Wisata Alam Desa Sendang Tulungagung, Wajib Coba Pekan Ini!

Berencana liburan dengan nikmati destinasi bernuansa alam? Tulungagung punya banyak tempat keren dengan panorama alam mempesona yang bisa Teman Traveler kunjungi sekali jalan. Dalam satu perjalanan, kalian bakal langsung dimanja deretan wisata alam Desa Sendang yang mempesona.

Yap, Desa Sendang merupakan sebuah desa di Tulungagung yang terletak di lereng Gunung Wilis. Di dalamnya terdapat banyak tempat menarik untuk disambangi, terutama buat Teman Traveler yang mendambakan pesona alam cantik. Yuk, kita simak bersama apa saja wisata alam Desa Sendang yang menarik dikunjungi.

Kedung Minten

wisata alam desa sendang
Jernihnya air Kedung Minten (c) Zhella/Travelingyuk

Wisata ini berada di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang, Tulungagung. Destinasi ini telah dirintis masyarakat sekitar sejak awal Januari dan terus eksis hingga sekarang.

Nama Kedung Minten diambil dari salah seorang sesepuh desa bernama Ruminten. Konon beliau berasal dari Mataram dan kerap mandi di kawasan sekitar sini.

Teman Traveler bisa rasakan sensasi gemericik air dari sungai yang mengalir di antara bebatuan. Suara lembut yang terdengar seolah memecah kesunyian dan menambah kental suasana khas alam pegunungan.

Untuk masuk kawasan Kedung Minten, Teman Traveler tak perlu membayar tiket masuk. Kalian cukup membayar biaya parkir saja.

Kebun Bunga Krisan

wisata alam desa sendang
Warna-warni bunga krisan (c) Zhella/Travelingyuk

Masih satu kawasan, Kebun Bunga Krisan berada di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Untuk masuk sini, Teman Traveler wajib mengisi buku tamu yang telah disiapkan oleh kelompok tani Sekar Wilis. Jangan lupa siapkan sejumlah uang untuk sumbangan sukarela.

Sentra agrowisata ini memiliki 14 petak green house sebagai tempat persemaian. Kebanyakan bunga dikembangkan untuk kebutuhan karangan bunga, dekorasi pernikahan, maupun serta acara seremonial tertentu.

Teman Traveler juga bisa membeli bibit bunga atau bunga jadi di kebun ini. Harganya relatif murah kok, hanya berkisar Rp10.000 per pot.

Kebun Teh Penampihan

kebun_teh_NmH.jpg
Hijaunya Kebun Teh Penampihan (c) Zhella/Travelingyuk

Kebun teh ini masih satu lokasi dengan Kebun Bunga Krisan. Keduanya hanya dipisahkan jarak kurang lebih tiga kilometer. Tempat ini juga sekaligus menjadi satu-satunya wisata kebun teh di Tulungagung lho.

Pengunjungnya lumayan banyak, terutama saat weekend. Rata-rata datang dari Tulungagung dan beberapa kota di sekitarnya. Sebelum pulang, pastikan mampir untuk mencicipi seduhan teh asli di sini, sebab rasanya benar-benar beda dengan teh di pasaran.

Jurang Senggani 

jurang_sengani_Atu.jpg
Rindangnya Pinus Jurang Senggani (c) Zhella/Travelingyuk

Wisata ini masih berada di Kecamatan sendang, tepatnya di Desa Ngelurup, Kabupaten Tulungagung. Destinasi satu ini tergolong masih baru, dengan deretan rimbun pepohonan pinus sebagai daya tarik utama. Warga sekitar kerap memanfaatkan kawasan ini untuk kemping atau menggelar diklat organisasi.

Meskipun tempatnya masih tergolong baru, fasilitas di sini sudah cukup memadai. Teman Traveler akan menemukan toilet umum, musholla, dan beberapa warung makan. Kalian juga bisa habiskan waktu sambil berayun santai di ayunan dan menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Itulah beberapa wisata alam Desa Sendang yang bisa Teman Traveler sambangi sekali jalan. Cocok sekali buat kalian yang ingin melepas penat dengan suasana sejuk khas pegunungan. Jika sedang liburan ke Tulungagung, jangan lupa mampir ke tempat-tempat di atas ya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Travelingyuk Tulungagung Wisata Alam Desa Sendang Wisata Tulungagung
Share