Sudah Nyobain Tumis Saos Sambal Kulit Durian? Kuliner Tercipta Lewat Aksi Protes

Durian di Indonesia termasuk dalam golongan buah yang punya banyak penggemar. Aroma dan rasanya khas menjadikannya buah dengan daya tarik tersendiri. Beberapa tempat di nusantara ini malahan punya buah durian khas masing-masing daerah.

Namun di balik kenikmatannya, durian juga bisa dibilang bukan buah yang merakyat karena harganya relatif mahal dan tak semua orang mampu mencicipi kenikmatannya. Bahkan ada yang menganggap durian sebagai barang mewah. Tak jarang pula banyak orang yang kesal dengan harganya, seperti cerita Aguan Suriyantos yang akhirnya terinspirasi untuk memasak kulit durian.

Tumis Saos Sambal Kulit Durian

Mahalnya harga durian juga menuai protes dari Aguan Suriyantos. Melalui akun facebook miliknya, pria yang tinggal di Batam ini melancarkan protes unik dengan mengolah kulit durian menjadi masakan.

Tak lupa dalam postingannya, Aguan juga menjelaskan proses memasak kulit durian. Dalam video yang diunggahnya, Aguan memasukkan kulit durian yang sudah dipotong ke dalam wajan. Selanjutnya ia menambahkan saos, garam, penyedap rasa serta bahan masakan yang lain.

Dalam postingannya, Aguan menjelelaskan jika yang dilakukannya sebagai bentuk protes harga durian yang mahal di Batam. Karena mahal, ia merasa sayang membuang kulitnya yang kemudian ia jadikan bahan tumisan. “Durian Mahal di Batam jadi sayang kalau kulitnya dibuang (emoji),” ungkapnya.

Penampilan menggoda, apa layak dikonsumsi?

Dari penampilannya, masakan kulit durian ala Aguan ini tampak cukup meyakinkan. Ditambah dengan potongan bahan baku lainnya seperti bawang merah, bawang putih dan cabai membuat tumis kulit durian ini semakin menggugah selera.

Tumis kulit durian via facebook/aguan suriyantos

Tetapi belum jelas apakah tumis kulit durian ini memang layak untuk dikonsumsi. Mengingat bentuknya yang berduri bisa berbahaya jika masuk ke dalam tenggorokan. Apalagi sejauh ini tak ada bukti jika Aguan memang memakan masakannya itu.

Tumis kulit durian Aguan beserta lauk lainnya via facebook/aguan supriyantos

Yang pasti apa yang dilakukan Aguan ini berhasil menjadi viral. Baru sehari diunggah, postingan Aguan sudah berhasil mendapatkan lebih dari 2 ribu like dan 50 ribu share dengan lebih dari 2 ribu komentar.

Kalau kamu sendiri mau nyobain tumis kulit durian ini?

Tags
durian Kuliner durian
Share