Viral Warteg Selamat dari Kebakaran, Disebut Sering Sedekah tapi Ini Penjelasannya

Advertisement

Sebuah kebakaran hebat terjadi Minggu (21/8/2022) di wilayah Jakarta Selatan. Insiden ini terjadi begitu hebat, sehingga beberapa bangunan hancur dan hampir rata dengan tanah. Namun, ada sebuah bangunan yang tampak utuh seperti tak tersentuh api. Padahal, bangunan di samping-samping terlihat roboh.

Ternyata bangunan tersebut adalah sebuah warung. Dari yang terlihat, ini adalah Warung Brebes Pesona Dua Putri. Kok bisa ya warung itu utuh dan selamat dari kebakaran?

Versi Netizen yang Viral

Sebuah video viral di Instagram memperlihatkan kondisi kebakaran yang terjadi di Jalan Simprug Golf II, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dalam video itu, seorang pria merekam keadaan terkini kebakaran sembari berkeliling. Terlihat bangunan yang terbakar habis dan warung yang utuh.

Foto via Pikiran Rakyat

Ia kemudian mengatakan bahwa ini berkah karena warung tersebut sering bagi-bagi di hari Jumat. Perkataan pria ini kemudian disambut pujian oleh netizen. Banyak yang menyebut bahwa warung ini mendapatkan penjagaan dari Tuhan karena kerap berbagi dengan sesama.

Penjelasan Logis dari Warga Sekitar

Di tengah kekaguman netizen karena warung yang tidak ikut terbakar ini, muncul sebuah penjelasan yang logis atau masuk akal. Seorang warga, dikutip dari iNews.id, menyebutkan bahwa bangunan warung ini terbuat dari herbel sedangkan bangunan di sekitarnya sifatnya semi permanen.

Foto via SINDONews

Dikutip dari Rumah.com, rumah semi permanen adalah rumah yang dindingnya setengah bambu, tembok, dan bata tanpa plester, atau kayu yang berkualitas rendah. Lantai rumah umumnya dari ubin, semen, kayu yang juga berkualitas rendah, sedangkan atapnya terbuat dari seng, genteng, sirap atau asbes. Dari definisi ini, sangat mungkin jika bangunan tipe ini mudah rubuh dan terbakar.

Kisah Rajin Sedekah Pemilik Warung

Kisah tentang pemilik warung Brebes Pesona Dua Putri yang sering berbagi ini, ternyata bukan bualan semata. Zaini, penjaga warung yang ada ketika insiden kebakaran terjadi, membenarkan hal tersebut. Dikutip dari Fajar.co.id, Zaini menyebutkan bahwa Sri, pemilik warung memang tidak pernah meninggalkan ibadah serta bersedekah setiap hari Jumat.

Foto via Detik

Setelah insiden, Sri kembali ke Jakarta untuk melihat warungnya. Ia juga menyebut bahwa warga boleh beristirahat di warungnya sembari mencari kontrakan baru. Ia merasa iba karena sebagian besar yang terdampak masih memiliki anak-anak yang perlu sekolah.

Terlepas adanya penjelasan bahwa material bangunan yang mungkin menyelamatkan warung dari kebakaran, namun kita juga tidak bisa menutup mata soal kebaikan yang dilakukan oleh pemilik warung.

Advertisement
Tags
pemilik warteg rajin sedekah warteg selamat dari kebakaran Warung Brebes Pesona Dua Putri
Share