Traveling Sambil Yoga, Lima Tempat Ini Dapat Menjadi Destinasinya

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Kata Yoga berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti yoking atau union. Bagi beberapa praktisi yoga, hal itu berarti kolaborasi nafas, tubuh, pikiran, dan roh. Tak sedikit yang gemar melakukan yoga sambil traveling, tempat yang indah juga harus masuk dalam kolaborasi tersebut. Untungnya, beberapa tempat ini memiliki suasana yang tepat untuk melakukan traveling sambil yoga.

Koh Yao Noi,Thailand

Koh Yao Noi via instagram/putovanjaluksuzna

Tempat ini tergolong memiliki lebih sedikit turis dibanding kota-kota lain di Thailand, sehingga suasananya lebih tenang. Beberapa instruktur yoga lokal Koh Yao Noi juga menyediakan kelas latihan yoga, pranayama atau teknik pernafasan, dan meditasi. Beberapa kegiatan petualangan seperti panjat tebing dan mendayung kayak di hutan bakau dapat dilakukan di tempat ini. Bahkan tempat ini memiliki pantai rahasia yang tenang untuk melakukan meditasi dengan nuansa lautan.

Kerala, India

Kerala India via instagram/thetravellingnomads

Kalau Teman Traveler ingin merasakan pengalaman yoga paling keren, menuju tempat kelahirannya adalah jawaban. Di India, negara bagian Kerala di barat daya dikenal dengan praktek pengobatan alternatif Ayurvedic. Beberapa lokasi untuk memperdalam latihan yoga dapat ditemukan di sini. Suasananya pun cukup tenang. Selain yoga, di sini juga teradapat beberapa program kelas memasak yang dapat dicoba setelah yoga.

Sacred Valley, Peru

Sacred Valley Peru via instagram/schoolyogainstitute

Jika sebagian besar traveler pergi ke Peru untuk mengunjungi reruntuhan di Machu Picchu, Teman Traveler yang gemar melakukan yoga dapat menuju Sacred Valley. Di sini traveler dapat menemukan tradisi perdukunan kuno hingga praktik obat kuno suku Inca yang dipimpin oleh pemimipin suku Andes. Lansekap di sekitarnya masih memiliki panorama yang sangat alami.

Montezuma, Costa Rica

Montezuma, Costa Rica via instagram/barfuss_weltenbummler

Di sini ombak dan yoga merupakan perpaduan yang tepat. Kedua hal tersebut sama-sama menuntut konsentrasi, kontrol napas, dan kesabaran. Kosta Rika mungkin menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati dua hal tersebut. Wisatawan menyukai Montezuma karena penduduk setempat yang ramah dan suasananya yang berseni, serta menu vegetarian yang lezat. Daerah ini tergolong tidak terlalu ramai, sehingga dapat menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan yoga di tepi pantai.

Dengan nuansa yang tenang dan tidak terlalu padat akan turis, tempat-tempat yang di atas dapat menjadi destinasi yang tepat untuk traveling sambil yoga. Namun tak hanya tenang, pemandangannya pun tak kalah dengan tempat-tempat yang biasanya menjadi tujuan para turis.