Pulau Luhur Uluwatu, Destinasi Favorit Traveller Dunia

Pulau Dewata Bali memang dikenal sebagai destinasi favorit bagi wisatawan dunia. Selain banyak wisata, pulau Bali dikenal dengan budaya masyarakatnya yang unik. Ada satu tempat yang cukup terkenal di Bali, tempat ini punya banyak hal menarik untuk dibagikan. Nama tempat ini adalah pulau Luhur Uluwatu.

1. Sejarah Pulau Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu dari Kejauhan (c) Zara Trimurti/Travelingyuk

Pura Luhur Uluwatu adalah salah satu destinasi wisata andalan pulau Bali, terletak di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Uluwatu ini sudah sejak lama menjadi tujuan liburan bagi para traveller dunia. Seperti namanya “Uluwatu” yang dalam bahasa sanskerta berarti “puncak batu karang”. Pura ini terletak di atas tebing batu karang dengan ketinggian kira-kira 97 meter di atas permukaan laut.

Lokasi yang berada di tepi tebing membuat Pura Luhur Uluwatu menjadi salah satu tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Dari tempat ini Teman Traveler dapat melihat hamparan luas Samudra Hindia sambil menikmati keindahan Matahari terbenam dari pulau Uluwatu.

2. Hal unik yang ada di Uluwatu

Hal Unik Pura Luhur Uluwatu (c) Zara Trimurti/Travelingyuk

Jika ingin masuk ke kawasan ini para pengunjung yang telah membeli tiket diwajibkan untuk memakai kain khusus. Ada dua kain yang digunakan, kain pertama berwarna ungu dipakai menyerupai sarung atau rok dan kain kedua berwarna orange sebagai ikat pinggang. Unik, bukan?

3. Masih kentalnya Budaya Bali

Pura Luhur Uluwatu (c) Zara Trimurti/Travelingyuk

Tari Kecak Bali adalah tarian khas Bali yang dimainkan 50-100 orang penari. Saat melakukan tarian, penari Kecak akan duduk melingkar dan mengenakan kain sarung berwarna hitam putih. Tarian ini biasanya menceritakan tentang kisah para dewa. Biasanya kisah yang sering dipentaskan adalah kisah Ramayana. Pertunjukan Tari Kecak Uluwatu adalah pertunjukan tari kecak terbaik yang ada di Bali.

Selain itu, banyak masyarakat hindu yang datang ke tempat ini untuk bersembahyang pada hari-hari tertentu. Konon Pura Sad Kayangan tempat mereka bersembahyang dipercaya sebagai penyangga dari 9 mata angin. Sayangnya, demi kesucian pura para pengunjung dilarang masuk karena hanya dibuka untuk orang yang sembahyang saja.

4. Ada monyet-monyet lucu

Monyet penghuni uluwatu (c) Zara Trimurti/Travelingyuk

Di Uluwatu juga terdapat hutan kecil yang bernama Alas Kekeran  masyarakat hindu percaya hutan ini berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Alas Kekeran dihuni ribuan monyet yang lucu namun nakal. Teman Traveler harus berhati-hati saat melintasi kawasan hutan ini, karena biasanya monyet-monyet ini akan merebut barang bawaan.

Nah, itu dia ulasang lengkap tentang destinasi favorit traveler dunia, Pulau Uluwatu. Bagaimana apakah kamu tertarik mengunjungi pulau ini?

Tags
Bali pura luhur uluwatu Uluwatu
Share