Wisata Alam Bekas Pertambangan di Kalimantan Barat, Unik dan Indah!

Kalimantan Barat menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik, Teman Traveler. Salah satunya adalah wisata alam bekas pertambangan. Galian tambang ini ada yang berubah menjadi danau, tebing yang indah, dan juga gurun pasir yang memesona. Penasaran kan? Simak yuk empat  destinasi wisata Kalbar di bawah ini.

Tebing Teman Main (TTM)

Tebing Teman Main via instagram/benjaminmitshu

Belakangan ini Tebing Teman Main (TTM) menjadi viral. Hampir setiap hari lokasi yang berada di Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak tersebut ramai dikunjungi. Bekas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) itu dipadati ratusan orang saat akhir pekan. Pengunjung didominasi kalangan anak muda zaman now. 

Tak lain dan tak bukan karena pemandangan TTM sangat bagus, apalagi sore hari. Teman Traveler akan merasa berada di padang pasir yang luas, kemudian ada air di bawah tebing. Pengunjung banyak yang mandi di tempat ini. Asiknya lagi, kalian bisa meloncat dari ketinggian dan menceburkan diri ke kolam tersebut.

Danau Biru Singkawang

Danau Biru Singkawang via instagram/buunlie

Sempat waktu untuk singgah ke Danau Biru yang berada di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Teman Traveler. Air danaunya jernih kebiruan. Danau ini dikelilingi perbukitan dan keindahannya sulit ditandingi. Siapa sangka danau bekas pertambangan emas ini kini justru menjadi tujuan wisata favorit saat singgah ke Kalimantan Barat.

Danau Biru Melawi

Danau Biru Melawi via instagram/f2_photo

Danau Biru Melawi bukanlah sekedar danau biru biasa. Ada semacam kawah putih yang ada di kawasan Danau Biru. Destinasi wisata yang memesona ini berada di Desa Pemuar, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi dan viral menjadi spot selfie kekinian anak-anak muda Melawi. 

Masyarakat sekitar menamakannya Danau Biru karena kubangan bekas pertambangan ini memiliki warna biru atau tepatnya warna tosca. Berawal dari postingan salah satu traveler di medsos, wisata di Kabupaten Melawi ini selalu dibanjiri pengunjung ketika hari libur tiba. 

Gurun Pasir Kendawangan, Ketapang

Gurun Kendawangan via instagram/andaproject.ph

Siapa sangka jika tebing dan gurun ini dulunya bekas pertambangan? Hamparan luas berbukit bekas tambang bauksit ini terletak di belakang Perseroan Terbatas (PT) Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR), Silingan, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. Penggemar fotografi menjadikan tempat ini sebagai surga untuk hunting foto yang tak kalah keren dari gurun-gurun di Mesir. Warganet masa kini pun mulai berbondong – bondong datang untuk mengabadikan diri di gurun ini.

Wah, siapa sangka ya bekas tambang bisa menjelma menjadi tempat indah dan mendatangkan wisatawan? Kalian kapan mau berkunjung ke wisata alam bekas pertambangan di Kalimantan Barat ini Teman Traveler? Ditunggu ya kehadirannya!

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Wisata Alam wisata bekas tambang Wisata Indonesia
Share