Liburan Nekat, dari Naik Vespa Hingga ‘Nebeng’ Truk!

Sudah nonton film Trinity, The Nekad Traveler? Ya, film karya Rizal Mantovani ini merupakan adaptasi dari buku berjudul sama yang sangat popule. Bercerita tentang perjalanan seorang traveler cantik yang nekat traveling di tengah sedikitnya jatah cuti yang ia miliki dari perusahaan. Pun banyak halangan dan rintangan, ia pun akhirnya bisa berkeliling Indonesia bahkan dunia. Ternyata banyak loh traveler yang nekat hingga membuat banyak orang terkagum-kagum dengan langkahnya untuk traveling. Seperti cerita beberapa traveler di bawah ini.

1. Naik Vespa Hingga Belasan Hari di Jalan

Traveler paling aman, ya naik angkutan umum. Namun, keluarga satu ini terbilang unik sekaligus nekat. Mereka tak menggunakan angkutan umum saat traveling, tapi sepeda motor. Berbeda dengan kendaraan serupa lainnya, mereka memakai  vespa untuk melakukan perjalanan jauh. Well, bisa dibayangkan berapa lama perjalanannya kan?

Ismu Widjaya
Ismu Widjaya [image source]
Ialah keluarga Ismu Widjaja yang menggunakan vespa tua modifikasi tahun 1995. Memulai perjalanan dari Kalimantan Barat, mereka melewati daerah perbukitan Kabupaten Bengkayang, jalannya berkelok dan sempit. Baru kemudian mereka sampai di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Perjalanan mereka dari Indonesia ke Malaysia pun berlangsung selama 11 hari. Nekatnya lagi, mereka juga membawa anaknya yang masih kecil.

2. Pakai Sepeda Hingga Pecahkan Rekor

Masih tidak cukup melelahkan menggunakan vespa sebagai kendaraan saat traveling. Namun bagaimana dengan mencoba gowes berkeliling dunia? Well, mungkin hanya orang yang nekat saja berani melakukan hal tersebut. Salah satu orang yang berani traveling dengan menggunakan sepeda ini adalah Mike Hall yang terkenal banget pada tahun 2012 lalu.

Mike Hall
Mike Hall [image source]
Selain memiliki misi untuk keliling dunia dengan sepada kesayangannya , ia juga berhasil memecahkan rekor berkeliling dunia dengan cara gowes. Sejauh 40.000 kilometer atau satu putaran penuh bumi sudah ia lewati dalam waktu 107 hari. Perjalanannya Mike Hall tersebut melintasi 20 negara.

3. Menjual Foto Liburannya

Tidak kalah unik sekaligus nekat. Dalam mewujudkan misinya berkeliling dunia, dua traveler asal Rusia ini membuat banyak orang terkagum-kagum. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan uang sebesar USD 100, mereka bisa menyinggahi 12 negara sejak Juli 2016 kemarin. Wah, bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Ternyata dua traveler yang bernama Alex dan Diana ini memiliki rahasia agar bisa hidup dan berpindah dari satu negara ke negara lain.

Alex dan Diana
Alex dan Diana [image source]
Tidak selalu menggunakan kendaraan umum, mereka sering berjalan kaki atau menumpang kendaraan untuk menghemat uang. Untuk tidur, mereka membawa tenda bongkar pasang untuk dipasang ketika tidak ada penginapan murah. Yang paling mengejutkan, ternyata Alex dan Dina sering menjual foto-foto perjalanannya sebagai tambahan melanjutkan perjalanan mereka keliling dunia.

4. Keliling Dunia dengan Nebeng Kapal Kontainer

Para backpacker sudah biasa untuk melakukan perjalanan dengan naik turun angkutan barang tanpa perlu membayar. Pun harus jadi satu dengan barang bawaan, mereka tak akan menolak jika ada tumpangan seperti ini. Beruntung, jika mereka bisa duduk berdampingan dengan sang supir lalu diberikan kesempatan untuk tidur di rumahnya. Sudah hemat ongkos, tidak perlu menginap di hostel lagi. Surga banget bagi mereka.

Thor Pardesen
Thor Pardesen [image source]
Hampir sama dengan nasib para backpacker di Indonesia, pria satu ini juga sering traveling dengan nebeng. Bukan angkutan barang, tapi nebeng kapal kontainer. Ialah Thor Perdesen (37 tahun) yang berhasil keliling dunia dengan kapal kontainer sejak tahun 2013 lalu. Namanya nebeng, ia pun tidak mendapatkan kemewahan seperti naik kapal pesiar. Pun demikian, ia cukup bahagia lantaran dapat memiliki pengalaman yang tak terlupakan.

5. Keliling Dunia Sendirian dengan Modal tebengan

Seperti Thor Perdesen serta Alex dan pasangannya, wanita cantik asal Kroasia ini juga memutuskan untuk nekat melakukan traveling. Setelah keluar dari pekerjaannya ia mulai menjalani solo traveling sejak tahun 2013 lalu. Ya, paling nekat di antara traveler sebelumnya. Jika Thor menebeng kapal kontainer, wanita bernama Ana Bakran ini melakukan perjalanan dengan menebeng apapun yang lewat di jalan.

Ana Brakan
Ana Brakan [image source]
Dari mulai kuda, mobil, truk, kapal bahkan helikopter pernah ia tumpangi. Sejak tahun 2013 lalu, ia sudah mengunjungi 25 negara. Dalam perjalanannya tersebut, ia pernah mendapatkan perlakuan kasar dari driver hingga tinggal satu lantai bersama dengan 63 anak yatim di Thailand. Dari mulai yang sederhana hingga yang mewah menjadi pengalaman yang tak pernah ia lupakan.

Nah, bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba cara traveler di atas? Well, boleh saja ditiru, tapi yang positif dan tidak merugikan orang lain ya!

Tags
Backpaker Indonesia Naik Vespa
Share