4 Waktu yang Tepat Minum Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Pecinta kopi, menurutmu berapa cangkir kopi yang normal diminum setiap hari? Melansir dari Asian Age, penting untuk membatasi diri dalam meminum kopi. Pasalnya ada jam-jam tertentu yang harus kamu hindari agar tubuh tetap sehat dan tak kecanduan kopi. Baiknya lakukan beberapa cara ini untuk tahu waktu yang tepat minum kopi.

1. Lebih baik minum jam 10.00-14.00

Ilustrasi waktu via Shutterstock

Biasanya seseorang meminum kopi sebagai pengganti sarapan. Padahal para ahli gizi menyarankan untuk meminum kopi pada waktu mulai jam 10 pagi. Hal ini karena kadar kortisol dalam tubuh masih terkendali sehingga aman untuk mengonsumsi minuman berkafein.

2. Disarankan minum sebelum olahraga

Ilustrasi berlari via Shutterstock

Menurut para ahli, kopi bisa memberikan dampak positif pada orang yang rajin berolahraga. Disarankan untuk meminum kopi 30 menit sebelum berolahraga. Hal ini karena kopi cepat diserap oleh darah sehingga bisa membantu detak jantung yang bekerja. 

3. Hindari minum sebelum malam hari

kopi
Ilustrasi kopi via Shutterstock

Mulai perhatikan batas minum kopi sebelum 4-6 jam sebelum tidur. Menurut peneliti dari Harvard Medical School’s Division of Sleep Medicine, hal ini bertujuan agar efek kafein dari bisa mulai berkurang ketika sudah masuk jam tidur. Sering mengonsumsi kopi akan membuat orang sulit tidur.

4. Lakukan langkah sehat

Ilustrasi gula via Shutterstock

Memang salah satu manfaat kopi bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan membuat seseorang tidak mudah mengantuk. Namun yang harus diingat hindari untuk menggunakan gula dan krimer yang berlebihan. Selain itu imbangi juga dengan rajin minum air putih dan berolahraga.

Nah, sudah jelas, kan waktu yang tepat minum kopi? Agar tubuh tetap sehat meski sering mengonsumsi, pastikan kamu lakukan beberapa hal ini Teman Traveller. 

Tags
kopi kuliner minum kopi olahraga
Share