Bukan Australia, Ternyata Turis dari Negara ini yang Paling Banyak ke Indonesia

Advertisement

Indonesia memiliki daya tarik tersendiri di mata dunia. Apalagi kalau bukan karena keindahan alam yang tidak ada duanya. Karena itu pula, tidak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang rela menghabiskan waktu liburannya untuk menjelajah tanah Indonesia. Hingga saat ini, Bali dan Lombok masih merajai sebagai objek wisata favorit wisatawan. Setidaknya, ratusan bahkan ribuan orang berkunjung kedua pulau ini setiap harinya. Pun demikian, kota-kota lain seperti Jogjakarta tetap ramai pengunjung.

Kabar bahagianya, jumlah wisatawan yang berasal dari luar negeri juga mengalami peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilansir dari Detik Travel, jumlah wisman keseluruhan yang datang ke Indonesia pada bulan Maret 2017 mencapai 1.021.538 orang atau meningkat 5,47% dibanding Maret 2016. Sementara itu, jumlah akumulatif turis yang datang periode Januari – Maret 2017 mencapai 3.012.051 orang. Angka tersebut cukup menggambarkan betapa terkenalnya Indonesia di mata dunia.

Turis di Monkey Forest
Turis di Monkey Forest [image source]
Jika berjalan-jalan ke objek wisata, sebagian besar dari kita mengira bahwa jumlah turis dari Australia lah yang paling banyak. Dari data BPS, bukan wisatawan dari negara tersebut yang banyak berkunjung ke Indonesia. Jumlah wisman tertinggi yang ada di Indonesia ternyata dipegang oleh China berjumlah 525.035. Urutan kedua ditempati oleh Singapura dan Malaysia di urutan berikutnya. Sementara itu, Australia berada di urutan keempat dengan total 279.525 orang.

Meski keempat negara tersebut cukup aktif berkunjung di Indonesia, namun Rusia yang mengalami peningkatan drastis dari periode sebelumnya adalah Rusia yang mencapai 55,52%. Dari data yang sama, banyaknya turis dari Rusia ini lebih memilih Bali yang memang terkenal lebih dahulu dibandingkan kota lainnya. Apalagi, pantai di Bali memang terbilang cukup unik dibandingkan di objek wisata di Rusia. Belum lagi dengan iklim tropis Indonesia yang sempurna untuk berjemur. Tidak heran, jika ketertarikan mereka akan Bali dan Indonesia saat tinggi.

Turis di Bali
Turis di Bali [image source]
Banyaknya wisatawan mancanegara ini menjadi kesempatan kita untuk mengenalkan Indonesia lebih dalam. Jika kamu bertemu dengan mereka, jangan hanya kenalkan Lombok dan Bali saja. Coba berikan review objek wisata di wilayah lain. Seperti di jawa Timur yang memiliki Gunung Bromo dan pantai eksotis di Malang Selatan. Atau pula tempat bersejarah di Jogjakarta mulai dari Candi hingga Keraton.Sangat banyak kan?

Nah, jangan mau kalah dengan turis asing, kamu pun juga memiliki kesempatan besar untuk menjelajah Indonesia lebih dalam lagi. Tidak ada salahnya untuk mengeksplor tempat tersembunyi tentu saja dengan bantuan guide agar tidak tersesat.

Advertisement
Tags
Australia Luar negeri Turis Wisata
Share