Warma Pi’an yang Begitu Terkemuka, Jadi Sesepuh Warung Makan di Tegal

Sudah menjadi rahasia umum jika Tegal, Jawa Tengah menawarkan segudang kuliner nikmat yang sayang sekali dilewatkan. Salah satu yang terkenal seantero negeri tentu saja Warteg alias Warung Tegal. Jika jalan-jalan ke Tegal jangan lupa mampir ke Warung Makan Pi’an atau yang disingkat jadi Warma Pi’an. Tempat ini digadang-gadang menjadi Warung Makan Nasi Lengko Tertua di Tegal.

Sudah Berusia Hampir 1 Abad Lamanya

Menu di Warma Pi’an, via Instagram/retnoerna23
Menu di Warma Pi’an, via Instagram/retnoerna23

Warma Pi’an sudah berdiri sejak tahun 1926 yang lalu. Lokasinya sangatlah strategis dan cita rasanya nikmat. Tak salah tempat makan ini sudah memiliki usia hampir 1 abad lamanya, tepatnya 92 tahun. Disebut sebagai Warung Pi’an ada alasan di baliknya.

Dahulu, ternyata sekitar tahun 1960-an, ada sekolah khusus Tiongoa. Selepas belajar mereka sering mampir ke warung yang berlokasi di sekitaran Stasun Tegal ini. Karena kenal dengan sang pemilik warung yang bernama Rapian, mereka sering melakukan janjian di warung. Akhirnya, tercetuslah nama Warma Pi’an. Kini, tempat makan sesepuh di Tegal ini telah dipegang oleh generasi ketiga, yakni Budi Santoso.

Menu Andalan Nasi Lengko yang Enak

Nasi Lengko menu unggulan, via Instagram/kurniaad
Nasi Lengko menu unggulan, via Instagram/kurniaad

Untuk menu andalan yang ditawarkan di sini adalah nasi lengko. Sebenarnya bukan kuliner asli dari Tegal, melainkan dari Cirebon. Namun hidangan satu ini sudah begitu terkenal di Tegal, tak salah banyak tempat makan yang menjualnya. Seperti halnya Warma Pi’an ini yang dijuluki sebagai warung nasi lengko tertua di Tegal.

Dalam satu porsi nasi lengko di sini berisi ada nasi, potongan tahu dan tempe, timun, taoge yang disiram dengan saus kacang, kecap. Tak ketinggalan juga yang khas adalah kerupuk kuning. Ada satu beda bumbu kacang di Cirebon dengan Tegal. Yakni, di Tegal ada campuran cabai merah dan juga kentang sehingga cita rasanya lebih gurih. Sementara untuk nasi lengko khas Cirebon banyak kacangnya.

Salah satu ciri khas, via Instagram/indohoy
Salah satu ciri khas, via Instagram/indohoy

Selain menu utama, di sini juga menyuguhkan nasi sambal goreng daging. Merupakan kombinasi antaran nasi dengan irisan daging yang empuk, serta potongan bawang goreng. Satu hal lagi yang kerap dipesan banyak orang, yakni pisang goreng yang dipenyet sampai bentuknya pipih. Makin nikmat disantap saat hangat dengan tambahan gula putih halus.

Alamat Warung Makan Pi’an yang Strategis

Warung makan yang melegenda, via Instagram/amy_lovelypurple
Warung makan yang melegenda, via Instagram/amy_lovelypurple

Warung Makan Pi’an ini berlokasi di Jl. Kolonel Sudiarto No. 25, Slerok, Jawa Tengah. Lokasinya strategis, berada 110 meter dari Stasiun Tegal. Bukanya mulai dari jam 06:00 hingga pukul 16:00 WIB. Seporsi nasi lengko dibanderol Rp12.000, pisang bakarnya Rp3.000 saja.

Kuliner memang merupakan salah satu daya tarik tersendiri untuk pariwisata daerah. Nah, Warma Pi’an ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya jika sedang berjelajah Tegal. Tertarik untuk mencoba?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner tegal Tegal Warma Pi'an Warung Makan Pi'an
Share