Umbul Ponggok dan 6 Kolam di Daratan yang Keren Untuk Snorkeling

Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah yang sedang hits betul-betul mengubah mindset semua orang bahwa snorkeling tidak hanya bisa dilakukan di laut. Kolam super jernih dengan banyak ikan tersebut juga bisa dijadikan tempat berenang, snorkeling dan diving sekeren laut dengan kelebihan si traveler tidak perlu takut terseret ombak atau tenggelam lantaran kolamnya mempunyai kedalaman yang beragam.

Setelah Klaten booming dengan Umbul Ponggoknya, kolam-kolam serupa di daerah lain mulai terkuak juga. Tempat tersebut bisa menjadi alternatif traveler daerah asal yang belum mempunyai kesempatan pergi ke Klaten. Keadaannya pun tidak kalah keren dengan Umbul Ponggok, dikumpulkan Travelingyuk inilah 7 kolam di darat yang keren untuk snorkeling.

1. Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

Mungkin Umbul Ponggok bisa dikatakan sebagai pionir spot snorkeling di daratan. Dalam beberapa tahun terakhir namanya mulai dikenal banyak traveler lantara foto-foto underwater keren dari traveler yang pernah berkunjung tersebar luas di media sosial. Tidak tanggung-tanggung yang awalnya hanya berupa kolam untuk snorkeling berisi ikan-ikan kecil kini berkembang menjadi lokasi foto bawah air berkonsep.

Umbul Ponggok, via instagram
Umbul Ponggok, via instagram

Jadi mereka yang datang ke Umbul Ponggok di desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten ini bukan cuma bisa berenang dengan ikan-ikan penghuni kolam namun juga bisa foto-foto bawah air dengan konsep yang beraneka ragam. Contohnya pose seperti naik sepeda,sedang nonton TV dan pose-pose lainnya. Di sekitar kolam juga tersedia persewaan alat snorkeling lengkap dengan kamera sport untuk mengambil gambar di dalam air.

2. Sendang Mudal, Magelang, Jawa Tengah

Sama-sama berada di Jawa Tengah, kabupaten Magelang siap menghadirkan pesaing untuk Umbul Ponggok lewat jernihnya kola Sedang Mudal. Traveler bisa menemukan tempat ini di dusun Butuh Kulon, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang.Lokasinya berada di alam terbuka dengan kiri kanannya berupa area persawahan warga.

Sendang Mudal, via instagram
Sendang Mudal, via instagram

Sendang Mudal adalah sumber mata air bagi warga sekitar sekaligus digunakan sebagai pemandian umum. Setelah beberapa traveler datang dan berenang di sendang ini, foto-foto underwater yang keren di Sendang Mudalpun mulai tersebar. Hasilnya banyak yang penasaran untuk melihatnya sendiri. Dari situ lah kemudian Sendang Mudal mulai ramai dikunjungi wisatawan.

3. Mata Air Cisaladah, Purwakarta, Jawa Barat

Kabupaten Purwakarta punya Mata Air Cisaladah yang jernihnya menyaingi Umbul Ponggok. Mata air ini terletak di kecamatan Bojong dan berdekatan dengan mata air Cikahuripan yang ada di kabupaten Bandung Barat. Kolam ini berada di alam terbuka dan belum dikembangkan sebagai obyek wisata komersil, hanya traveler petualang saja yang sementara sering datang ke lokasi.

Mata Air Cisaladah, via instagram
Mata Air Cisaladah, via instagram

Di kawasan Mata Air Cisaladah terdapat sumber mata air lainnya yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Jadi kalau sudah sampai di spot ini sebaiknya izin dulu sama warga sekitar kolam mana yang boleh digunakan untuk berenang. Yang pasti foto-foto di mata air ini akan mengobati keinginan traveler Purwakarta dan sekitarnya untuk mencicipi sensasi snorkeling layaknya di Umbul Ponggok.

4. Telaga Nilem, Kuningan, Jawa Barat

Masih di Jawa Barat, ada Telaga Nilem yang terletak di Pesawahan, kabupaten Kuningan. Telaga ini mempunyai air yang sangat jernih sampai-sampai dengan mata telanjang traveler bisa dengan jelas melihat dasar dari telaga yang berkedalaman 5 meter. Telaga di kaki Gunung Ciremai inilah yang tengah hits untuk foto underwater di Kuningan.

