Buat yang Mau Traveling ke Aceh saat Ramadan, Ketahui Hal-hal Ini Sebelum Berangkat

Aceh juga merupakan salah satu destinasi yang menggiurkan untuk dikunjungi. Alamnya yang istimewa, tradisinya yang unik membuat tempat ini cocok masuk daftar wisata selanjutnya. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu tahu saat memutuskan Traveling ke Aceh saat Ramadan.

Aminulla Usman, Wali Kota Banda Aceh mengeluarkan sejumlah peraturan menyambut Ramadan. Dan larangan-larangan ini merupakan hasil keputusan bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Apa saja hal-hal yang perlu kamu ketahuhi? Yuk keep scrolling!

Hotel dan Kafe Tidak Menyediakan Makanan Saat Siang Hari

Hotel di Aceh, via Instagram/grandarabiahotel
Hotel di Aceh, via Instagram/grandarabiahotel

Buat kamu yang Traveling ke Aceh saat Ramadan tahun ini, perlu untuk diingat-ingat. Pengusaha hotel dilarang menyediakan makanan pada siang hari. Karena hal itulah, ada baiknya untuk mempersiapkan sesuatu buat kamu yang tidak menjalankan ibadah puasa. Bisa dengan mempersiapkan makanan ringan, camilan, atau yang serba instan.

Larangan Mengenakan Pakaian Mini, terlebih ke Masjid

Pakai baju yang sopan ke masjid, via shutterstock
Pakai baju yang sopan ke masjid, via shutterstock

Sudah menjadi rahasia umum jika Aceh masih memegang teguh berbagai peraturan Islam. Salah satu peraturan yang sangat perlu untuk kamu ketahui adalah tetap pergunakan pakaian yang sopan. Tidak boleh memakai pakaian mini saat berada di tempat ibadah, Masjid. Terutama buat masyarakat setempat, namun Teman Traveler tetap harus menghormati aturan setempat ya.

Tidak Ada Hiburan (Karaoke, Biliar dan lain-lain) saat Ramadan

Tidak ada hiburan seperti biliar, via Instagram/9feetbilliard
Tidak ada hiburan seperti biliar, via Instagram/9feetbilliard

Kemudian hal lainnya yang perlu kamu ketahui. Saat traveling ke Aceh saat Ramadan, Teman Traveler tidak akan menemukan hiburan yang buka. Pengusaha hiburan dilarang beroperasi saat puasa. Mulai dari playstation, biliar, karaoke, dan lain-lain.

Ini merupakan keputusan yang sudah disetujui bersama, jadi tentunya berdampak pula bagi kamu yang ingin traveling ke kota yang mendapatkan julukan sebagai Serambi Makkah ini.

Tidak Ada Penjual Makanan sampai Pukul 16:00

penjual makanan hanya sore, via Shutterstock
penjual makanan hanya sore, via Shutterstock

Kemudian untuk makanan atau minuman, tidak ada yang beroperasi sejak pukul 05:00 sampai dengan 16:00 WIB. Barulah nanti menjelang waktu berbuka, akan banyak tempat makan atau pasar kaget Ramadan yang beroperasi. Ternyata, ini juga berlaku bagi salon, mereka diperbolehkan beroperasi mulai dari pukul 09:00 sampai dengan 16:00 WIB.

Bagi para wisatawan dalam dan luar negeri, juga diharapkan menghormati keputusan yang dibuat. Namun hal ini tentu saja tidak akan membuatmu malas untuk Traveling ke Aceh saat Ramadan, kan? Yuk agendakan traveling selanjutnya ke sana.

Tags
Aceh Indonesia Traveling ke Aceh Saat Puasa wisata ke aceh
Share