Tidak Hanya Tentang Kopi Gayo, Inilah Destinasi Wisata Alam Aceh Patut Disinggahi

Aceh atau biasa disebut Serambi Mekkah memang tersohor akan adat dan budaya yang dipegang teguh oleh penduduknya. Tak hanya itu, daerah ini juga dikenal sebagai penghasil kopi enak yang menjadi pilihan wajib kedai kopi di Indonesia, bahkan kelezatannya membuat biji-biji tersebut diekspor ke luar negeri. Serambi Mekkah ternyata masih memiliki pesona lainnya. Ini dia deretan wisata alam Aceh yang luar biasa indah seperti yang diulas berikut?

Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin via Instagram @explore_gayo
Air Terjun Tansaran Bidin via Instagram @explore_gayo

Wisata alam Aceh yang tepat dijadikan jujugan pecinta alam adalah Air Terjun Tansaran Bidin, tepatnya di Desa Wonosari Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Kalau Teman Traveler sedang ada di ibu kota kabupaten yaitu Simpang Tiga Redelong, wisata ini dapat ditempuh hanya dalam waktu setidaknya 30 menit. Teman Traveler akan melewati kebun warga dan perbukitan rawan longsor untuk sampai di guyuran air.

Setibanya di Tansaran Bidin, semua lelah yang dirasakan akan terbayar begitu merasakan segarnya air yang katanya boleh diminum langsung. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan debit air cukup deras. Pengunjung biasanya berenang atau sekedar bersantai di atas bebatuan besar. Namun sebaiknya tetap berhati-hati karena medan di sini licin.

Air Terjun Rerebe Gayo

Kolam Biru di Air Terjun Rerebe Gayo Lues via Instagram @explore_gayo
Kolam Biru di Air Terjun Rerebe Gayo Lues via Instagram @explore_gayo

Wisata Alam Aceh lainnya yang sayang dilewatkan adalah Air Terjun Rerebe Gayo yang memiliki kolam berwarna biru. Wisata ini berlokasi di Desa Rerebe Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo Lues. Kolam biru ini memiliki kedalaman antara 2-8 meter, dengan warna begitu jernih dan kebiruan sesuai namanya. Tidak heran banyak pelancong yang berenang demi menikmati kesegaran airnya.

Untuk menikmati keelokan air terjun Rerebe Gayo, Teman Traveler harus melewati pemukiman warga dan jalan tanah. Wana wisata ini harus ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Gayo Lues. Fasilitas yang disediakan di sini berupa musholla dan warung sederhana, jadi tak perlu takut tidak bisa melaksanakan ibadah maupun kelaparan ya.

Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar via Instagram @explore_gayo
Danau Lut Tawar via Instagram @explore_gayo

Danau Lut Tawar adalah wisata alam Aceh yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah yang membelah Bukit Barisan. Danau ini telah menjadi destinasi wisata tersohor di kalangan pelancong, apalagi kalau sedang libur Lebaran. Biasanya kendaraan akan berderet di jalan menuju Danau Lut Tawar. Wisata ini memiliki panorama indah dengan air berwarna hijau kebiruan, dan pepohonan tumbuh rimbun. Banyak pengunjung yang pikinik di pinggir danau. Suasana sejuk, pemandangan bukit di kejauhan membuat betah berlama-lama di sini.

Teman Traveler bisa menyiapkan budget setidaknya Rp20 ribu sebagai uang parkir mobil, untuk bisa memasuki kawasan ini. Apabila pelancong berangkat dari Takengon, ibu kota kabupaten Aceh Tengah, akan memakan waktu sekitar 32 menit.

Pintu Rime Gayo

Wisata Alam Aceh
Pintu Rime Gayo via Instagram @explore_gayo

Pintu Rime Gayo merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Beberapa waktu lalu seorang traveller menjelajah di kecamatan ini tepatnya Desa Arul Gading, dia pun menemukan air terjun yang tersembunyi di antara bukit. Belum diketahui apakah nama dari air terjun ini dan bagaimana cara agar bisa menuju ke sana. Untuk mencapai ke desa ini dibutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan dari pusat kota Bener Meriah. Apakah Teman Traveler berminat untuk melakukan eksplorasi ke daerah ini? Semoga walaupun nantinya banyak yang tahu tempat indah ini, alamnya tetap terjaga dengan baik ya.

Cukup beragam juga destinasi wisata alam di Aceh, mulai dari yang medannya begitu menantang sampai yang berjalan aspal dan menjadi destinasi favorit. Kesemuanya patut disinggahi nih tapi sebaiknya tetap menjaga kelestarian alamnya ya. Kapan Teman Traveler berencana melipir ke Aceh nih?

Tags
Aceh Alam gayo Indonesia Wisata
Share