Waroeng Banjar Bahari di Balikpapan, Menu Unggulan Pisang Gapit dengan Cita Rasa Legit

Advertisement

Jalan-jalan ke Kalimantan Timur, banyak kuliner enak yang bisa dicoba. Salah satunya adalah pisang yang dipadukan dengan gula merah dengan cita rasa yang legit, namanya adalah pisang gapit. Sajian ini mirip dengan pisang epe khas Makassar, namun sausnya berbeda. Keberadaan pisang gapit ini sudah mulai langka, ada beberapa lokasi yang bisa dituju. Salah satunya yang berada di Waroeng Banjar Bahari.

Kuliner Legendaris Rekomended Dicoba

Pisang gapit citarasa menggigit, via Instagram/eatandcapture
Pisang gapit citarasa menggigit, via Instagram/eatandcapture

Nama pisang gapit, dalam bahasa Kutai atau Banjar, gapit berarti dijepit. Tidak hanya dijepit, pisang yang sudah setengah matang ini juga dibakar sehingga mengeluarkan aroma yang harum dan membuat nafsu makan meningkat. Kuliner satu ini populer di daerah Balikpapan dan Samarinda.

Menu unggulan, via Instagram/dapurbalikpapan
Menu unggulan, via Instagram/dapurbalikpapan

Salah satu yang masih setia menyuguhkan kuliner ini adalah Waroeng Banjar Bahari. Merupakan tempat makan di Balikpapan yang sudah ada sejak sejak 40 tahun yang lalu. Dengan pengalaman yang begitu melegenda, tak salah jika hingga kini banyak traveler yang memburu kuliner satu ini saat jelajah Balikpapan.

Pernah Dicoba Pakar Kuliner Bondang Winarno

Kuliner pilihan yang bikin ketagihan, via Instagram/renoke
Kuliner pilihan yang bikin ketagihan, via Instagram/renoke

Tidak salah jika nama Waroeng Banjar Bahari begitu kondang. Almarhum pakar kuliner Bondan Winarno juga pernah bertandang. Bahkan, alm. Bondan Winarno memberikan saran untuk mempertahankan cita rasa dari pisang gapit. Pasalnya, resep pisang gapit sudah enak dengan beragam komposisi yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan penambahan nangka di sausnya.

Rahasia Kenikmatan Pisang Gapit di Waroeng Banjar Bahari

Buat pecinta manis, via Instagram/dapurbalikpapan
Buat pecinta manis, via Instagram/dapurbalikpapan

Aromanya membuat nafsu makan jadi menggila. Di Waroeng Banjar Bahari, kamu bahkan bisa melihat proses pembuatan pisang gapit. Cara pengolahannya cukup rumit, namun itulah yang membuatnya makin enak.

Salah satu rahasianya juga terletak pada kuah kecokelatan beraroma nangka yang memang terbuat dari gula merah, santan dan juga potongan nangka. Selain pisang gapit, ada banyak menu lainnya yang bisa dicoba. Misalnya saja ada Soto Banjar, Sop Singkong Ceker, Mageli, dan lain sebagainya.

Alamat Waroeng Banjar Bahari

Pilihan menu lainnya, via Instagram/dapurbalikpapan
Pilihan menu lainnya, via Instagram/dapurbalikpapan

Tempat makan di Balikpapan ini berlokasi di dekat perempatan antara Jl. Letjen Suprapto dan Jl. Mekar Sari Balikpapan. Tepat berada di sebelah Supermarket Giant Kebun Sayur. Bukanya mulai dari jam 09:00 hingga 17:30. Harga satu porsi pisang gapit yang nikmat ini dibanderol Rp12.000 saja, per Januari 2019.

Pisang gapit merupakan salah satu pilihan kuliner yang bisa dicoba jika sedang pelesir ke Balikpapan. Lokasi yang populer dengan menu-menu enak. Jangan lupa coba ya Teman Traveler, rugi kalo nggak icip-icip!

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner balikpapan Pisang gapit Balikpapan Waroeng Banjar Bahari
Share