Pesona Wisata Alam di Kepulauan Selayar, Indahnya Bukan Cuma Pantai

Obyek wisata alam di Kepulauan Selayar yang bisa dikunjungi Teman Traveler bukan hanya pantai. Kawasan kepulauan ini memang kaya dengan aneka pilihan pantai yang cantik-cantik. Namun, selain itu, ada beberapa destinasi menyenangkan yang bisa memenuhi hasrat liburan Teman Traveler. Penasaran? Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate via Instagram/
Taman Nasional Taka Bonerate via Instagram/ detyosjourney

Jelajah wisata alam di Kepulauan Selayar, kita mulai dari Taman Nasional Taka Bonerate. Sebagai bagian dari Indonesia, Teman Traveler harus bangga. Sebab, Taka Bonerate merupakan kawasan atol (kawasan dengan kumpulan terumbu karang) terbesar ketiga di dunia. Tidak main-main, keberadaan terumbu karang di kawasan tersebut, tersebar hingga 500 Km persegi. Teman Traveler yang hobi diving, cocok sekali liburan ke sini. Ditunggu ya!

2. Goa Balojaha

Goa Balojaha yang Eksotis via Instagram/
Goa Balojaha yang Eksotis via Instagram/ indrasutamaa

Terletak di Pulau Pasi, Goa Balojaha keindahannya luar biasa. Ia goa namun punya “kolam alami” yang kejernihan airnya nggak main-main. Berbentuk semi vertikal, komponen utama goa ini adalah batuan kapur yang licin. Ketika berada di sini, Teman Traveler pasti akan takjub dengan keberadaan stalakmit yang tercetak cantik secara alami. Tetap berhati-hati dan jaga kealamiannya saat berada di sini ya.

3. Batu Lohe

Batu Lohe yang Unik di Kepulauan Selayar via Instagram/
Batu Lohe yang Unik di Kepulauan Selayar via Instagram/ zubair_arp

Terletak di Dusun Balang Butung, obyek wisata alam di Selayar ini tidak terlalu tenar. Padahal, lanskap Batu Lohe tidak kalah menakjubkan. Ia merupakan saksi bisu dari dunia kemaritiman negeri ini. Sejak zaman purba hingga dijajah Belanda. Sebab ia merupakan kawasan pelabuhan paling ramai pada masanya. Pemandangan unik di Batu Lohe, mudah diingat dengan batu alam yang terpahat secara alami.

4. Mangrove Matalalang

Jembatan Kayu di Mangrove Matalalang via Instagram/
Jembatan Kayu di Mangrove Matalalang via Instagram/ murah_kurniadi

Kepulauan Selayar juga punya mangrove. Pemandangan selayaknya mangrove bisa didapatkan saat pengunjung jalan-jalan ke Mangrove Matalalang. Jembatan kayu yang kanan-kirinya hutan bakau, jadi spot identik dan instagenic. Saat akan mengunjungi tempat ini, sebaiknya agendakan sore hari. Kecuali Teman Traveler mau panas-panasan.

5. Puncak Pusera

Puncak Pusera, Tempat Menikmati Lanskap Selayar dari Ketinggian via Instagram/
Puncak Pusera, Tempat Menikmati Lanskap Selayar dari Ketinggian via Instagram/ tenrim

Teman Traveler yang hobi dengan yang tinggi-tinggi, Puncak Pusera wajib dikunjungi saat berlibur ke sini. Kawasan ini merupakan puncak tertinggi di Kepulauan Selayar. Dari atas puncak, Teman Traveler akan melihat pemandangan menakjubkan dari pantai timur di kepulauan ini. Jangan lupa ambil gambar dan bergaya sesampainya di atas ya!

6. Opu Karajeng

Opu Karajeng via Instagram/
Opu Karajeng via Instagram/ dierdirhamsyah

Namanya unik. Seunik tempatnya. Opu Karajeng adalah tebing yang menjorok ke bibir pantai. Kawasan ini cukup multifungsi. Teman Traveler bisa melakukan beragam aktivitas di sini, mulai dari hiking, jogging, selfie-selfie atau berburu sunset. Kalau mau mengunjungi tempat ini, lokasinya ada di Barat Lambongan, Kecamatan Bontomatane, Selayar.

7. Air Terjun Jammeng

Air Terjun Jammeng yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan ke Kepulauan Selayar via Instagram/
Air Terjun Jammeng yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan ke Kepulauan Selayar via Instagram/ sunaribeachresort

Obyek wisata alam di Kepulauan Selayar yang satu ini bisa dipakai basah-basahan. Namanya air terjun Jammeng atau Ohe Gonggong. Air yang mengalir di sini, bermuara ke pantai timur di Kepulauan Selayar. Lokasinya ada di Kecamatan Bontosikuyu. Yuk, ke sini, yuk!

8. Air Terjun Patikore

Kolam Kecil di Air Terjun Patikore via Instagram/
Kolam Kecil di Air Terjun Patikore via Instagram/ khalif_az

Letaknya sekitar 20 Km dari Kota Benteng, Kepulauan Selayar. Berada di atas bukit airnya mengalir ke pantai. Ia memiliki tinggi yang bervariasi dengan beberapa kolam kecil yang airnya sungguh jernih. Belum lagi, pepohonannya yang rimbun dan teduh.

Beragam destinasi wisata alam di Kepulauan Selayar, bisa dikunjungi sendiri atau bersama teman-teman. Yang jelas, jangan hanya jadi wacana yang “membahagiakan”. Selamat berlibur!

Tags
Alam Indonesia kepulauan selayar sulawesi Wisata wisata alam di kepulauan selayar
Share