Wisata Urban, 5 Wisata Air Mancur ini Ada di Tengah Kota

Dari tahun ke tahun, beberapa wilayah di Pulau Jawa semakin berkembang dalam urusan tata kota. Taman-taman kota semakin banyak dibuat dan pedestrian semakin rapi. Meski belum sepenuhnya berfungsi sebagaimana mestinya. Beragam atraksi air mancur juga dapat ditemukan di taman-taman kota atau ruang publik yang lainnya. Seperti lima wisata air mancur di dalam kota yang memukau berikut ini.

1. Air Mancur Menari Grand Indonesia

Air Terjun Menari di dalam Grand Indonesia via instagram
Air Mancur Menari di dalam Grand Indonesia via kota.tokopedia.com

Jika umumnya air mancur berada di area outdoor, pemandangan berbeda akan kamu temukan di Grand Indonesia. Karena Air Terjun Menari yang akan kamu temukan di sini berada di area indoor sebuah mall. Lokasinya berada di Mall Grand Indonesia lantai 4 dan beroperasi setiap weekend maupun weekdays. Pada weekdays, pertunjukan ini dapat dinikmati pada jam 12.00-15.00 dan 18.00-21.00. Sedangkan saat weekend, kamu dapat menikmati pertunjukan ini mulai pukul 11.00-13.00. 15.00-17.00, hingga 19.00-21.00.

2. Sri Baduga Purwakarta

Air Mancur Sri Baduga via instagram
Air Mancur Sri Baduga via instagram/@bercakdawat

Air mancur yang memiliki water fountain dan luas sebesar 3 hektar ini mendapat predikat sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara. Air mancur Sri Baduga ini adalah sebuah proyek pengembangan dari wisata Situ Bleud yang dibangun sejak tahun 2013 dan diresmikan pada tahap pertama di tahun 2014. Setiap malam minggu water fountain ini dimainkan mulai dari jam 19.30 hingga 22.00.

3. Tugu Digulis Untan Sungai Kapuas Pontianak

Air Mancur Taman Digulis Pontianak saat malam hari via instagram
Air Mancur Taman Digulis Pontianak saat malam hari via instagram/@ardi_milanisti

Dari Purwakarta, beralih ke Pontianak. Selain menyusuri Sungai Kapuas, di ibukota Kalimantan Barat ini kamu juga dapat menemukan air terjun yang atraktif. Letaknya pun berada di tepi sungai kapuas. Air menari yang mengelilingi monumern bambu ini juga disorot dengan lampu-lampu buatan yang menambah cantik pemandangannya.

4. Taman Air Mancur Tugu Parameswara, Palembang

Tugu Parameswara sebelum matahari tenggelam dan air mancur menyala via instagram
Tugu Parameswara sebelum matahari tenggelam dan air mancur menyala via instagram/@adittg0dit

Sebuah monumen dengan bentuk yang unik dan eye catching dapat kamu temukan di tempat ini. Keunikan tersebut juga dikelilingi oleh air mancur yang menari-nari. Selain sebagai tujuan untuk masyarakat, tempat ini juga dibangun dalam rangka Pesta Olah Raga Asia Tenggara (SEA GAMES) XXVI pada tahun 2011.

5. Taman Air Mancur Menari, Surabaya

Air Mancur Menari di Surabaya via instagram
Air Mancur Menari di Surabaya via instagram/@mattuchid23s

Air Mancur Menari berada tak jauh dari wilayah Kenjeran. Apabila dulu citra pesisir Kenjeran dikenal kumuh, sekarang tidak lagi. Selain lebih bersih dan tertata, Air Mancur menari juga membuat tempat ini menjadi lebih indah. Pertunjukan air mancur ini dapat dinikmati setiap Sabtu malam pukul 20.00 WIB dan berlangsung selama 60 menit.

Menyegarkan kepala tak harus menempuh jarak yang jauh ke dalam alam. Tapi beberapa destinasi wisata urban juga dapat menjadi destinasi yang tepat, seperti empat tempat di atas. Mana air mancur yang pernah kamu kunjungi?

Tags
DKI Jakarta Indonesia Jawa Barat Jawa Timur Kalimantan Barat Sumatera Selatan Wisata
Share