur Wisata wisata alam di Kupang
Share