Pengen Tetap Bisa Traveling Dengan Dana Cekak? Ini Tipsnya

Alfri

Alfri

On Tips Traveling

Traveling adalah salah satu kegiatan yang paling banyak disukai orang. Dengan berbagai alasan mereka pergi traveling dari sekedar membuktikan eksistensi hingga melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan guna mendapatkan energi kembali. Apapun tujuannya jenis aktivitas ini selalu membutuhkan uang agar bisa terlaksana sehingga banyak dari mereka yang batal traveling karena masalah dana.

Uang memang salah satu hal utama yang perlu disiapkan untuk pergi traveling namun bukan berarti harus jor-joran mengeluarkannya. Dengan sedikit trik kamu pun tetap bisa pergi jalan-jalan meski memiliki dana yang cekak. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba hal-hal berikut ini.

1. Lakukan Perencanaan Dengan Benar

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum traveling adalah mengukur seberapa besar dana yang kamu punya. Setelah itu kamu lakukan perencanaan yang matang dengan mempelajari destinasi-destinasi yang kamu inginkan disesuaikan dengan budget yang kamu miliki saat ini. Setiap destinasi wisata tentu menuntut persiapan dana yang berbeda-beda pula sehingga persiapan dan riset mendalam sangat penting untuk dilakukan terutama bagi traveler yang memiliki dana cekak.

Merencanakan tujuan traveling, via instagram
Merencanakan tujuan traveling, via instagram

Hukum traveling itu menyatakan jika semakin jauh jarak tujuan travelingmu maka dana yang harus kamu keluarkan juga semakin banyak pula. Untuk itu kamu bisa mengobrak-abrik blog travel maupun forum-forum traveling di internet untuk mengetahui biaya minimal yang kamu butuhkan untuk liburan ke tempat tersebut. Menentukan tujuan traveling serta menyusun itinerary akan membantumu untuk mengukur kemampuan finansialmu sekaligus memberi gambaran umum mengenai seberapa besar biaya yang harus kamu keluarkan.

2. Memilih Moda Transportasi yang Paling Terjangkau

Anggaran transportasi berada pada posisi yang paling tinggi dalam perjalanan wisata. Pun demikian kamu bisa mengakalinya dengan menekan seminimal mungkin pengeluaran untuk hal yang satu ini. Caranya adalah memilih moda transportasi yang paling terjangkau. Dengan modal yang cekak memilih pesawat terbang sebagai alat angkut adalah pilihan yang sembrono sebab kamu akan mengeluarkan hingga dua kali lipat biaya transportasi ke tempat tujuan.

Transportasi darat umumnya memiliki tarif yang lebih murah, via instagram
Transportasi darat umumnya memiliki tarif yang lebih murah, via instagram

Sudah menjadi rahasia umum jika angkutan darat jauh lebih murah dibanding dengan kapal maupun pesawat terbang. Kereta atau bus misalnya, dengan naik salah satu jenis angkutan ini kamu bisa menghemat hingga 50% pengeluaran untuk biaya trasport. Bahkan terkadang biaya naik angkutan darat jauh lebih murah ketimbang membawa kendaraan pribadi lho. Malah kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa tidak capek dan bisa beristirahat selama di perjalanan.

Hanya saja perjalanan darat memiliki sisi negatif mengenai efisiensi waktu. Sebagai contoh perjalanan dari Jakarta ke Jogja atau sebaliknya membutuhkan waktu hingga seharian sedangkan jika naik pesawat hanya perlu waktu 45 menit saja. So, intinya pertimbangkan pula waktu dan tenaga sebelum memilih moda transportasi. Memilih perjalanan darat konsekwensinya kamu harus punya waktu libur yang lebih panjang.

3. Night Trip, Cara Ampuh Mengakali Biaya Akomodasi

Ada cara yang terbilang sedikit ekstrim untuk mengakali biaya akomodasi yaitu dengan melakukan night trip atau perjalanan malam. Skenarionya adalah kamu mengambil perjalanan malam dan sampai di lokasi wisata pada pagi hari dengan begitu kamu seharian bisa jalan-jalan di tempat wisata tanpa repot memikirkan penginapan.

Perjalanan malam lebih nyaman dan menghemat pengeluaran akomodasi, via instagram
Perjalanan malam lebih nyaman dan menghemat pengeluaran akomodasi, via instagram

Kadang banyak traveler yang berangkat siang sampai di kota tujuan sudah sore sehingga mereka harus mencari penginapan dulu dan baru jalan-jalan keesokan harinya. Dengan berangkat malam kamu bisa menghemat pengeluaran untuk akomodasi dengan catatan ada angkutan umum yang beroperasi malam hari dari daerah asalmu menuju ke wilayah yang kamu tuju.

4. Mencari Kota Tujuan yang Ditinggali Teman, Kamu Bisa Nebeng Menginap Disana

Tips berikut ini adalah cara paling ampuh untuk memangkas secara signifikan biaya penginapan. Caranya kamu memilih kota tujuan yang mana di kota tersebut kamu punya kenalan atau teman. Sebelum berangkat kamu hubungi temanmu itu lalu tanyakan apakah ia bisa memberi tumpangan barang sehari dua hari untuk tidur. Kalau beruntung kamu pun bisa menghemat pengeluaran makan sekaligus transportasi menuju ke destinasi wisata lho sebab beberapa kasus teman itu akan dengan senang hati mengantarmu jalan-jalan sekaligus menjamu dengan makanan.

