Nikmati Sajian Lezat Warung Bumi Langit Jogja Pilihan Obama, Kamu Wajib Coba Juga!

Berwisata ke selatan Jogja kurang lengkap rasanya jika belum mampir ke Warung Bumi Langit. Menyediakan menu kampung sederhana nan sehat, warung ini pernah jadi sorotan lantaran dikunjungi Barack Obama. Mantan presiden Amerika Serikat itu mampir di sela-sela kegiatannya di Indonesia.

Restoran berbentuk joglo (c) Layangseta/Travelingyuk

Namun selain pernah disambangi sosok terkenal dunia, apa sih sebenarnya keiistimewa Warung Bumi Langit? Daripada penasaran, yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tempat Menarik

Jalan masuk resto (c) Layangseta/Travelingyuk

Bumi Langit berlokasi di Jalan Imogiri, Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Jogja. Untuk menuju sini Teman Traveler akan melewati jalan meliuk dan naik-turun. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Tak perlu khawatir tersesat karena di pinggir jalan utama kalian akan menemukan sebuah papan kayu bertuliskan Warung Bumi. Lantaran lokasinya berada di pinggir kota, di sini Teman Traveler akan mendapat suguhan pemandangan khas pedesaan plus hembusan angin sejuk.

Pemandangan dari dalam resto (c) Layangseta/Travelingyuk

Selain pemandangan indah, bangunan tempat makan Jogja ini juga tak kalah elok. Dirancang dengan mengusung prinsip kembali ke alam. Arsitektur serta furniturnya memancarkan nuansa Jawa kental. Pengunjung dijamin merasa nyaman dan betah berada di sini.

Teman Traveler juga bisa berkeliling sekitar resto untuk melihat deretan bangunan lain, seperti mushola, penginapan, kandang, kolam ikan, serta kawasan perkebunan luas. Warung Bumi Langit sendiri buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Kefir dan Kombucha yang Menyehatkan

Minuman Kefir (c) Layangseta/Travelingyuk

Begitu sampai, hal pertama yang sebaiknya Teman Traveler lakukan adalah memesan minuman andalan Bumi Langit, yaitu Kefir dan Kombucha. Kefir adalah minuman probiotik hasil fermentasi susu. Minuman ini berasal dari daerah Kaukasus dan konon merupakan warisan Nabi Muhammad.

Teksturnya mirip yoghurt namun dengan rasa berbeda. Di sini Teman Traveler bisa memesan varian khusus dengan tambahan madu atau selai buah alami. Wajib dicoba jika berkunjung ke Bumi Langit.

Menu minuman Kombucha (c) Layangseta/Travelingyuk

Kombucha sendiri merupakan teh yang difermentasikan. Dua minuman tersebut jadi primadona pengunjung Resto Bumi Langit. Selain menyegarkan, keduanya memiliki khasiat bagus untuk kesehatan. Utamanya untuk memperbaiki kondisi tubuh.  

Mie Lethek nan Menggoda

Mie Lethek kuah (c) Layangseta/Travelingyuk

Setelah kerongkongan basah dan lelah berkurang, saatnya memberi jatah pada perut. Terdapat banyak menu enak dan menggoda yang bisa Teman Traveler pesan. Namun yang paling membuat saya penasaran adalah Mie Lethek.

Mie Lethek sendiri merupakan mie yang terbuat dari tepung tapioka dan singkong. Tak heran jika tampilannya tidak sebersih dengan mie gandum. Inilah yang membuat orang-orang menamakannya Lethek atau kotor dalam Bahasa Jawa.

Kerennya, mie lethek tidak menggunakan bahan pengawet. Makanan ini juga sekaligus merupakan sajian khas Bantul. Bisa dibilang secara tak langsung Bumi Langit Jogja mengangkat dan melestarikan kekayaan kuliner lokal.  

Bahan Makanan Organik

Sajian menu lain di Bumi Langit (c) Layangseta/Travelingyuk

Bumi Langit menganut konsep organik dan halal. Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan bahan makanan dan bumbu, yang sebagian besar diambil dari kebun sendiri. Sangat terjamin kualitas dan mutunya.

Tak heran jika menu yang ditawarkan di Bumi Langit lantas bervariasi. Berubah-ubah sesuai musim panen. Namun hal tersebut justru membuatnya jadi menarik, sekaligus membikin pelanggan penasaran.

Roti dan selai via Instagram.com/bumilangit.official

Itulah sekilas ulasan mengenai Warung Bumi Langit, restoran yang menjunjung filosofi tinggi tentang peran manusia, alam dan Sang Pencipta. Bagi mereka makanan tak hanya untuk meredakan lapar, namun sekaligus menjadi obat. Jika makanan berasal dari hal baik, efeknya akan baik pula untuk manusia itu sendiri.

Sebenarnya masih banyak hal menarik lainnya dari Bumi Langit. Seperti konsep permakultur dan kelas-kelas pelatihan untuk pengunjung. Intinya, warung ini lebih dari apa yang terlihat. Jangan lupa untuk sempatkan berkunjung ketika Teman Traveler sedang berada di Jogja.

Tags
Jogja kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share