Video Pemasangan Kepala Patung GWK, Kapan Bakal Rampung?

Garuda Wisnu Kencana (GWK) sudah lama digadang-gadang bakal jadi salah satu monumen terbesar Indonesia, bahkan dunia. Setelah sekian tahun menunggu, belakangan mulai ada titik terang soal kapan monumen tersebut rampung. Bahkan belum lama ini beredar video pemasangan kepala patung GWK.

Video pemasangan kepala patung GWK tersebut memancing reaksi positif dari sebagian besar warganet. Rupanya banyak yang tak sabar ingin segera melihat karya seni berukuran raksasa, yang kabarnya bakal terlihat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dan mengalahkan Patung Liberty tersebut.

Kepala Patung Seberat Empat Ton

Pengankatan kepala wisnu dgn berat kurang lebih 4 ton

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta) on

Sejak beberapa bulan lalu bagian-bagian terpisah dari GWK mulai disatukan. Pada 13 Mei 2018, pengerjaan akhirnya sampai pada proses pemasangan bagian kepala. Bagian yang cukup vital ini memiliki berat cukup fantastis, mencapai empat ton.

Proses pengangkatannya pun harus menggunakan crane khusus. Prosedurnya juga tak sembarangan, karena harus memperhatikan kecepatan angin. Jika sampai angin terpantau berhembus lebih dari 10 kilometer per jam, maka crane tak bisa beroperasi dengan stabil.

Diunggah Oleh Sang Seniman

Nyoman Nuarta
Nyoman Nuarta via Instagram nyoman_nuarta

Video pemasangan kepala patung GWK dibagikan oleh Nyoman Nuarta di media sosialnya. Pria asal Bali tersebut merupakan seniman yang menggagas pembuatan karya yang sebelumnya sempat mangkrak selama beberapa tahun tersebut.

Nyoman Nuarta sendiri bukan orang sembarangan di dunia seni patung. Pria lulusan jurusan seni rupa ITB tersebut sebelumnya pernah menelurkan beragam karya hebat seperti Monumen Proklamasi Indonesia dan Monumen Jalesveva Jayamahe.

Respon Positif Dari Warganet

Miniatur Monumen GWK
Miniatur Monumen GWK via Instagram juan_yosephin

Dalam waktu singkat, video pemasangan kepala patung GWK yang diunggah Nyoman langsung viral di media sosial. Sampai tulisan ini diturunkan, rekaman tersebut sudah dilihat lebih dari 2,2 juta kali. Hal ini sekaligus menjadi gambaran akan rasa antusias sekaligus penasaran dari para warganet akan karya megah, yang bakal jadi ikon anyar Bali tersebut.

Tak sedikit yang mengungkapkan kekaguman akan proses penyatuan bagian-bagian patung GWK di kolom komentar. Banyak yang memberikan pujian. Tak sedikit pula yang mengaku siap untuk berkunjung ke Bali dan melihat langsung monumen GWK jika sudah rampung nanti.

Hadiah Ulang Tahun Indonesia

Proses penyatuan Monumen GWK
Proses penyatuan Monumen GWK via Instagram punapibali

Menurut informasi dari berbagai sumber, proses pemasangan bagian-bagian patung GWK saat ini berjalan 70 persen. Khusus bagian tubuhnya dipisah-pisah dan dibuat di Bandung, sebelum kemudian diangkut menggunakan 500 truk untuk dibawa ke Bali.

Jika semua berjalan sesuai rencana, monumen yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak 1990 ini akan rampung pada Agustus 2018. Tentunya ini bakal sekaligus menjadi kado istimewa untuk ulang tahun Indonesia yang ke-73 nanti.

Kita doakan saja agar semuanya berjalan tanpa hambatan dan Indonesia bisa segera punya satu lagi aset seni dan wisata membanggakan. Bagaimana dengan para traveler di sini, semakin antusias juga usai melihat video pemasangan kepala patung GWK?

Tags
Bali Wisata
Share