Tugu Kopiah Emas di Taman Budaya Lampung Tengah Mengundang Decak Kagum Wisatawan

Suatu tugu atau monumen yang menjadi ikon sebuah daerah umumnya juga dijadikan sebagai tempat rekreasi baik disengaja atau pun tidak. Tugu Kopiah Emas di Taman Budaya Lampung Tengah misalnya, karena keindahannya kawasan tersebut menjadi destinasi rekreasi baru terutama bagi pengguna jalan yang melintasi jalur lintas Sumatera.

Secara umum Lampung dikenal memiliki destinasi island hopping di kawasan pulau Pahawang. Namun demikian bukan berarti daratannya tidak memiliki daya tarik. Khususnya di kawasan Lampung Tengah terdapat Taman Budaya yang punya tugu ikonik bernama Tugu Kopiah Emas. Bentuknya yang ikonik dan paling menonjol dibanding patung-patung lainnya membuat tempat ini banyak dikunjungi traveler.

Tugu Kopiah Emas di Taman Budaya Kota Gunung Sugih, Lampung Tengah, via instagram
Tugu Kopiah Emas di Taman Budaya Kota Gunung Sugih, Lampung Tengah, via instagram

Taman Budaya Lampung Tengah dimana terdapat Tugu Kopiah Emas ini dibangun di pinggir jalan lintas Sumatera di kota Gunung Sugih, kabupaten Lampung Tengah. Lokasinya berdampingan dengan Tugu Pengantin yang menampilkan sepasang pengantin pria dan wanita dalam balutan pakaian tradisional Lampung.

Tujuan awal pembangunan tugu ini adalah untuk mempercantik wajah kota namun karena bentuknya yang cantik kawasan terbuka ini juga menjadi sarana rekreasi. Tugu yang kece ini melambangkan tutup kepala adat masyarakat Lampung. Untuk menemukannya cukup mudah sebab tugu ini hanya berjarak 0,5 km dari ibukota kabupaten dan 61 km dari pusat ibukota provinsi.

Pembuat tugu Kopiah Emas ini adalah seniman dari Muntilan, Magelang, via instagram
Pembuat tugu Kopiah Emas ini adalah seniman dari Muntilan, Magelang, via instagram

Sang arsitek Tugu Kopiah Emas sendiri adalah para seniman dari Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Tugu tersebut tersusun dari 442 buah batu paras yang diangkut menggunakan tiga truk dari Muntilan langsung. Barulah di Gunung Sugih potongan batu tadi disusun kembali oleh 15 orang ahli dan menjadi tugu yang keren seperti sekarang ini.

Tugu Kopiah Emas jadi tempat rekreasi, via instagram
Tugu Kopiah Emas jadi tempat rekreasi, via instagram

Tugu Kopiah Emas memiliki ukuran tinggi 11 meter dan diameter lingkarannya 3 meter. Keberadaan tugu ini cukup mencolok dibanding ikon serupa di kawasan yang sama. Sehingga setiap hari ada saja pengguna jalan yang berhenti di Taman Budaya tersebut hanya untuk berfoto di depan tugu tersebut. Bisa dikatakan foto dengan latar belakang Tugu Kopiah Emas ini menjadi bukti otentik kalau traveler memang pernah singgah di Lampung Tengah.

Tags
Indonesia Lampung Tengah Tugu
Share