7 Video Detik-Detik Gerhana Matahari Total yang Bikin Merinding

no image available

no image available

Advertisement

Gerhana matahari total (GMT) adalah suatu fenomena alam yang sangat langka. Butuh waktu puluhan hingga ratusan tahun agar daerah yang sama mengalami fenomena serupa. Oleh sebab itu ketika gerhana matahari menyambangi suatu daerah, banyak ilmuwan hingga wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk menjadi saksi hidup suatu kejadian alam yang spesial tersebut.

Secara teori gerhana matahari total terjadi karena cahaya matahari terhalang oleh bulan dimana ketiga benda langit tersebut berada dalam posisi yang sejajar. Di era modern seperti sekarang, fenomena gerhana matahari total dijadikan sarana untuk memperkenalkan potensi wisata di daerah yang dilalui umbra atau bayangan gelap Sehingga kemudian banyak wisata gerhana yang ditawarkan. Tapi tahukah kamu selain Indonesia pada tanggal 9 Maret nanti, gerhana matahari total juga sudah pernah terjadi di negara lain? Berikut Travelingyuk rangkum 7 video gerhana matahari total di berbagai negara yang bikin takjub.

1. Gerhana Matahari Total Tahun 2015

Fenomena gerhana matahari total (GMT) terdekat yang pernah terjadi sebelum nanti di Indonesia tanggal 9 Meret 2016 adalah GMT pada tanggal 20 Maret 2015. Sayangnya pada saat itu peristiwa langka tersebut tidak terjadi di Indonesia. GMT hanya bisa dinikmati di daerah-daerah seperti laut Atlantik Utara, laut Norwegia, Laut Arktik, Kepulauan Faroe dan Svalbard. Mereka yang berburu GMT di daerah-daerah tersebut khususnya Svalbard bukan hanya menjadi saksi terjadinya gerhana yang langka namun juga disuguhi pemandangan indah aurora.

GMT tanggal 20 Maret 2015 cukup spesial sebab ada paket tur yang menawarkan wisata gerhana dengan naik pesawat terbang di atas Laut Atlantik Utara. Hal ini bertujuan agar wisatawan dan ilmuwan dapat menyaksikan fenomena tanpa terhalang oleh awan. Seperti halnya dalam tayangan video berdurasi 6 menit di atas, terlihat bagaimana detik-detik matahari mulai tertutup oleh bulan yang sangat menakjubkan.

2. Gerhana Matahari Total Tahun 2012

Mundur sekitar 3 tahun pernah terjadi pula GMT di kawasan Taman Nasional Ganak Garig di area bagian utara sekitar 250 km di timur kota Darwin, Australia. Sedangkan gerhana matahari sebagian bisa dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian timur khususnya Papua. GMT yang terjadi di daerah Darwin pada tahun 2012 itu disebut-sebut yang pertama terjadi sejak 1.300 tahun yang lalu.

Pada tanggal itu banyak sekali wisatawan dan warga lokal yang datang ke pantai di daerah Cairns. Kalian bisa melihat bagaimana antusiasme para pemburu GMT di Australia saat itu lewat tayangan video di atas. GMT di Negeri Kanguru itu adalah salah satu yang paling spesial lantaran posisi matahari berada di ufuk timur tepat di atas Samudera Pasifik di bagian selatan.

3. Gerhana Matahari Cincin Tahun 2010

Awal tahun 2010 lalu banyak sekali fenomena alam yang terjadi mulai dari gerhana bulan sebagian yang berlangsung tepat 30 menit setelah pergantian tahun yang hampir bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Selang setengah bulan tepatnya 15 Januari 2010 terjadi lagi fenomena spektakuler yaitu gerhana matahari cincin. Sayang kejadian ini tidak bisa dilihat di negeri kita.

Gerhana matahari cincin pada saat itu terjadi di kawasan India. Semua warga dan wisatawan termasuk ilmuwan memenuhi kawasan pantai di daerah Varanasi, India. Bagaimana membludaknya pengunjung dan detik-detik matahari tertutup bulan dan membentuk sebuah fenomena cincin matahari bisa kamu lihat dalam tayangan video di atas.

