Tips Traveling dengan Sepeda, Seru dan Anti Bahaya

Advertisement

Jika kamu pernah ke Gili Trawangan, pasti tahu jika tempat itu tidak mengizinkan pengunjungnya menggunakan kendaraan bermotor. Hal tersebut untuk menjaga lingkungan dan mengurangi polusi udara. Sebagai gantinya, disediakan fasilitas yang menyehatkan. Apalagi kalau bukan sepeda gowes. Di beberapa tempat lain juga cocok dijelajahi dengan sepeda. Agar lebih nyaman, sebaiknya manfaatkan beberapa tips berikut ini.

1. Periksa Sebelum di Pakai

Traveling dengan Sepeda
Traveling dengan Sepeda [image source]
Meski tidak menggunakan mesin yang serumit motor atau mobil. Sepeda juga harus diperiksa sebelum digunakan. Lihat apakah tidak ada masalah pada bagian-bagian tertentu seperti ban dan rem. Jangan remehkan hal ini agar keselamatan dirimu tidak terancam.

2. Gunakan Pelindung

Bersepeda
Bersepeda di Sawah [image source]
Kecelakaan bisa saja terjadi pada pengguna sepeda. Maka dari itu, jangan remehkan untuk menggunakan pelingdung terutama helm. Perhatikan juga jarak dan waktu yang tepat untuk bersepeda sesuai dengan kondisi tubuhmu agar tidak kelelahan.

3. Jangan Memakai Earphone

Jangan menggunakan earphone
Jangan menggunakan earphone [image source]
Ada pula pengguna sepeda yang malah memakai earphone dengan volume cukup keras. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Seperti kejadian yang menimpa pembalap kelas dunia, Nicky Hayden. Ia tertabrak mobil saat sedang bersepeda.

4. Fokus ke Arah Jalan

Tips Bersepeda
Tips Bersepeda [image source]
Jalanan bisa menjadi tempat yang paling berbahaya jika yang menggunakannya tidak memperhatikan peraturan dan mengabaikan keselamatan. Padahal yang jadi taruhan bukan hanya nyawanya sendiri, tapi juga pengguna jalan lain. Maka dari itu, diperlukan fokus yang baik dan selalu memperhatikan ke arah jalan. Hati-hati sebelum belok, mengingat tidak semua sepeda dilengkapi dengan spion.

Kebiasan buruk seperti memakai headphone saat bersepeda memang sulit untuk ditinggalkan. Namun, kisah tragis yang sering terjadi harusnya menjadi pembelajaran untuk kita. Selalu hati-hati di jalanan ya.

Advertisement
Tags
Indonesia Sepeda tips Wisata
Share