UNESCO Menambahkan Situs Warisan Dunia Terbaru di Eropa dan Asia

Advertisement

Komite Warisan Dunia UNESCO telah menambahkan beberapa situs warisan dunia terbaru yang tersebar di Eropa dan Asia. Keputusan ini diperoleh melalui pertemuan daring pada Minggu 25 Juli 2021 di Fuzhuo, China. Berikut penjelasan lengkapnya.

Agenda Tahunan

agenda tahunan
Ilustrasi via instagram unesco

Dikutip Npr.org setiap tahun sejak 1978 UNESCO telah memilih sejumlah situs warisan dunia yang memiliki nilai universal luar biasa dan untuk melestarikan tempat-tempat terancam punah. Selama bertahun-tahun terkumpul lebih dari seribu situs, baik alam maupun budaya telah ditambahkan dalam daftar warisan dunia.

Taman Retiro di Madrid Spanyol

taman retiro
Ilustrasi via instagram mariahammeken

Tahun ini ada beberapa destinasi terbaru yang ditambahkan seperti Taman Retiro dan jalan raya Paseo del Prado di Madrid, Spanyol. Ini adalah situs warisan dunia ibu kota pertama, keindahan air mancur, jalan serta taman yang telah digunakan menjadi tempat rekreasi sejak abad ke-15.

Selain itu ada Colonies of Benevolence yang saat ini dikenal dengan Belgia dan Belanda adalah eksperimen pertanian pada masa revolusi industri. Lalu, ada garis air Belanda (Dutch Water Line) merupakan warisan sejarah serangkaian pertahanan berbasis air yang dibuat oleh Maurice dari Nassau pada abad ke-17.

Situs Kota Budaya di China

situs kota budaya di china
Ilustrasi via instagram unesco

Selanjutnya ada situs kota budaya di China yaitu China’s Emporium of the World yang berasal dari abad ke-10 Masehi. Menyimpan bangunan keagamaan dan sisa-sisa arkeologi dermaga, jembatan, jaringan transportasi, serta masjid tertua di China. Pemilihan tersebut menempatkan China menjadi negara yang paling banyak masuk daftar situs warisan dunia UNESCO.

Situs Lainnya

situs lainnya
Ilustrasi via instagram india_is_amazing

Kemudian situs lainnya berada di India yaitu Kuil Ramappa dari abad ke-13, kereta api Trans-Iran dibangun pada tahun 1929 menghubungkan Teluk Persia dan Laut Kaspia.

Lalu, menuju Arab Saudi ada area budaya Hima di bagian pegunungan negara tersebut ditambahkan ke dalam koleksi substansial gambar seni cadas berisi sejarah lebih dari 7.000 tahun. Serta masih banyak lagi situs lain yang ditambahkan dalam daftar baru warisan dunia UNESCO.

Demikian penjelasan dari situs warisan dunia terbaru yang ditetapkan UNESCO tersebar di Eropa dan Asia. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Teman Traveler.

Advertisement
Tags
asia Eropa Situs Warisan Dunia Terbaru 2021 situs warisan dunia Unesco
Share