Spot Via Ferrata Paling Seru, Bikin Adrenalin Terus Terpacu

Advertisement
Advertisement

Pernah mendengar istilah via ferrata? Sebuah kegiatan mendaki tebing dengan menggunakan besi yang ditancapkan. Di Indonesia, kamu bisa mencoba aktivitas menantang ini di Purwakarta. Namun olahraga yang berasal dari Italia ini telah banyak tersebar dan masing-masing memiliki tantangan tersendiri. Di bawah ini adalah spot-spot via ferrata yang paling menantang.

Dolomites, Italia

Dolomites via ferrata Italy
Dolomites via ferrata Italy [image source]
Saat ini, ada lebih dari 600 ferrata di Dolomites. Via ferrata terpendek hanya memiliki panjang 190 meter dan yang terpanjang hingga 1,2 kilometer. Pengunjung dapat menyesuaikan dengan keberaniannya masing-masing. Juga terdapat pondok gunung yang bisa digunakan untuk menginap atau istirahat. Pemandangannya spektakuler, dengan terowongan dan parit yang terlihat dari ketinggian.

Pemandangan dari atas
Pemandangan dari atas [image source]

Chang Kong, China

Via ferrata Chang Kong China
Via ferrata Chang Kong China [image source]
Jalur via ferrata yang satu ini paling menakutkan sekaligus tertua. Pada abad ke-13, biarawan menciptakan tempat ini untuk mencapai puncak suci Gunung Hua. Hanya terbuat dari papan kayu yang diletakkan pada pasak besi dan menempel pada dinding tebing. Terletak ribuan meter di atas tanah, jalur ini hanya memiliki lebar tak lebih dari 30 cm.

Hanya memiliki lebar 30 cm
Hanya memiliki lebar 30 cm [image source]

La Via des Evettes, Perancis

La Via des Evettes
La Via des Evettes [image source]
Selesai dibangun pada tahun 2016, La Via des Evettes adalah via ferrata pertama yang ada di Pegunungan Alpen dan menghubungkan dua tebing. Panjangnya 200 meter. Terletak di lereng selatan Chamonix, tempat ini menawarkan kesempatan bagi pemula untuk merasakan pengalaman menegangkan. Bagi yang belum pernah melakukannya dapat mengikuti kursus singkat sebelum berangkat atau menggunakan pemandu.

Menghubungkan dua jalur bukit
Menghubungkan dua jalur bukit [image source]

Telluride, Amerika Serikat

Telluride via ferrata
Telluride via ferrata [image source]
Jalur baru via ferrata ini terletak di pegunungan San Juan, Colorado. Menawarkan pemandangan Air Terjun Bridal Veil yang merupakan bagian dari Niagara. Jalurnya menyusuri rute di samping puncak Ajax pada area perambangan tua. Berada pada ketinggian 2.600 mdpl dan menyajikan pemandangan desa yang ada pada lereng pegunungan.

Jalur menuju Telluride via ferrata
Jalur menuju Telluride via ferrata [image source]

Jebel Jais, Uni Emirat Arab

Jebel Jais via ferrata
Jebel Jais via ferrata [image source]
Berada di Jebel Jais yaitu gunung tertinggi di Uni Emirat Arab. Untuk menyelesaikan tantangan via ferrata ini kamu butuh waktu lebih dari empat jam. Terpotong dalam 3 bagian dan yang terpanjang mencapai 300 meter. Memiliki ketinggian 1828 mdpl, jalur ini terpasang pada tebing vertikal. Pastinya, instruktur profesional siap mengawal para pengunjung yang ingin memacu adrenalin.

terdapat juga jalur flying fox
terdapat juga jalur flying fox [image source]
Bagaimana? Berani mencoba sensasi adrenalin via ferrata? Jangan lupa berlatih dengan instruktur profesional dan prioritaskan keselamatan ya.

Advertisement
Tags
Adrenalin panjat tebing Via Ferrata
Share