Telaga Nilem, via instagram
Telaga Nilem, via instagram

Telaga Nilem mempunyai kedalam bervariasi, mulai dari 2-5 meter. Kombinasi bebatuan dan tanaman air di dasar telaga menghasilkan pemandangan bawah air yang sangat keren saat difoto dengan kamera underwater. Hanya satu hal yang membedakan Telaga Nilem dengan Umbul Ponggoknya Klaten yaitu tidak adanya properti seperti TV, motor, sepeda dan lain sebagainya di dalam air.

5. Mata Air Kasumber, Subang, Jawa Barat

Jawa Barat memang gudangnya kolam jernih, traveler mampunyai banyak pilihan untuk berburu foto underwater keren di provinsi ini. Satu lagi lokasi yang bisa dituju yaitu kabupaten Subang dengan kolam bernama Mata Air Kasumber. Mata air ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, Subang.

Mata Air Kasumber, via instagram
Mata Air Kasumber, via instagram

Traveler yang berkunjung tak mau kalah aksi dengan pengunjung Umbul Ponggok. Mereka membawa properti sendiri untuk selfie di dalam air. Ada yang membawa peralatan masak, tas, kursi dan lain sebagainya sebagai dekorasi foto bawah air. Jernih da murninya Mata Air Kasumber memang tidak diragukan lagi karena tempat ini menjadi sumber mata air dari minuman kemasan Aqua yang begitu populer. Lokasinya pun berada tepat di belakang pabrik Aqua lho. Tapi tenang, Aqua yang kamu minum diambil dari sumbernya langsung bukan kolam yang digunakan untuk berenang ini ya.

6. Mata Air Cimincul, Subang Jawa Barat

Tidak hanya satu, kabupaten Subang memiliki dua mata air dengan kolam sebening Umbul Ponggok. Selain Mata Air Kasumber kota ini juga mempunyai Mata Air Cimincul yang letaknya berdekatan satu sama lainnya, yaitu sama-sama berada di desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, Subang.

Mata Air Cimincul, via instagram
Mata Air Cimincul, via instagram

Mata Air Cimincul baru terkenal akhir-akhir ini lantaran banyak foto underwater kece yang bergentayangan di dunia maya. Sebelumnya kawasan ini jarang dikunjungi wisatawan. Maka dari itu pengelolaan Mata Air Cimincul belum dilakukan secara profesional pun juga belum dikembangkan menjadi destinasi wisata komersil. Tapi di situlah letak kelebihan kolam ini, kamu bisa puas menikmati segarnya air kolam.

7. Sendang Grogolan, Bojonegoro, Jawa Timur

Jawa Tengah punya kolam snorkeling begitu pula Jawa Barat, daftar terakhir ini menjadi pelengkap kolam-kolam keren di darat untuk snorkeling dan letaknya berada di Jawa Timur. Daerah yang mewakili keberadaannya adalah kabupaten Bojonegoro. Nama kolam yang bisa dijadikan tempat berenang dan snorkeling adalah Sendang Grogolan.

Sendang Grogolan, via instagram
Sendang Grogolan, via instagram

Sendang Grogolan berada di desa Ngunut, kecamatan Dander. Lokasinya berada di tengah hutan wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro. Suasana di sekitar sendang masih sangat asri dan belum banyak traveler yang berkunjung ke sini. Keberadaan Sendang Grogolan menjadi pelipur lara traveler kota tersebut yang rindu dengan wisata air. Seperti diketahui bahwa kabupaten Bojonegoro tidak mempunyai laut.

Itulah ketujuh kolam di darat yang bisa dijadikan spot snorkeling. Hasil foto underwaternya pun tak kalah keren dibanding foto bawah air di laut. Di daerahmu ada kolam keren seperti ini?

Tags
Mata Air Cimincul Mata Air Cisaladah Mata Air Kasumber Sendang Grogolan Sendang Mudal Telaga Nilem Umbul Ponggok
Share