Mitos Melanggengkan Pernikahan A La Waduk Malahayu Brebes

Advertisement

Destinasi wisata yang mempunyai mitos tentang percintaan kebanyakan banyak mengundang rasa penasaran dan akhirnya banyak pula yang berkunjung untuk membuktikan kebenarannya. Waduk Malahayu ini salah satunya, waduk yang berada di Kabupaten Brebes ini konon bisa bikin mahligai rumah tangga menjadi langgeng. Penasaran?

Kabupaten Brebes adalah daerah di ujung barat provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat khususnya kabupaten Cirebon makan tidak heran jika di daerah ini terjadi akulturasi budaya Jawa dengan Sunda. Menilik pada potensi wisata, kabupaten ini punya banyak destinasi mulai dari pantai, air terjun hingga kawasan pegunungan. Salah satu yang cukup terkenal yakni Waduk Malahayu.

Lanskap Waduk Malahayu, via instagram
Lanskap Waduk Malahayu, via instagram

Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Lokasi waduk ini berjarak 6 kilometer dari pusat kecamatan. Luasnya sendiri sebesar 944 hektar dan dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1930. Pada awalnya pembangunan waduk ini bertujuan sebagai sarana irigasi dan pengontrol banjir. Akan tetapi kini dikembangkan pula sebagai sarana rekreasi.

Pemandangan Indah Waduk Malahayu, via instagram
Pemandangan Indah Waduk Malahayu, via instagram

Sebagai tempat rekreasi sudah tentu waduk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung. Ada bumi perkemahan, kolam renang anak, area bermain, becak air, perahu untuk berkeliling waduk, panggung terbuka serta tempat parkir yang luas. Semua itu bisa dimanfaatkan para pengunjung sembari menikmati keindahan waduk yang dikelilingi oleh hutan jati serta panorama pegunungan yang indah.

Satu hal lagi yang membuat banyak traveler tertarik berkunjung ke Waduk Malahayu yaitu adanya mitos tentang asmara. Konon menurut warga setempat jika pasangan pengantin yang baru menikah berkunjung ke waduk ini mereka wajib untuk membasuh muka menggunakan air waduk. Mereka yang melakukannya dipercaya akan mendapatkan rumah tangga yang langgeng dan kecukupan.

Waduk Malahayu memiliki mitos tentang hubungan asmara, via instagram
Waduk Malahayu memiliki mitos tentang hubungan asmara, via instagram

Jika berlibur di waduk ini jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khasnya yaitu ikan mujair goreng. Banyak warung makan di sekitar lokasi yang menawarkan jenis makanan ini yang memang menjadi salah satu menu istimewa di Waduk Malahayu. Untuk tiket masuk ke kawasan wisata sendiri setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 5 ribu. Siap membuktikan mitos serta bermain-main di Waduk Malahayu?

Advertisement
Tags
Brebes Waduk Malahayu
Share