Jarang Bertemu Matahari, Lihat Bahagianya Turis Eropa Utara Saat Liburan ke Indonesia

Eropa Utara menjadi salah satu tujuan para turis yang berkeinginan untuk melihat salju dari dekat. Meliputi Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia dan beberapa negara lainnya, mereka mengelompokkan diri dan dikenal dengan sebutan negara Nordik. Karena letak geografis, beberapa wilayah ini jarang terkena sinar matahari secara langsung. Jika wisatawan asal Indonesia bahagia saat bermain salju di sana, mereka justru senang bukan kepalang ketika bisa berjemur sehari di objek wisata Bali atau Gili Trawangan.

1. Beberapa negara Nordik memiliki iklim yang unik dibandingkan wilayah lainnya. Karena terletak di lingkaran Arktrik, mereka tidak akan melihat sinar matahari sampai satu bulan lebih saat musim dingin.

Musim Dingin di Norwegia
Musim Dingin di Norwegia [image source]

2. Ternyata negara Nordik seperti Denmark, Finlandia dan juga Swedia akan mengalami masa siang yang cukup lama di musim panas. Bahkan fenomena matahari di tengah malam pun ada.

Matahari Tengah Malam di Islandia
Matahari Tengah Malam di Islandia [image source]

3. Hampir setahun penuh diselimuti dengan cuaca yang dingin, tentu saja banyak sekali warga negaranya yang berharap bisa berlibur ke tempat tropis. Seperti rakyat Finlandia yang selama ini menjadikan Indonesia sebagai tujuan destinasi wisata saat keluar negeri loh. Bangga kan?

Musim Dingin di Finlandia
Musim Dingin di Finlandia [image source]

4. Di Finlandia, memungkinkan matahari tidak bersinar selama 51 hari di saat musim dingin. Jadi, tidak heran begitu ke Gili Trawangan, turis dari negara tersebut bisa berjemur dari pagi hingga senja. Wah, kalau orang Indonesia bisa langsung gosong ya!

Turis Berjemur di Pantai
Ilustrasi Turis Berjemur di Pantai [image source]

5. Biasa memakai jaket super tebal hingga kaos kaki berlapis, mereka pun tak malu untuk memakai baju tipis. Bahkan tak sedikit yang menanggalkan pakaiannya dan memilih berbikini di pantai Bali.

Pakai Bikini di Bali
Pakai Bikini di Bali [image source]

6. Meski di sana wisata pantai tidak begitu populer, turis dari Swedia juga banyak yang mahir berenang dan selancar, kereeeen.

Selancar di Indonesia
Selancar di Indonesia [image source]

7. Selain itu, banyak dari mereka yang enggan untuk mentas dari perairan Indonesia yang indah akan wisata bawah lautnya.

Snorkeling Hingga senja
Snorkeling Hingga senja [image source]

8. Untuk negara dengan gaji terbesar di dunia, tentu saja sebagian besar orang Swedia bisa liburan ke Indonesia berlama-lama. Bagi mereka, menghabiskan sekian puluh juta dalam sekali pergi liburan bukanlah masalah.

Turis di Indonesia
Turis di Indonesia [image source]

9. Sayangnya, beberapa turis dari Nordik sempat kesal lantaran batas waktu bebas visa di Indonesia yang terbatas.

Pasport Finlandia
Pasport Finlandia [image source]

10. Berdasarkan peningkatan data Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Pariwisata, Kemenpar sedang berusaha keras untuk menarik wisatawan dari negara Nordik untuk berlibur ke tanah air. Bisa dibayangkan berapa banyak pemasukan bagi Indonesia jika para turis ini bahagia saat traveling di sini?

Jumlah Turis di Indonesia
Jumlah Turis di Indonesia [image source]
Wah, tentu bangga kan jika Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata oleh negara-negara di Eropa? Nah, sekarang bagaimana dengan kamu, sudah jelajah tanah air belum?

Tags
explore indonesia Finlandia Negara Nordik
Share