Vihara Cantik di Jawa Tengah, Bisa Jadi Lokasi Ngabuburit Juga Lho

Destinasi wisata bukan hanya alam atau museum. Banyak juga jenis lainnya yang bisa menjadi pilihan ketika jalan-jalan, misalnya rumah-rumah ibadah. Menapaki keberagaman di bumi Indonesia, mempertinggi nilai toleransi antar umat beragama. Di Jawa Tengah, ada beberapa vihara cantik yang bisa jadi destinasi wisata. Mana saja vihara cantik di Jawa Tengah yang direkomendasikan Travelingyuk? Yuk ikuti ulasan berikut.

Vihara Budhagaya, Ungaran

Vihara Buddhagaya, via Instagram/wisata_jateng
Vihara Buddhagaya, via Instagram/wisata_jateng

Vihara Buddhagaya Watu Gong merupakan salah satu yang memiliki bentuk yang cantik. Alamatnya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Lokasi tepatnya berada di markas Kodam IV Diponegoro.

Nama Watu Gong sendiri diambil dari sebuah batu yang mirip dengan alat musik gong yang dahulu berada di depan lokasi vihara. Selain itu, salah satu hal ikonik lainnya adalah Pagoda Alo yang menjulang tinggi, sekitaran 45 meter dengan tujuh tingkat.

Vihara Mahavira Graha Pusat, Semarang

Vihara Mahavira, via Instagram/gabrielafel
Vihara Mahavira, via Instagram/gabrielafel

Masih di Semarang ada yang namanya Vihara Mahavira Graha Pusat. Ini merupakan bangunan dengan luas sekitar 1,88 hektar, vihara terbesar di Jawa Tengah. Arsitektur vihara ini unik, dengan tujuh lantai berbeda. Lokasinya berada di Kompleks Marina, di Jl. Marina Raya.

Saat masuk ke sini, kamu akan disambut oleh beragam archa Budhha dan Avalokitesvara. Memang Vihara ini bukan tempat wisata, meskipun begitu kamu tetap bisa mengunjunginya, tentu saja dengan menjaga etika.

Vihara Ratanavana Arama, Rembang

Vihara Ratanavara, via Instagram/puspadewihc
Vihara Ratanavara, via Instagram/puspadewihc

Kemudian ada yang namanya Vihara Ratanavana Arama yang berada di Rembang. Tepatnya berada di Desa Sendagcoyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini memang menjadi lokasi peribadatan umat Budha. Di sisi lainnya, juga menjadi wisata sejarah, khususnya mengenai sang Buddha Sidharta Gautama. Salah satu daya tarik utama di sini adalah Patung Budha Tidur yang sangat besar.

Vihara Sam Poo Kong

Vihara Sam Poo Kong, via Instagram/exploresemarang
Vihara Sam Poo Kong, via Instagram/exploresemarang

Semarang memang memiliki banyak vihara dan kebanyakan terkenal. Salah satu yang cukup kondang adalah Vihara Sam Poo Kong yang merupakan tempat peribadatan umat Buddha. Alamatnya berada di Jl. Simongan Raya No. 129, Semarang.

Wisata Instagenic juga, via Instagram/uminasikhah_
Wisata Instagenic juga, via Instagram/uminasikhah_

Ini merupakan salah satu tempat yang bisa banget untuk ngabuburit. Bangunannya cantik dengan warna yang mencolok. Ada banyak spot Instagramable, tak perlu ragu buat berkunjung.

Itulah vihara cantik di Jawa Tengah ya Teman Traveler. Usahakan untuk selalu mengenakan busana yang sopan saat berkunjung ya. Pulang-pulang, toleransi agama semakin bertambah, pengalaman makin banyak.

Tags
Indonesia Jawa Tengah vihara cantik di Jawa Tengah wisata di Jawa Tengah
Share