Uang Palsu Disiram Bensin, Ini Tips Mudah Agar Terhindar dari Kejahatan saat Traveling

Sebuah video uang palsu yang disiram bensin oleh petugas SPBU viral di media sosial. Video tersebut menujukkan bahwa uang pecahan Rp50000 yang disiram terpisah menjadi dua lembar dan tidak menampilkan hologram pada hari Rabu (8/5/2019).

Diketahui insiden tersebut terjadi di Kediri. Namun hingga saat ini masih belum diketahui apakah uang tersebut asli atau palsu. Penting bagi Teman Traveler untuk menyimak sejumlah tips berikut agar tetap aman. Catat ya!

Menggunakan Metode 3D

Metode 3D, via Instagram/bank_indonesia

Sebenarnya metode 3D atau yang dikenal dengan Dilihat, Diraba, dan Diterawang, telah diperkenalkan sejak dulu kepada masyarakat agar terhindar dari uang palsu. Pertama, Teman Traveler harus melihat apakah cetakannya pudar atau tidak. Kedua dengan cara diraba. Permukaan uang palsu biasanya terasa licin.

Dan ketiga, kalian bisa menerawang uang dengan menaruhnya ke cahaya terang. Sehingga dapat terlihat pada setiap uang terdapat tanda air, yakni berupa gambar pahlawan. Serta terdapat logo Bank Indonesia di setiap pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu.

Tukarkan Uang ke BI

Viral uang palsu disiram bensin, via Instagram/sejahtera_bersama_sp

Menukarkan uang sudah menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan orang Indonesia ketika menjelang Idul Fitri. Biasanya uang atau angpau tersebut dibagikan kepada sanak keluarga. Namun Teman Traveler harus berhati-hati.

Jika tidak ingin tertipu kalian bisa menukarkan uang dengan pergi ke Bank Indonesia (BI). BI akan memberi jadwal kapan waktu yang tepat untuk menukarkan uang. Selain itu, jika tak ingin menukarkan ke BI Teman Traveler bisa pergi menukar di bank yang telah dirujuk BI agar lebih aman.

Transaksi Online

Transaksi online, via Instagram/kopijanjijiwa.jktkosambi

Karena zaman semakin berkembang dan teknologi memudahkan kita dikehidupan sehari-hari pasti tak jauh dengan yang namanya transaksi online. Hal tersebut juga mengurangi angka kejahatan, kehilangan, atau mendapat uang palsu.

Saat ini banyak toko dan tempat makan yang melayani pembayaran secara online. Sehingga Teman Traveler nggak perlu membawa dompet lagi ketika bepergian. Cukup mengisi saldo, kalian sudah bisa makan dan belanja.

Hindari Money Changer yang Tidak Meyakinkan

Contoh Money Changer, via Instagram/amandanamoneychanger

Selain pergi menukarkan uang di Bank, Money Changer juga kerap dipilih karena memiliki lokasi yang mudah diketahui seperti di pinggir jalan, berbagai pusat bisnis, pusat perbelanjaan, hingga bandara. Namun Teman Traveler harus berhati-hati. Hindari menukar uang di Money Changer yang tidak resmi dan tidak meyakinkan. Perhatikan Authorized Money Changer yang memasang stiker PVA (Pedagang Valuta Asing Berizin) yang telah diberikan Bank Indonesia.

Viralnya video uang palsu yang disiram bensin membuat Teman Traveler harus semakin berhati-hati. Alangkah baiknya untuk mengikuti sejumlah tips di atas agar lebih aman dan terhindar dari penipuan yang tentunya merugikan.

Tags
Indonesia tips dan inspirasi Uang Palsu Disiram Bensin
Share