Warga Surabaya Mau Liburan? Pergi ke Kota-Kota ini Selalu Jadi Andalan

Hari libur merupakan saat yang ditunggu-tunggu masyarakat yang mulai lelah dengan segudang aktifitasnya sehari-hari. Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menikmati hari libur dengan sebaik-baiknya. Ada yang memilih berkumpul bersama keluarga di rumah, ada yang memilih untuk tidur saja, ada juga yang menghabiskan liburannya dengan pergi ke luar kota.

Yap, pergi ke luar kota merupakan salah satu cara terbaik untuk melepas rasa penat setelah berkutat dengan hiruk pikuk Kota Surabaya. Berikut ini kota-kota terdekat dari Surabaya yang bisa dijadikan pilihan destinasi wisata untuk menghabiskan masa liburan baik bersama teman maupun keluarga.

1. Malang

Kota Malang merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Surabaya. Bagaimana tidak? Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Surabaya dan hawanya yang cukup sejuk membuat warga Surabaya tak pernah bosan untuk berkunjung ke kota yang berada di dataran tinggi ini. Cukup menempuh perjalanan selama 2 jam saja bagi warga Kota Surabaya untuk dapat menikmati keindahan dan kesejukan Kota Malang. Alat transportasi yang menghubungkan kedua Kota ini juga beragam, ada bis, kereta api, atau kendaraan pribadi, tinggal pilih saja.

Kantor Walikota Kota Malang [image source]

Kota Malang menyimpan beraneka potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Berikut ini kawasan-kawasan menarik di Kota Malang yang tentu sayang jika dilewatkan warga Surabaya :

  • Kebun Teh, tak jauh dari jalan utama penghubung Surabaya-Malang terdapat perkebunan teh nan indah yang berlokasi di Kecamatan Lawang. Kebun Teh ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan rekreasi termasuk villa dan kolam renang.
  • Pusat Kota Malang, berada di sekitar bundaran Tugu Malang hingga sekitar Alun-Alun Kota Malang. Terdapat berbagai bangunan kuno peninggalan sejarah Kota Malang, pusat perbelanjaan seperti Sarinah dan Ramayana, hingga restoran dengan es krimnya yang begitu legendaris yaitu Toko Oen.
  • Kawasan Batu, kawasan yang digadang-gadang sebagai ‘Puncak’nya Jawa Timur. Setiap hari libur tiba warga dari kota lain berbondong-bondong datang kemari untuk menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Batu. Berbagai macam wisata alam seperti air terjun Coban Rondo, wisata paralayang bersama omah kayunya, wisata kebun petik apel dan strawberry, hingga wisata edukasi sekaligus hiburan yang ditawarkan Jawa Timur Park Group sangat menarik untuk dijelajahi satu per satu.
  • Pantai Selatan, ingin bermain pasir di pantai dan melihat ombak? Di Malang juga bisa lho! Tepatnya di daerah Malang Selatan kamu bisa menemukan banyak deretan Pantai Selatan dengan pemandangannya yang indah. Beberapa di antaranya yang terkenal seperti Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Sendang Biru, dan masih banyak lagi. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh tapi rasa lelahmu dijamin akan terobati segera setelah sampai di sana.

2. Lamongan

Kabupaten yang terletak berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Surabaya ini juga menjadi salah satu alternatif tujuan wisata bagi warga Surabaya untuk menghabiskan masa liburan. Meski berhawa panas, namun potensi wisata yang banyak tersimpan di Kabupaten Lamongan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota lain.

Wisata Bahari Lamongan [image source]

Beberapa destinasi wisata yang dapat ditemui di kabupaten ini antara lain, wisata religi seperti makam Sunan Drajat dan makam Sunan Sendang Duwur, wisata sejarah seperti monumen Van der Wijck dan Candi Slumpang Laren, dan wisata alam seperti Wisata Bahari Lamongan dan Waduk Gondang. Selain destinasi wisata yang menarik, sajian kuliner khas Lamongan seperti Soto Lamongan, Nasi Boranan, dan Tahu Campur Lamongan juga tak kalah menggoda untuk dicoba.

