Tempat-Tempat Unik di Indonesia yang Dinobatkan Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Lansekap Indonesia memang ibarat lumbung emas. Beberapa peninggalan sejarah dapat dengan mudah ditemukan. Seperti pernah terjadi, ada petani uang menemukan benda bersejarah saat mencangkul tanah. Tak jarang juga beberapa prasasti seringkali ditemukan secara tak sengaja oleh warga lokal.

Selain karena benda bersejarah, banyak juga tempat di nusantara ini yang keindahannya diakui dunia, seperti beberapa hutan serta sistem Subak Terasering di Bali. Karena keindahan serta keunikan tadi, beberapa tempat di Indonesia ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan, simak deh uraian singkatnya di bawah ini.

1. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Lansekap Taman Nasional Gunung Leuser dan salah seorang pendaki via instagram/@nugroho_adi.s

Di UNESCO, tempat ini termasuk dalam kategori Warisan Dunia dalam Bahaya (List of World Heritage in Danger). Hutan hujan Sumatera yang dimaksud sendiri mencaku tiga wilayah, yaitu, Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Pasalnya tempat yang masih marak dengan pembalakan hutan liar ini sebenarnya menjadi habitat untuk hewan-hewan endemik. Seperti orang utan dan harimau sumatera.

Menjadi habitat hewan endemik yang terancam punah via instagram/@henning.muehlbauer

2. Sistem Subak Terasiring Bali

Terasiring yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara via instagram/@bwade447

Subak sendiri merupakan organisasi budaya di Pulau Bali yang mengatur sistem irigasi persawahan. Semangat gotong royong serta nilai-nilai sosial dalam sistem ini menjadi alasan utama bagi UNESCO memasukkan sistem persawahan di Bali ini sebagai situs warisan dunia. Selain karena nilai sosial tadi, penggunaan metode terasiring yang masih diterapkan di Pulau Dewata di era modern ini juga mendapat pengakuan dari dunia karena keindahannya, coba aja lihat foto di bawah ini.

Keindahan terasiring dan sistem irigasinya menjadikan tempa ini sebagai situs warisan UNESCO via instagram/@h_adore

3. Situs Arkeologi Sangiran

Jembatan dalam area museum yang sering menjadi spot foto via instagram/@indahlystia

Sangiran merupakan museum arkeologi yang berada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Di sekitar tempat ini setidaknya pernah ditemukan sekitar 100 fosil individu Homo Erectus hingga tahun 2016. Dengan jumlah tersebut, Sangiran mendominasi lebih dari 50% temuan manusia purba dari seluruh dunia. Diperkirakan masih banyak fosil-fosil yang masih terpendam dan belum ditemukan.

Lukisan peradaban manusia purba di dalam museum via instagram/@luftimas

4. Taman Nasional Lorentz

Satu dari tiga danau yang terdapat dalam wilayah Taman Nasional Lorentz via instagram/@opentripwamena

Dalam wilayah Asia Tenggara, Taman Nasional Lorentz mendapatkan predikat yang terbesar. Luas wilayahnya mencapai 2,4 juta hektare, membentang dari Puncak Jayawijaya hingga Laut Arafuru. Taman nasional dengan keanekaragaman hayati ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Sebanyak 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia dapat ditemukan di tempat ini.

Panorama sekaligus hujan salju yang membuat tempat ini serasa di luar negeri via instagram/@erickssonavianto

Hidup di Indonesia merupakan anugerah yang patut disyukuri. Potensi wisata sekaligus kekayaan alamnya menjadi alasan utama. Dengan apa yanng negara kita miliki, mari tetap pertahankan keindahannya dengan tetap menjaga kebersihan saat traveling ya?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Papua situs warisan dunia Unesco Sumatera Wisata
Share