Warung Serba Pepes di Jogja, Tawarkan Menu dengan Metode Masak Tertua

Mengolah makanan dengan cara dipepes, ternyata sudah ada sejak lama, bahkan yang tertua. Menurut Chef Haryo Pramoe dilansir dari Kompas, pepes merupakan metode masak tertua di Asia, Amerika Latin dan negara-negara yang secara geografis dilintasi oleh garis khatulistiwa. Di Indonesia sendiri, pepes juga menjadi salah satu hidangan legendaris yang tidak lekang oleh zaman.  Ada warung serba pepes di Jogja yang tidak boleh dilewatkan kala jalan-jalan. Penasaran? Ini dia uraiannya!

1. Warung Priangan

Warung Lesehan Priangan
Warung Lesehan Priangan via Instagram/warung_lesehan_priangan_jogja

Menu dengan metode pengolahan tertua, tersaji dan menjadi andalan di warung Lesehan Priangan Jogja. Lokasinya tidak jauh dari terminal Condong Catur, Teman Traveler. Warung tenda kaki lima ini menyajikan beragam pepes dan gorengan. Menu pepes andalannya antara lain Pepes Ayam, Ati Ampela, Tuna dan Pepes Jamur. Citarasa pedas dan gurih pada Pepes Jamur buatan kedai ini, cocok di lidah penyuka cabai. Cukup dengan nasi hangat tanpa tambahan lauk apa pun, rasanya lebih dari bahagia. Yang lebih membahagiakan, harganya murah meriah.

2. RM Ikan Pepes Mbah Im

Siapa Tergiur dengan Pepes Mbah Im
Siapa Tergiur dengan Pepes Mbah Im via Instagram/maudy_grace

Warung serba pepes di Jogja yang ikut melestarikan metode masak tertua ini ada di sekitar Jln Palagan, Jogjakarta. Namanya, Pepes Mbah Im. Di warung ini, kurang lebih sejumlah 20 jenis pepes dijajakan. Teman Traveler bisa mencoba pepes cumi yang khas karena paduan tekstur kenyal dan bumbu bercitarasa pedas yang lezat. Selain itu, coba pepes pindang, gurami, tongkol, mas, bandeng, kakap, bawal laut, nila, tenggiri, tahu atau jamur. Harga pepes ikan perbungkusnya di kedai ini mulai dari Rp 18 ribu.

3. Pepes Putri Sunda

Jajaran Pepes yang Dijual di Pepes Putri Sunda via Instagram/
Jajaran Pepes yang Dijual di Pepes Putri Sunda via Instagram/pepes_putri_sunda

Warung serba pepes di Jogja selanjutnya, punya nama khas-khas daerah Sunda. Yaitu Pepes Putri Sunda. Lokasi kedai ini ada di Jln Senturan Raya. Ia buka mulai dari 9 pagi hingga 4 dini hari. Ragam pepes yang disediakan tidak kalah komplit. Teman Traveler bisa memilih mau menyantap pepes ikan tuna, ikan kembung, ikan patin, ayam, tahu atau jamur. Jangan lupa untuk tambahkan sambal petai, teri dan aneka lalapan yang segar. Kedai ini terhitung baru, meski begitu, pepes yang terjual bisa lebih dari 100 bungkus per hari. Penasaran?

4. Pondok Pepes Nusantara

Pepes Jamur di Pondok Pepes Nusantara via Instagram/
Pepes Jamur di Pondok Pepes Nusantara via Instagram/swastikamahardika

Berlokasi di Jl Krasak Timur, warung serba pepes di Jogja ini beroperasi setiap harinya. Namanya adalah Pondok Pepes Nusantara. Kedai ini tidak kalah lengkap menyajikan aneka pepes untuk para pengunjungnya. Mulai dari pepes ceker ayam, telur asin, pepes ikan salem, ikan tongkol, ikan marlin, jamur dan ayam. Citarasa pedas dan wangi daun kemangi cukup dominan pada pepes-pepesnya. Sehingga, ampuh sudah menaikkan napsu makan.

Pepes sebagai pengolahan makanan tertua, nyatanya tidak kehilangan penggemar sampai saat ini. Warung serba pepes di Jogja masih terus dicari dan tidak kalah saing dengan kuliner kekinian di kota ini. Tidak jauh dengan gudeg yang lestari hingga sekarang. Tertarik untuk mencicipinya sendiri?

Tags
diy jogjakarta Indonesia kuliner kuliner Jogja warung serba pepes di jogjakarta
Share