Terbang ke Bandara Silangit, Ini Destinasi Wisata Air di Tapanuli Utara yang Segarnya Menggigit!

Bandar Udara Silangit, yang kini berganti nama menjadi Bandar Udara Internasional Sisimangaraja XII siap menyambut banyak wisatawan yang akan menjelajah wilayah-wilayah di Sumatera Utara. Termasuk para wisatawan yang ingin menjajal sejuknya wisata air di Tapanuli Utara. Yang salah satunya, terkenal sebab keunikan kandungannya. Penasaran gak sih, tempat yang nyaman untuk basah-basahan di wilayah ini? Simak kalau begitu!

1. Pemandian Air Hangat Sipoholon

Pemandian Air Hangat Sipoholon
Pemandian Air Hangat Sipoholon via Instagram/leeboeing

Pemandian air hangat Sipoholan bisa Teman Traveler kunjungi saat jalan-jalan ke Situmeang Habinsaran, Sipoholon, Tapanuli Utara. Di tempat pemandian ini, suhu air bisa mencapai 40 sampai 70 derajat celcius. Wisata air di Tapanuli Utara yang terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang ini punya kandungan belerang, sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Jarak dari Kota Tarutung, tidak jauh, hanya 7 menit!

2. Air Soda Parbubu

Merasakan Sensasi Soda di Air Soda Parbubu
Merasakan Sensasi Soda di Air Soda Parbubu via Instagram/dinalsinaga

Air Soda Parbubu, ditemukan oleh seorang wanita bernama Minar Sihite secara tidak sengaja pada beberapa puluh tahun lalu. Pemandian ini sendiri, mulai dibuka sejak 1973. Air Soda Parbubu, dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit, seperti gatal-gatal, pengapuran, rematik, asam urat, bahkan bisa juga menjadi obat mata. Tertarik untuk mencoba sensasi mandi di air soda? Segera ke sini kalau gitu!

3. Pantai Lumban Bul-Bul

Seksinya Pantai Lumban Bul-Bul di Pagi Hari
Seksinya Pantai Lumban Bul-Bul di Pagi Hari via Instagram/tika.d.ira

Wisata air di Tapanuli Utara ini terletak di sebuah kota kecil yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba, namanya Balige. Pantai Lumban Bul-bul merupakan favorit keluarga sebab tergolong dangkal. Pasir di Pantai Lumban tergolong masih putih bersih dan juga lembut. Akses menuju pantai ini tidak terlalu sulit. Selain itu, tersedia juga beberapa fasilitas yang khusus disediakan untuk para pengunjung, seperti taman bermain hingga restoran.

4. Air Terjun Sampuran

Air Terjun Sampuran Tapanuli Utara
Air Terjun Sampuran Tapanuli Utara via Instagram/lamnidalingga

Air terjun Sampuran, persisnya terletak di Desa Parsaoran Samosir, Kecamatan Pahae, Tapanuli Utara. Berjarak sekitar 60 menit dari Kota Tarutung, air terjun ini berada di hulu sungai yang ada di dalam hutan. Lingkungan di sekitar air terjun masih sangat asri. Tempat ini cocok untuk menenangkan diri, segar dari airnya juga menggigit!

5. Pulau Sibandang

Lanskap Pulau Sibandang yang Sedap Dipandang
Lanskap Pulau Sibandang yang Sedap Dipandang via Instagram/bobomtd

Wisata air di Tapanuli Utara yang dapat memberikan Teman Traveler kesegaran adalah Pulau Sibandang. Pulau ini dikelilingi oleh Danau Toba. Bisa dibayangkan bagaimana kesegaran dan pemandangannya?! Luar biasa! Di pulau ini terdapat tiga desa. Desa paling utara yang punya kawasan pantai berhadapan langsung dengan Tarabunga, Sigaol adalah Pulau Sibandang. Kesegaran air di pulau ini, bikin tak mau pulang!

Memanjakan diri sendiri, wajib hukumnya. Tidak peduli jauh dekat, sederhana atau mahal. Termasuk mengunjungi kawasan wisata air di Tapanuli Utara yang menyenangkan. Merasakan kesegaran air dari alam yang takada habisnya. Bagaimana, mana nih yang mau Teman Traveler lebih dulu?

Tags
Alam Indonesia Sumatera Utara tapanuli utara Wisata wisata air di tapanuli utara
Share