Kebiasaan Unik Negara Asia Menjelang Valentine, Indonesia Salah Satunya

Advertisement

Mungkin di antara kalian ada bertanya-tanya, gimana sih asal usul Hari Valentine? Atau jangan-jangan ini hanya sebuah konspirasi dari produsen bunga, coklat, dan penjual kartu ucapan yang semata-mata dilakukan agar dagangan mereka laris? Dari history.com, Travelingyuk menemukan bahwa momen ini berasal dari salah satu tentara romawi yang menikah diam-diam. Hal ini jelas melanggar aturan pasukan. Tak lama kemudian dia dihukum mati. Namun saat ini Valentine tak semengerikan itu, malah terdapat beberapa negara di Asia yang memiliki tradisi perayaan yang unik.

Jepang, Perempuan yang Memberi Coklat Kepada Laki-laki

Perempuan yang pertama memberikan kado [image source]
Jika pada umumnya pria yang memberikan coklat pada perempuan, hal berbeda akan kamu temukan di Jepang. Pada tanggal 14 Februari, perempuan yang pertama memberikan coklat kepada laki-laki. Sebagai balasannya, satu bulan kemudian pihak pria memberi kado balasan. Momen tersebut biasa dijuluki dengan hari putih.

Korea, Nasib Buruk dan Nasib Baik

Makan mie hitam untuk menghindari nasib buruk [image source]
Di Negeri Ginseng, Hari Valentine nggak cuma bicara masalah kasih sayang. Namun kepercayaan terhadap baik dan buruknya nasib seseorang. Jika ada yang tidak menerima kado sama sekali di tanggal 14 Februari, ia disarankan untuk pergi ke restoran menu Korea dan menyantap mi hitam untuk menghalau nasib buruk.

Cina, Pantangan Kado

Di China beberapa hal tidak dapat menjadi kado [image source]
Selain tanggal 14 Februari, Negeri Tirai Bambu juga merayakan momen yang sama di tanggal 7 Juli. Selain itu, terdapat beberapa pantangan dalam memberikan kado. Beberapa hal seperti memberikan payung dan sepatu, serta memakan buah pir bersama pasangan adalah hal yang tabu untuk dilakukan saat Valentine. Bukan tanpa alasan, ketiga hal itu memiliki arti yang dekat dengan perpisahan jika dituliskan dalam aksara mandarin.

India, Berfoto di Taj Mahal

Foto dengan latar belakang di Taj Mahal [image source]
Taj Mahal menjadi simbol kasih sayang tersendiri bagi warga India. Pasalnya tempat ini dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya. Maka itu saat ini banyak sekali pasangan muda-mudi yang berlomba membuat foto paling bagus dengan latar belakang Taj Mahal.

Indonesia, Promo Hotel dan Makan Malam Romantis

Tak hanya untuk honey moon, sekarang pemandangan seperti ini juga dapat menjadi kado [image source]
Ketika mendekati Hari Valentine, banyak sekali hotel di Indonesia yang mengadakan promo makan malam romantis, menu khusus, atau cut price harga kamar. Bukan sesuatu yang salah juga, menjadi pengusaha harus pandai melihat peluang. Apalagi saat ini kado bunga-bunga yang ditata berbentuk hati di atas kasur hotel menjadi sesuatu yang digemari oleh pasangan kekinian. Lumayan juga kan kalau ada promo, banyak uang yang bisa disimpan untuk keperluan lain.

Setiap daerah tentu saja memiliki budayanya masing-masing, begitu pun untuk merayakan Hari Valentine. Bahkan tradisi seperti lima negara di atas pun tergolong unik. Bagaimana rencana perayaan Hari Valentinemu?

Advertisement
Tags
China India Indonesia jepang Korea Luar negeri Valentine
Share