Warung Kopi Merapi, Nongkrong Santai di Lereng Gunung

Annissa NCSaputri

Annissa NCSaputri

On Indonesia
Warung Kopi Merapi Warung Kopi Merapi

Bagi penggemar kopi, ada satu warung yang pantang dilewatkan jika sedang berlibur di Jogja. Di daerah Cangkringan, Teman Traveler bisa menemukan kedai unik bernama Warung Kopi Merapi.

Menyediakan beragam pilihan kopi, Warung Kopi Merapi hadirkan suasana syhadu khas lereng gunung. Bisa jadi salah satu tempat alternatif untuk bersantai asyik bersama sahabat maupun sosok terkasih. Penasaran? Mari simak ulasannya berikut ini.

Warung Kopi di Lereng Merapi

Warung kopi sederhana (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung Kopi Merapi sangat mudah ditemukan, mengingat tak banyak bangunan lain di sekitar lokasi. Teman Traveler akan mendapati sebuah kedai sederhana dengan bangunan didominasi batu dan kayu. Tak banyak ornamen rumit, hanya ada beberapa tiang kayu sebagai penyangga.

Meja kursi di sini juga terlihat unik karena menggunakan batu. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan alam, jauh dari kesan modern atau high class.  

Menikmati secangkir kopi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Warung Kopi Merapi berlokasi di Kepuharjo, Petung, Cangkringan, Sleman. Jika Teman Traveler berangkat dari pusat Jogja, bisa mengambil rute Jalan AM. Sangaji – Jalan Kaliurang – Jalan Raya Merapi Golf – Jalan Bebeng.

Perjalanan menuju sini memang memakan waktu cukup lama, sekitar satu jam. Meski demikian, kedai sederhana ini sekarang jadi salah satu tempat andalan untuk ngopi di daerah Cangkringan. Mereka buka antara pukul 08.00 hingga 01.00.

Pemandangan Alami di Sekitar Warung

Pemandangan asri di sekitar lereng gunung (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Suasana di sekitar warung ini masih sangat alami. Ada banyak pepohonan hijau di sekitarnya. Di depan warung terdapat tanah lapang luas yang digunakan sebagai tempat parkir. Namun jangan heran jika saat datang nanti Teman Traveler mendapati lahan tersebut disesaki motor dan jeep. Kedai ini memang kerap dipadati pelanggan, terutama saat weekend. .  

Menikmati kopi dan alam (c) Anniissa Saputri/Travelingyuk

Masuk ke dalam warung, nuansa sederhana akan terpancar dari bangunan bermaterial batu dan kayu. Ada spot duduk di dalam dan di luar ruangan. Keduanya sama-sama memberikan rasa nyaman.

Area outdoor menawarkan pemandangan apik memanjakan mata. Di sisi utara Teman Traveler bisa melihat jalanan ramai dipadati jeep wisata. Jika beruntung dan cuaca sedang cerah, kalian juga bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dari sini.

Kopi Jadi Andalan

Kopi jadi andalan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tentu saja kopi menjadi menu andalan di sana. Variannya tidak terlalu banyak, namun Teman Traveler masih bisa memilih antara robusta, arabika, dan blend robusta-arabika khas Merapi.

Bagi yang tak suka kopi pahit, bisa memesan kopi susu. Keduanya sama-sama menawarkan rasa nikmat. Apalagi jika diseruput sembari menikmati pemandangan hijau di sekitar kedai. Harganya juga sangat terjangkau, berkisar antara Rp8.000 hingga Rp11.000.

Wedang dan Kudapan Tradisional Pendamping Kopi

Wedang Gedang (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain kopi dan kopi susu, Warung Kopi Merapi juga menawarkan pilihan minuman lain yang tak kalah menyegarkan. Teman Traveler bisa mencicipi wedang tradisional seperti Jahe Merapi, Wedang Gedang, dan Wedang Secang.

Tak hanya memberikan kesegaran di setiap gelasnya, wedang ini juga mampu memanjakan lidah. Salah satu yang menarik adalah Wedang Gedang, perpaduan gula aren dengan potongan pisang. Harganya juga sangat ramah di kantong, hanya Rp7.000 saja.   

Teman pendamping minum kopi (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak lengkap rasanya menikmati kopi dan wedang tanpa kudapan pendamping. Warung ini juga menyediakan beberapa menu untuk mengganjal perut. Ada banyak pilihan makanan sederhana namun ramah kantong, seperti mendoan, singkong bumbu, pisang goreng, tahu Merapi, kacang rebus, dan mie instan.

Teman Traveler tak perlu khawatir. Makan di sini takkan membuat dompet tipis karena kalian cukup keluarkan uang antara Rp6.000 hingga Rp10.000 per porsinya.

Alternatif Wisata Terdekat

Stonehenge di Cangkringan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Usai nongkrong di Warung Kopi Merapi, Teman Traveler bisa menjelajah wisata menarik di sekitarnya. Hanya berjarak 350 meter, kalian bisa merasakan serunya foto-foto di Stonehenge Merapi – mirip sekali dengan bangunan aslinya di Inggris. Letaknya ada di Jalan Petung Merapi dan hanya butuh perjalanan antara satu sampai dua menit.

Berikutnya, Teman Traveler bisa mampir ke The Lost World Castle atau Museum Mini Sisa Hartaku. Lokasinya sangat berdekatan dengan Stonehenge. Jadi selagi berada di daerah Cangkringan, tak ada salahnya mengunjungi sederet destinasi tersebut usai bersantai menyeruput kopi di Warung Kopi Merapi.  

Ajak ngopi teman kalian yuk? (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tertarik mencoba ngopi sekaligus menikmati panorama alam di Warung Kopi Merapi? Tentunya bakal jadi pengalaman menyenangkan. Apalagi jika ditemani sahabat atau sosok terkasih. Jadi, jangan lupa agendakan berkunjung ke wisata Jogja ini, ya!