4. Gerhana Matahari Total Tahun 2006 di Turki

Video berdurasi 3 menit 8 detik di bawah ini menunjukkan detik-detik terjadinya gerhana matahari total pada tanggal 29 Maret 2006 yang direkam dari daerah Anatalya, Turki. Terlihat bagaimana banyak ilmuwan menyiapkan peralatan berupa teropong dan peralatan lainnya guna menangkap penampakan GMT.

Saat itu di sebuah kawasan perbukitan nampak pula banyak wisatawan yang bergabung untuk menyaksikan hal serupa. Mereka dibekali dengan kacamata khusus untuk menyaksikan GMT secara aman. Detik demi detik saat matahari mulai tertutup dan bumi menjadi gelap dalam beberapa menit sungguh menakjubkan, seperti itulah yang akan terjadi di Indonesia nanti.

5. Gerhana Matahari Total Tahun 2006 di Libya

Gerhana matahari total pada tanggal 29 Maret 2006 bukan hanya melintasi kawasan Turki saja namun juga melebar hingga negara Libya, malah negara ini digadang-gadang sebagai pusat pengamatan pada saat itu. Menempati kawasan gurun tandus di daerah Jalu, Libya banyak ilmuwan yang bahkan mendirikan tenda sebagai basecamp pengamatan mereka.

Bagaimana detik-detik kawasan sekitar yang mulai gelap lantaran cahaya matahari tertutupi oleh bayangan bulan bikin kita merinding melihatnya. Video berdurasi 7 menit ini menampilkan proses gerhana mulai dari awal hingga akhir atau tepatnya 3 menit sebelum GMT terjadi hingga ke titik puncak dimana matahari tertutup sepenuhnya oleh bulan.

6. Gerhana Matahari Total Tahun 1999

Gerhana matahari total pernah terekam pada tanggal 11 Agustus 1999. Daerah yang beruntung mengalami fenomena alam paling langka ini adalah sebagian kawasan di Eropa. Momen tersebut sangat spesial mengingat GMT yang terjadi di tahun 1999 tercatat menjadi yang pertama terlihat di langit Eropa sejak tanggal 22 Juli 1990.

Negara yang paling merasakan keistimewaan GMT tahun 1999 adalah kawasan Inggris Raya. Sebab GMT tersebut baru dinikmati oleh masyarakat Inggris setelah menanti selama 72 tahun atau tepatnya kali terakhir terjadi fenomena serupa di negeri Ratu Elizabeth pada tanggal 29 Juni 1927.

7. Gerhana Matahari Total Tahun 2016

Tahun 2016 adalah tahunnya Indonesia, mengapa? Karena pada tanggal 9 Maret atau terhitung 2 hari dari sekarang fenomena gerhana matahari total akan melintasi Indonesia, ya hanya Indonesia. Setidaknya GMT bisa dilihat di 11 provinsi dengan rekomendasi kota-kota pusat pengamatan bisa traveler saksikan lewat tayangan video promosi dari situs pariwisata Indonesia yang keren di bawah ini.

Gerhana matahari total sebenarnya bukan hal yang asing dilihat warga negara Indonesia sebab negara ini tercatat telah beberapa kali mengalami fenomena serupa terakhir pada tahun 1995 silam. Namun tahun ini terasa spesial sebab masyarakat telah paham bagaimana langkanya fenomena ini sehingga sayang jika dilewatkan seperti beberapa puluh tahun lalu dimana pemerintah melarang warga untuk keluar rumah saat gerhana terjadi. Sudah memesan tiket ke kota-kota yang dilalui GMT guys?

Keren-keren kan rekaman detik-detik gerhana matahari total terjadi di berbagai belahan dunia. Mungkin video tersebut bisa menginspirasimu untuk mengabadikan fenomena serupa yang bakal terjadi di negeri kita pada 2 hari mendatang .

Advertisement
Tags
Gerhana Matahari Total Video Gerhana
Share