4 Warung Nasi Gandul yang Tak Hanya Ada di Pati, Sudah Coba?

Advertisement

Pati tidak hanya terkenal sebagai salah satu kota yang dilewati jalur Pantai Utara (Pantura). Kabupaten di Jawa Tengah ini juga terkenal dengan kuliner lezatnya yang bernama nasi gandul. Menariknya, kamu tak harus ke Pati untuk mendapatkan makanan berkuah santan ini. Pasalnya, kamu dapat menemukan warung nasi gandul di kota-kota lainnya. Seperti berikut ini.

1. Nasi Gandul Bu Endang

Nasi Gandul Bu Endang, Jakarta
Nasi Gandul Bu Endang, Jakarta via instagram/@herlin.lay

Pecinta kuliner Jakarta Barat pasti tak asing lagi dengan warung satu ini. Nasi Gandul Bu Endang di Jalan Pesanggrahan sering menjadi jujukan untuk mengisi perut. Seperti di Pati, makanan ini disajikan di atas piring berasal daun pisang. Seporsinya terdiri dari nasi hangat, daging, serta siraman kuah santan berwarna cokelat. Tak lupa tambahan lauk sesuai dengan selera. Tak hanya itu, kamu bisa menikmati kuliner Jawa Tengahan lainnya di sini. Ada garang asem, gudeg, tahu gimbal, hingga Babat Gongso.

Nasi Gandul Bu Endang
Nasi Gandul Bu Endang via instagram/@gabyfiona

2. Nasi Gandul Pak Memed

Porsi Nasi Gandul yang bikin ngiler
Porsi Nasi Gandul yang bikin ngiler via instagram/@rio.nald

Semarang juga memiliki beberapa warung yang menyediakan nasi gandul. Salah satunya Pak Memed di Jalan Dr. Cipto No.12. Warung tenda ini buka dari sore hari hingga tengah malam, sekitar jam 11 malam. Menu yang ditawarkan juga tak jauh beda dengan Nasi Gandul Bu Endang. Menariknya, pilihan lauk pauknya banyak. Tidak hanya telur, tapi juga aneka jeroan yang mengoyang lidah. Namun, jangan kaget, tempat ini selalu ramai pengunjung. Jika tak ingin kehabisan, datang saat sore hari sekitar jam 5.

Kuliner berkuah di Semarang
Kuliner berkuah di Semarang via instagram/@teddy_dsd

3. Nasi Gandul Pak Bo

Nasi Gandol Pak Bo di Jogja
Nasi Gandul Pak Bo di Jogja via instagram/@dad_dish

Nasi gandul juga hadir di Jogja, tepatnya di warung nasi gandul Pak Bo. Letak tempat makan ini berada di Jalan Kaliurang km. 8, Ngaglik. Tidak hanya soal potongan daging yang empuk yang berbumbu spesial, kuah santannya juga bikin lidah tak berhenti bergoyang. Buka dari jam 1 siang, kamu bisa menjadi tempat ini sebagai rekomendasi makan siang atau makan malam. Tak hanya enak, harganya juga terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, harganya mulai Rp4.000-Rp13.000. Tergantung lauk yang dipilih.

Nasi Gandol Pak Bo
Nasi Gandul Pak Bo via instagram/@hellorestoku

4. Nasi Gandul Pak Subur

Nasi Gandul Pak Subur
Nasi Gandul Pak Subur via instagram/@albertasali

Selain Pak Memed, ada beberapa penjual nasi gandul di Semarang. Salah satunya Pak Subur yang berlokasi di Jalan Kh. Ahmad Dahlan, Karangkidul, Semarang Tengah, tak jauh dari Simpang Lima. Warung ini juga buka malam hari mulai dari jam 6 hingga 11 malam. Lauk yang ditawarkan tak jauh beda, yaitu telur, pindang, daging, serta jeroan. Nah, bisa jadi rekomendasi berikutnya untuk jelajah kuliner Semarang, bukan?

Nasi Gandul Pak Subur, Semarang
Nasi Gandul Pak Subur, Semarang via instagram/@kevinagustinus_

Nah, itulah empat warung nasi gandul yang tak hanya di Pati. Jadi, sudah ngiler dan ingin mencoba makanan lezat di atas kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta Jogja Malang Pati semarang Sidoarjo
Share