Menjelajahi Tulamben, Surga Penyelaman di Bali yang Memiliki Bangkai Kapal Raksasa

Kalau ke Bali, kalian ke mana saja, Guys? Kuta? Seminyak? Uluwatu? Ah, sudah mainstream. Semua orang sudah tahu dan banyak orang ke sana setiap harinya. Kalau ke Tulamben pernah belum? Hah? Belum tahu Tulamben yang sangat mempesona di Bali dan jadi tujuan para penyelam dunia?

Baiklah, mari kita coba kupas tuntas Tulamben yang berada di pesisir sebelah barat dari Bali atau tepatnya di kawasan Karangasem. Di tempat ini kamu bisa menikmati desa nelayan kecil yang tidak hanya indah tapi juga menyimpan surga bawah laut yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasan lengkap tentang Tulamben yang akan membuat liburanmu ke Bali lebih berkesan.

1. Menjelajahi Bangkai USS Liberty

Tidak bisa ditampik lagi kalau salah satu pesona dari Tulamben adalah adanya bangkai kapal USS Liberty yang sudah banyak ditumbuhi terumbu karang. Kapal dengan panjang 125 meter ini karam setelah terkena torpedo pada 11 Januari 1942. Beberapa tahun setelah bangkai kapal ini tenggelam, kawasan ini jadi objek wisata penyelaman yang selalu dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Menjelajahi bangkai USS Liberty
Menjelajahi bangkai USS Liberty [image source]
Menyelam di kawasan kapal yang sangat besar ini akan memberikan cukup banyak pengalaman yang berharga. Pertama kamu akan menikmati sisa Perang Dunia II yang sangat megah. Kedua, ikan-ikan yang bersembunyi di dalam bangkai kapal ini sangatlah banyak. Kalau kamu beruntung, ikan barakuda akan bermunculan. Selanjutnya ada beberapa spesies hiu dan ikan mola yang bentuknya ceper.

2. Kursus Menyelam Sampai Bisa

Ke Tulamben tanpa melakukan penyelaman di kedalaman lautnya kurang lengkap, Guys! Kalau kamu tidak bisa melakukan penyelaman sebelumnya, jangan khawatir. Di kawasan ini adanya banyak sekali tempat yang menawarkan jasa mengajari cara menyelam dengan baik dan benar. Bahkan, mereka juga akan mengajakmu untuk masuk ke ke dalam air dan melihat pemandangan yang magis di sana.

Kursus menyelam [image source]
Kursus menyelam [image source]
Oh ya, salah satu tempat terbaik untuk belajar menyelam adalah Aqua Dive Paradise. Dengan instruktur-instruktur terbaik, mereka akan mengajarimu untuk menyelam hingga bisa. Kalau hal dasar dari menyelam bisa kamu lakukan maka mereka akan menemanimu untuk praktik langsung untuk melihat wreck atau kapal karam USS Liberty yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

3. Menikmati Pantai Tulamben Tanpa Menyelam

Kalau kamu tidak bisa melakukan penyelaman karena faktor kesehatan atau memang tidak menginginkanya jangan berkecil hati. Pantai di Tulamben cukup indah untuk dinikmati. Di pantai ini kamu bisa menikmati pemandangan yang ada sembari bermain di sepanjang garis pantai yang memiliki banyak sekali batu.

Pantai Tulamben [image source]
Pantai Tulamben [image source]
Kalau kamu sedikit memiliki keberanian, berjalanlah sedikit ke tengah. Nikmati kejernihan air laut yang agak berombak ini. Semakin ke tengah kamu berjalan, permukaan laut akan mulai dipenuhi dengan terumbu karang dan biota laut yang ada di dalamnya akan mulai terlihat.

4. Akomodasi dan Kuliner yang Memikat

Kawasan Tulamben cukup memiliki banyak akomodasi dengan pemandangan pantai yang memikat. Resor-resor yang ada di sini memang sengaja dibangun untuk menjembatani turis yang ingin menikmati Tulamben jauh lebih lama. Oh ya selain pemandangan pantai, ada beberapa akomodasi yang menyajikan pemandangan Gunung Agung yang memikat. Kalau kamu berencana menginap di sini, pilihlah akomodasi berkelas seperti Batu belah dan Liberty Dive Resort.

akomodasi dan kuliner [image source]
akomodasi dan kuliner [image source]
Karena Tulamben merupakan kawasan desa nelayan, makanan khas di sini adalah seafood yang diambil langsung dari pantai. Kamu bisa menemukan ikan bakar atau masakan khas Bali lain di kedai kecil hingga restoran yang cukup punya kelas. Kamu bisa memilih Lesehan Segara Tegeh atau Matahari Tulamben Restaurant yang memiliki pemandangan pantai.

Inilah beberapa hal yang bisa kamu jelajahi dan lakukan di Tulamben, Bali. Kelak kalau kamu ke Pulau Dewa lagi, sesekali bermainlah ke pusat penyelaman yang sangat memukau ini. Berenang dengan barakuda dan ikan mola di tengah reruntuhan kapal akan membuatmu betah.

Tags
tulamben USS Liberty tulamben
Share