3. Pasuruan

Siapa sangka, daerah Pasuruan yang biasanya hanya dilalui warga Surabaya untuk menuju ke Malang atau ke arah Banyuwangi ini juga memiliki potesi wisata yang tak kalah menarik, lho. Di daerah yang terbagi menjadi kabupaten dan kota ini, terdapat Taman Safari II yang merupakan salah satu cabang dari Taman Safari Indonesia. Gunung Bromo yang kini sedang ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri juga merupakan bagian dari Kabupaten Pasuruan. Di sepanjang jalan menuju Gunung Bromo, pengunjung juga dapat menemui wisata petik buah dan sayur yang segar hasil perkebunan penduduk sekitar.

Pelabuhan di Pasuruan [image source]

Jika pergi ke Bromo dirasa terlalu jauh, maka kamu bisa menuju ke kawasan Kota Pasuruan karena disana terdapat beberapa taman serta alun-alun kota. Tak ketinggalan juga pelabuhan tempat dimana kamu bisa melihat aktifitas para nelayan serta membeli beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan mereka. Sebelum pulang jangan lupa mampir sejenak untuk mencicipi Kupang Lontong Khas Kraton yang konon katanya memiliki rasa yang nendang!

4. Madura

Pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur ini memiliki luas 5.168 kilometer persegi. Dulunya untuk dapat sampai ke Pulau Madura, masyarakat hanya bisa menggunakan kapal penyeberangan dari Surabaya menuju Madura. Namun kini setelah dibangunnya jembatan Suramadu (Surabaya-Madura), masyarakat semakin mudah untuk dapat berkunjung kesana.

Pulau Madura memiliki banyak potensi wisata alam khususnya pantai yang tersebar di empat kabupatennya. Salah satu wisata laut yang kini sedang hits di kalangan masyarakat adalah Wisata Taman Laut Gililabak Pulau Talango. Untuk dapat berkunjung kesana pun tak begitu mahal. Cukup menyediakan biaya sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- saja untuk setiap orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan taman laut Gililabak.

Gili Labak Madura [image source]

Selain Gililabak masih ada destinasi wisata menarik lainnya yang sangat sayang jika kamu lewatkan seperti Pantai Lombang, Pantai Slopeng, kompleks pemakaman Asta Tinggi Sumenep, Pantai Rongkang, Mercusuar VOC, Sambilangan, Bukit Arosbaya, Bukit Goa Putih, dan masih banyak lagi. Jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan festival Karapan Sapi yang diadakan oleh masyarakat Madura setiap tahunnya.

5. Probolinggo

Bergeser sedikit ke arah timur dari Kota Pasuruan terdapat Kabupaten dan Kota Probolinggo yang juga kaya akan wisata alamnya dari pantai hingga pegunungan. Menuju ke perairan terdapat Pantai Bentar yang merupakan wisata unggulan di Probolinggo dan akan dilengkapi dengan Hotel Terapung beserta fasilitas super lengkapnya. Selain itu ada Pulau Gili Ketapang yang berjarak 8 kilometer dari bibir pantai Probolinggo. Disini kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah dan masih alami.

Pantai Bentar Probolinggo [image source]

Ada juga Ranu Segaran yang dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Probolinggo. Di danau ini pengunjung akan disuguhi dengan panorama pegunungan yang indah. Selain tiga wisata alam di atas, ada juga wisata Gunung Bromo, Gunung Argopuro, Candi Jabung, air panas Desa Tiris, air terjun Madakaripura, dan arung jeram Sungai Pekalen. Seluruh wisata alam ini tentu tidak akan habis jika dijelajahi hanya sehari saja

Inilah beberapa kota yang dapat dijadikan pilihan tujuan wisata warga Surabaya saat hari libur tiba nanti. Kira-kira kamu mau pilih yang mana?

Tags
Indonesia Jawa Timur Lamongan Madura Malang Pasuruan Probolinggo Surabaya Wisata
Share