Unik, Waterpark Terbengkalai di Tengah Danau Ini Malah Jadi Destinasi Backpacker

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Waterpark Terbengkalai

Destinasi tidak hanya terbatas pada wisata alam indah, maupun atraksi instagenic. Beberapa pelancong yang gemar mencoba hal-hal dan mengunjungi tempat tidak biasa, misalnya bangunan yang telah terabaikan. Termasuk wisatawan yang liburan di Vietnam, mereka sempatkan mampir ke waterpark terbengkalai di tengah danau. Seperti apa rupanya sampai menarik minat para turis?

Dibuka untuk Umum Tahun 2004

Sempat Dibuka Tahun 2004 via Shutterstock
Sempat Dibuka Tahun 2004 via Shutterstock

Sebelum terbengkalai, bangunan ini adalah waterpark bernama Ho Thuy Tien yang berlokasi di tengah sebuah danau. Pembangunan taman bermain ini memakan biaya kurang lebih Rp41 miliar. Walaupun masih setengah jadi, Ho Thuy Tien dibuka untuk umum pada tahun 2004. Pengunjung datang untuk menyaksikan kemegahan waterpark 3 tingkat berbentuk naga.

Menyaksikan Hamparan Hutan di Dalam Mulut Naga via Instagram @mpodbury
Menyaksikan Hamparan Hutan di Dalam Mulut Naga via Instagram @mpodbury

Menyaksikan ikan-ikan di ‘perut’ naga, naik ke bagian mulut demi melihat panorama hutan di sekitarnya, maupun makan di restoran yang berada di pinggi kolam renang kaca. Namun sayangnya, taman bermain ini tiba-tiba ditutup beberapa tahun setelah debut. Walaupun beredar rumor akan dibuka kembali, namun sampai kini bangunan ini tetap terbengkalai.

Berada di Tengah Danau Thuy Tien

Berada di Tengah Danau via Instagram @ale_tars
Berada di Tengah Danau via Instagram @ale_tars

Waterpark terbengkalai ini berada di tengah Danau Thuy Tien, Kota Hue. Pengunjung harus berjalan kaki dari ujung danau menuju Ho Thuy Tien melewati jembatan yang juga terlihat terabaikan.

Beredar kabar bahwa buaya yang dulu dipelihara di akuarium waterpark ini dilepaskan ke danau. Namun berita tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk mampir ke bekas taman bermain ini.

Menjadi Tujuan ‘Wajib’ Backpacker

Bagian Dalam Ho Thuy Tien via Shutterstock
Bagian Dalam Ho Thuy Tien via Shutterstock

Kepopuleran Ho Thuy Tien tersebar dari mulut ke mulut, kemudian kini gambarnya banyak ditemukan di media sosial. Waterpark terbengkalai ini seolah menjadi destinasi wajib bagi pelancong, terutama backpacker. Mereka menyusuri bangunan yang telah retak, dipenuhi grafiti, tumbuhan liar, bahkan airnya penuh lumut.

Menuju Ho Thuy Tien

Ho Thuy Tien, Waterpark Terbengkalai via Instagram @blancog14
Ho Thuy Tien, Waterpark Terbengkalai via Instagram @blancog14

Bekas waterpark ini berlokasi sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Hue, Provinsi Thua Thien-Hue, Vietnam bagian timur. Tidak diketahui ada transportasi umum menuju Ho Thuy Tien, jadi coba menyewa motor atau dipandu agen perjalanan. Pengunjung akan melewati jalanan bertanah dan perkebunan sebelum mencapai gerbang. Sebenarnya tidak ada tiket masuk, namun warga setempat biasanya akan meminta sejumlah biaya.

Setelah membaca ulasan di atas, Teman Traveler berminat singgah ke Ho Thuy Tien ketika liburan di Vietnam? Bagaimana menurut Teman Traveler? Bangunan ini seram tidak?