Weekend Getaway di Penang Modal 1 Jutaan, Begini Caranya

Main Dimana

Main Dimana

On Kontributor
Pertunjukan Kembang Api di Kek Lok Si Temple Pertunjukan Kembang Api di Kek Lok Si Temple

Setelah seminggu bekerja, weekend memang selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu. Banyak yang memanfaatkannya untuk sekedar beristirahat, atau bahkan liburan. Nah, jika Teman Traveler lagi pengen jalan-jalan ke luar negeri tapi budget dan waktu terbatas, weekend getaway di Penang bisa jadi pilihan.

Tak cuma indah, pulau di Malaysia ini tergolong ramah kantong. Cukup bermodal Rp1 juta-an, Teman Traveler bisa puas menjelajah pulau ini selama akhir pekan. Penasaran? Yuk, simak cara mengatur short escape murah meriah ke Penang berikut ini.

Transportasi 

Bukti pemesanan tiket Jakarta-Penang (c) Main Dimana/Travelingyuk

Rajin-rajinlah memantau tiket promo. Jika beruntung, Teman Traveler bisa mendapatkan tiket PP Jakarta – Penang dengan harga sekitar Rp600 ribu-an saja.

Perjalanan udara Jakarta – Penang memakan waktu sekitar dua setengah jam. Jangan lupa siapkan playlist lagu, buku favorit, atau sarana hiburan apapun yang bisa membantu Teman Traveler membunuh waktu selama perjalanan.

Akomodasi

Tarif sewa hotel di Penang cukup terjangkau, mulai dari Rp150 ribu-an untuk tipe kamar double bed. Jika Teman Traveler bepergian bareng sahabat, bisa split bill untuk menghemat pengeluaran. Percaya kan kalau weekend getaway di Penang bisa hemat?

Ada baiknya memilih hotel sesuai dengan tujuan liburan di Penang. Jika ingin menjelajah kawasan sekitar pusat kota, sebaiknya pilih penginapan di Georgetown. Jika ingin liburan dekat pantai, bisa coba menginap di wilayah Batu Ferringhi.

Ada beberapa pilihan transportasi yang tersedia. Jika tak sedang buru-buru, Teman Traveler bisa coba berkeliling menggunakan RapidPenang. Bus umum ini mirip TransJakarta, tapi siapkan uang pas karena sopir takkan memberi kembalian.

Tiket RapidPenang (c) Main Dimana/Travelingyuk

Tarif RapidPenang bergantung pada jarak. Perjalanan di bawah 14 km, cukup membayar RM 2 atau sekitar Rp7.000 saja. Murah banget, kan? Apalagi mayoritas tempat wisata sudah dilalui transportasi umum ini. Namun, jika Teman Traveler ingin menghemat waktu, bisa menggunakan Grab atau taksi. Tentu saja saja biayanya akan lebih mahal.

Wisata

Budget minim tak serta merta membatasi pilihan wisata saat weekend getaway di Penang. Di pulau ini ada banyak tempat wisata gratis yang mengasyikkan, kok. Pastinya juga indah dan bisa bikin feed Instagram Teman Traveler makin kece.

Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu kuil Budha terbesar se-Asia Tenggara. Untuk mencapa kuil ini, Teman Traveler bisa naik RapidPenang dari KOMTAR Bus Terminal no. 204, dengan tujuan Pasar Air Itam. Perjalanannya akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah sampai di Pasar Air Itam, Teman Traveler masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit, sebelum sampai di pintu masuk.

Sebelum mengunjungi Kek Lok Si Temple, sebaiknya pastikan tubuh berada dalam kondisi fit dan stamina cukup prima. Pasalnya untuk sampai puncak, Teman Traveler harus menapaki lumayan banyak anak tangga.  

Pertunjukan kembang api (c) Main Dimana/Travelingyuk

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kek Lok Si adalah saat perayaan Imlek. Kuil akan dibuka malam hari dan tampak meriah dengan hiasan lampu warna-warni di tiap sudutnya.   

Selama hari-hari biasa, Kek Lok Si Temple buka antara jam 07.00 – 17.30. Sedangkan saat Imlek, kuil ini bisa dikunjungi antara pukul 19.30 – 00.00. Tak ada tiket masuk sama sekali, hanya saja Teman Traveler wajib membayar RM 3 atau sekitar Rp10.000 jika ingin masuk area Patung Dewi Kwan Im.

Hin Bus Depot

Mural di Hin Bus Depot (c) Main Dimana/Travelingyuk

Bisa dibilang, inilah tempat orang-orang artsy Penang berkumpul. Jangan heran jika Teman Traveler disambut beragam mural dan instalasi seni saat berkunjung ke tempat ini.

Tak hanya menjelajah spot-spot Instagenic, Teman Traveler juga bisa mencoba kelas yoga, membuat keramik, atau bahkan mini skatepark di sekitar Hin Bus Depot.   

Mural cantik (c) Main Dimana/Travelingyuk

Teman Traveler sebaiknya berkunjung di hari Minggu. Pada hari tersebut, tempat ini akan ramai dengan adanya event Sunday Pop Up Market. Kalian bisa membeli barang-barang unik dari usaha lokal warga Penang, mulai dari aksesori, handmade soap, hingga tanaman hias. Tak perlu takut kelaparan, karena event ini juga kerap diramaikan food bazaar.     

Clan Jetties

Dermaga Clan Jetties (c) Main Dimana/Travelingyuk

Clan Jetties merupakan pemukiman tradisional Tionghoa yang sudah ada sejak abad ke-19. Keunikan tempat ini terletak pada struktur pemukimannya yang dibangun di atas air, ditopang kayu-kayu kokoh.

Suasana matahari terbenam di Clan Jetties (c) Main dimana/Travelingyuk

Sebaiknya Teman Traveler mengunjungi tempat ini menjelang sore hari. Pasalnya, keindahan matahari terbenam di tepian dermaga Clan Jetties benar-benar sayang untuk dilewatkan.

Penang Street Art

Mural di Penang Street Art (c) Main dimana/Travelingyuk

Sudah bukan rahasia bahwa Penang terkenal akan muralnya. Tersebar d seluruh penjuru kota, dalam berbagai macam gaya dan desain. Namun jika ingin datang ke ‘pusat’ mural, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Penang Street Art.

Kuil di sekitar Penang Art Street (c) Main Dimana/Travelingyuk

Kawasan ini kerap dipadati oleh turis-turis mancanegara. Rasakan asyiknya sensasi jalan-jalan sore bersama wisatawan dari negara lain. Bakal jadi pengalaman yang sangat mengasyikkan lho!  

Nah, jika dikalkulasi mulai dari tiket pesawat hingga biaya wisata, hotel, dan makan untuk weekend getaway di Penang, berikut adalah budget yang harus Teman Traveler siapkan:

  • Tiket pesawat PP : Rp600.000
  • Hotel : Rp200.000
  • Transportasi (2 hari) : Rp200.000
  • Makan (2 hari) : Rp200.000
  • TOTAL: Rp1.200.000

Terbukti kan, weekend getaway di Penang sangat terjangkau dan layak dicoba? Yuk Teman Traveler, mulai menabung sejak sekarang.