Warung Ijo Bu Lemu, Mencicipi Sop Bayam yang Sudah Eksis Sejak 1945

Sudah bukan hal yang asing lagi, kalau Jogja menjadi gudangnya kuliner legendaris di Indonesia. Seperti Warung Ijo Bu Lemu yang sudah eksis dari tahun 1945. Menu andalannya berupa Sop Bayam yang rasanya tak pernah berubah sejak dulu. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang warung ini, bisa simak ulasan berikut.

Salah Satu Kuliner Legendaris di Jogja

warung ijo bu lemu
Warung tampak depan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Warung Ijo Bu Lemu sudah menebar rasa sejak tahun 1945. Sudah bertahan selama 70 tahun lebih, warung ini tak luput dari sosok pendiri warung ini, yakni Atmo Diwiryo. Namun, kini warungnya diteruskan oleh Ibu Sri Muryati sejak tahun 2000 yang berusaha untuk selalu menghadirkan resep racikan pakdhe dan budhe-nya tersebut.

Pemberian nama ‘Bu Lemu’ pada warung ini berasal dari sebutaan para pelanggan. Ini dikarenakan, baik sosok Atmo Diwiryo maupun Sri Muryati memiliki postur tubuh yang gemuk atau dalam bahasa Jawa yaitu lemu.

Warungnya Sederhana

warung ijo bu lemu
Suasana dalam warung (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Berlokasi di Jl. Kampung Jogoyudan No.467, Gowongan, Jetis, Kota Jogja, warung ini jauh dari kesan mewah. Meskipun begitu, suasananya sangat nyaman, ditambah lagi dengan sambutan pemiliknya yang ramah. Dijamin membuat para pelanggan betah berada di sana.

Warung Ijo Bu Lemu
Aneka camilan tersedia di meja (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Warung ini tidak besar tapi cukup untuk menampung sekitar 20 orang. Ada empat meja panjang dengan sajian gorengan di atasnya dan beberapa kaleng kerupuk.

Sop Bayam Menjadi Menu Andalan

warung ijo bu lemu
Sop Bayam (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Di warung ini terdapat menu andalan bernama Sop Bayam. Tak hanya berupa bayam, tapi masih ada beberapa bahan lainnya yang dicampurkan. Ada daging sapi, wortel, tauge, daun seledri dan taburan bawang goreng. Tak ketinggalan juga disajikan lengkap dengan nasi putih. Untuk bisa menikmati Sop Bayam ini cukup membayar dengan harga Rp13.000an. Harga tersebut sudah termasuk nasi lho Teman Traveler.

Tersedia Menu Lain yang Tak Kalah Nikmat

Warung Ijo Bu Lemu
Gorengan dan sambal kecap (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain Sop Bayam, ada gorengan yang tak boleh Teman Traveler lewatkan. Ada tempe garit, mendoan dan bakwan. Sebagai pendampingnya , disediakan cabai atau bisa juga dinikmati dengan sambal kecap.

Aneka pilihan menu di rak (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Untuk makanan beratnya, terdapat gule jeroan kambing, pecel. dan nasi ramesan. Kemudian ada juga sayur lodeh, sayur asem, oseng-oseng, bakmi, telur asin dan masih banyak lagi. Walaupun menunya sederhana, tapi rasanya tidak diragukan lahi.

Itulah info tentang Warung Ijo Bu Lemu yang merupakan kuliner legendaris di Jogja. Untuk kalian yang ingin ke sini, bisa meluncur pada hari Senin hingga Sabtu di jam 07.00 – 17.00. Jangan lupa ajak kerabatmu untuk mencicipi segarnya Sop Bayam yang rasanya konsisten sejak dulu.

Tags
Indonesia Jogja kontributor kuliner kuliner Jogja Travelingyuk Warung Ijo Bu Lemu
Share