Nebeng menginap di rumah teman, via instagram
Nebeng menginap di rumah teman, via instagram

Bagaimana kalau tidak ada kenalan? Di dunia maya banyak sekali bermunculan forum-forum atau komunitas backpacker. rajin-rajin bergabung di komunitas tersebut. Terkadang ada banyak orang yang bersedia memberi tempat menginap untuk sesama traveler. Selain itu kamu pun akan diberi banyak rekomendasi tempat wisata terbaik yang pernah mereka singgahi.

5. Kalau Ngotot Pilih Menginap di Penginapan Cari yang Murah dan Pesan Jauh Hari

Jika kamu sungkan atau ogah ngrepotin temenmu dengan nebeng tinggal di rumahnya dan memilih untuk tinggal di penginapan maka tipsnya kamu harus melakukan pemesanan jauh hari. Hal ini sangat penting untuk memberi kepastian bahwa sesampainya di lokasi penginapan yang kamu inginkan masih memiliki kamar. Jangan sampai kamu datang malah masih bingung mencari penginapan lantaran hostel atau homestay yang kamu incar telah penuh dipesan.

Homestay, via instagram
Ilustrasi Hostel [image source]
Selain melakukan booking jauh-jauh hari kamu juga perlu melakukan riset mengenai tarif kamar. carilah tipe-tipe penginapan yang memiliki dorm. Meski privasimu akan berkurang karena satu kamar akan diisi oleh beberapa traveler namun sisi positifnya harga kamar seperti ini lebih murah dan kamu pun bisa mendapatkan kenalan baru.

6. Rental Motor, Solusi Nyaman Berkeliling Kota

Tidak semua destinasi wisata dilalui trayek transportasi umum. Jika pun ada kadang mereka mematok tarif semaunya terlebih jika tahu kamu pendatang baru. Cara yang paling aman adalah dengan menyewa motor. Kini tidak sulit untuk menemukan rental motor di kota kecil sekalipun.

Rental Motor, via instagram
Rental Motor, via instagram

Dengan menyewa motor kamu lebih leluasa mau jalan-jalan kemana pun termasuk ke daerah terpencil yang tidak dilalui angkutan umum. Terkadang biaya yang kamu keluarkan pun jauh lebih sedikit ketimbang mengandalkan angkutan umum dalam kota. Apalagi jika kamu jalan berdua, biaya sewa dan bensin bisa ditanggung bersama.

7. Susun Itinerary Secara Berurutan Untuk Mengetahui Destinasi Mana Saja Yang Letaknya Berdekatan

Ini pentingnya untuk mencatat setiap destinasi dan mengurutkannya sesuai lokasinya. Dengan cara ini kamu bisa menghemat bensin. Tempat-tempat wisata yang letaknya berdekatan bisa kamu sambangi dengan berjalan kaki. Atau jika kamu sudah menyusun destinasi secara urut kamu tidak perlu bolak-balik lagi tinggal mendatanginya sekali jalan.

Susun Itinerary Secara Berurutan Untuk Mengetahui Destinasi Mana Saja Yang Letaknya Berdekatan, via instagram
Susun Itinerary Secara Berurutan Untuk Mengetahui Destinasi Mana Saja Yang Letaknya Berdekatan, via instagram

Agar lebih efisien, setelah kamu urutkan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi berdasarkan lokasinya, kamu datangi dulu spot yang paling jauh dari penginapan. Baru kemudian mendatangi tempat-tempat lain yang searah dan semakin mendekat ke tempatmu menginap. Bayangkan saja jika destinasi yang paling jauh kamu kunjungi belakangan, fisik sudah lelah tapi kamu masih harus berkendara jauh menuju ke penginapan. Pasti resiko perjalananmu lebih besar.

8. Beli Oleh-Oleh yang Murah Tapi Cukup Untuk Orang Banyak

Jika kamu rasa cerita dan foto liburanmu belum cukup menjadi oleh-oleh keluarga dan teman-teman di rumah tapi kamu juga tidak punya cukup uang untuk membeli suvenir buat buah tangan makan kamu bisa coba tips ini. Oleh-oleh itu tidak harus selalu dalam bentuk barang.

Beli Oleh-Oleh yang Murah Tapi Cukup Untuk Orang Banyak, via instagram
Beli Oleh-Oleh yang Murah Tapi Cukup Untuk Orang Banyak, via instagram

Orang-orang dirumah pun tidak selalu mengharapkan untuk dibelikan kaos atau suvenir, yang paling penting kamu pulang dengan tidak membawa tangan kosong sudah membuat orang-orang senang. Oleh sebab itu belilah camilan khas dari kota tujuan sebagai oleh-oleh. Seperti misalnya jika kamu liburan di Jogja, kamu bisa beli bakpia patok sebagai oleh-olehnya. Selain harganya terjangkau, satu kotak bakpia bisa berisi 18 hingga 30 lebih kue yang bisa dimakan bersama-sama.

Ternyata traveling tidak harus mahal kan? Semoga tips diatas berguna bagi para traveler yang punya dana cekak untuk tetap mewujudkan mimpinya bertamasya.