Jelajah Wisata Alam di Jeneponto Sulawesi, Pesonanya Bikin Terobsesi!

Keindahan bumi pertiwi memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Setiap pulau memiliki karakteristik masing-masing untuk menunjukkan pesona alamnya. Kali ini Travelinyuk akan mengajak Teman Traveler untuk menjelajah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menyimpan kecantikan alami. Berikut deretan wisata alam di Jeneponto yang punya suasana syahdu dan bikin terobsesi.

Batu Siping

Batu Siping
Batu Siping via Instagram/imanboer

Wisata ini terletak di Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Memiliki bentuk yang unik, lokasi Batu Siping banyak dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto dan juga menikmati pemandangan matahari terbenam. Objek wisata ini terjadi karena akibat dari abrasi pantai di sekelilingnya. Belum terlalu banyak dari wisatawan yang tahu, tempat ini masih terjaga kealamiannya. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus terlebih dahulu melewati lorong dan jalan setapak perkampungan warga Bisolia Desa Banrimanurung dan menempuh jarak 2 km untuk sampai ke Batu Siping.

Bukit Sinalu Bulu Jaya

Bukit Sinalu Bulu Jaya
Bukit Sinalu Bulu Jaya via Instagram/asrul.jie

Berada di Bulu Jaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Bukit Sinalu Bulu Jaya menawarkan pemandangan alam yang hijau dan suasana yang asri. Teman Traveler akan disajikan dengan hamparan rerumputan yang luas serta sebuah danau. Tak heran, banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk berfoto-foto. Untuk masuk ke wilayah ini, pengujung akan ditarik biaya sebesar Rp5.000 per orangnya. Teman Traveler bisa leluasa bermain dan menikmati pemandangan di sini karena belum banyak orang yang tahu akan keberadaannya. Jika berangkat dari Bangkala, untuk menuju ke tempat ini memakan waktu selama 40 menit berkendara.

Air Terjun Tama’Lulua

Air Terjun Tama'Lulua
Air Terjun Tama’Lulua via Instagram/fadliadisadli

Selanjutnya ada air terjun raksasa bernama Tama’lulua atau yang lebih dikenal dengan nama Bossolo dan berada di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia. Walaupun untuk menuju ke tempat ini membutuhkan tenaga yang ekstra, namun rasa lelah tersebut akan hilang ketika telah berada di lokasi. Pemandangan asri pepohonan yang hijau dan udara yang sejuk membuat suasana menjadi syahdu. Untuk masuk ke dalam lokasi ini, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Pantai Karsut

Pantai Karsut
Pantai Karsut via Instagram/dianprasaktid

Terakhir, wisata alam di Jeneponto yang nggak kalah indah adalah Pantai Karsut. Berlokasi di Desa Kampala, Kecamatan Arungkeke, Pantai Karsut menyajikan pemandangan dengan hamparan pasir yang bersih. Untuk masuk ke dalam wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, namun ketika menggunakan fasilitas wisatawan akan dikenakan biaya. Selain dapat berenang dan bermain pasir, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Pengunjung juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu tradisional.

Itulah sekian wisata alam di Jeneponto yang bisa dikunjungi ketika liburan nanti. Tertarik untuk mencoba yang mana dulu nih?

Tags
Indonesia jeneponto. wisata Sulawesi Selatan wisata jeneponto.
Share