Tur Kopi Indonesia yang Seru untuk Dicoba, Nggak Hanya di Bali

Liburan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Pasalnya tidak mudah mendapatkan waktu luang yang bisa dihabiskan bersama dengan orang-orang tercinta. Agar tidak membosankan dan memiliki pengalaman baru, coba saja tur kopi Indonesia yang ada di beberapa kota. Pecinta kopi wajib coba nih. Di mana saja, ya?

1. Kampoeng Kopi Banaran, Semarang

Kampoeng Kopi Banaran
Kampoeng Kopi Banaran via Instagram/@mommyrichson

Tur kopi Indonesia yang pertama bisa dicoba di Kampoeng Kopi Banaran yang berlokasi di Jalan Raya Semarang-Bawen KM 1,5, Bawen, Semarang. Wisata agro yang satu ini menyediakan wisata pemetikan kopi hingga pembuatannya menjadi secangkir minuman istimewa. Tak hanya itul Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan fasilitas lainnya yang bikin pengunjung betah. Di antaranya adalah wahana permainan dan resort hotel untuk istirahat. Lengkap, ya.

Kampoeng Kopi Banaran Semarang
Kampoeng Kopi Banaran Semarang via Instagram/@firmanduw

2. Bali Pulina

Bali Pulina
Bali Pulina via Instagram/@pish90

Saat berkunjung ke Bali, kamu nggak cuma bisa berjemur di pantai atau berenang di lautnya lho. Ada banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya adalah tur kopi Indonesia yang ada di Bali Pulina, Sebatu, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Dengan membayar tiket Rp100 ribu, kamu melihat sendiri proses pembuatan kopi, termasuk dari biji luwak. Tiket tersebut akan ditukarkan dengan delapan jenis kopi di cangkir-cangkir kecil. Tak lupa pisang goreng yang menemani. Makin mewah dengan pemandangan Ubud yang hijau di depan mata. Betah!

Tur Kopi Bali Pulina
Tur Kopi Bali Pulina via Instagram/@firdatraveldiary

3. Kopi Luwak Cikole, Bandung

Kopi Luwak Cikole
Kopi Luwak Cikole via Instagram/@t.verraindah.s

Tur kopi Indonesia juga bisa dicoba saat berkunjung ke Bandung. Jangan lupa untuk mampir ke Kopi Luwak Cikole yang berlokasi di Jalan Nyalindung No.9, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Para tamu yang datang akan diajak berkeliling untuk menyaksikan pembuatan kopi luwak. Kamu juga bisa berfoto dengan hewan luwak yang lucu. Terakhir, kamu bisa mencicipi sendiri bagaimana nikmatnya secangkir kopi luwak yang terkenal hingga ke luar negeri tersebut.

Kopi Luwak Cikole Bandung
Kopi Luwak Cikole Bandung via Instagram/@arifnma

4. Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan, Jember

Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan Jember
Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan Jember via Instagram/@linda_arisandy507

Di Jawa Timur juga ada Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Gajah Mada No.249, Kaliwates, Kabupaten Jember. Tak hany bisa belajar tentang kopi, mulai dari tumbuhan hingga bisa menjadi minuman, kamu juga bisa menikmati keindahan sekitar yang masih asri. Cocok nih untuk destinasi liburan bersama dengan keluarga. Tak hanya itu, wisata agro yang satu ini juga menyediakan petik strawberry lho.

Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan
Wisata Agro Kebun Kopi Arabika Blawan via Instagram/@syofii_nm

Di atas adalah beberapa tur kopi Indonesia yang bisa dikunjungi bareng dengan keluarga atau orang kesayangan. Bagaimana, mau mencoba tur di mana dulu nih?

Tags
Indonesia tur kopi Wisata
Share