4 Tradisi Setelah Salat Idul Adha di Dunia, Ada yang Dari Indonesia

Sudah bukan hal asing lagi, apabila sesudah salat Idul Adha semua orang menyiapkan penyembelihan hewan kurban. Untuk lelaki bagian menyembelih, sedang yang perempuan bertugas memasak daging hewan kurban. Namun, di beberapa daerah atau bahkan negara lain, ada acara unik di antaranya. Ada ritual khusus yang sudah dilakukan secara turun temurun. Negara-negara di bawah ini yang melakukan tradisi setelah salat Idul Adha. Yuk simak ulasannya. 

Maroko, Memakan Sajian Khusus 

setelah salat idul adha
Ilustrasi menyajikan makanan khusus di Maroko via instagram/agadir_tourist_guide

Salah satu negara di Benua Afrika, yaitu Maroko melakukan tradisi tertentu setelah salat Idul Adha. Warganya bersama-sama menikmati sebuah hidangan tradisional khas Maroko yang bernama Herbol. Sajian ini terbuat dari gandum dan susu yang nantinya akan dinikmati beramai-ramai. Selain itu, warga muslim negara tersebut juga akan menyediakan kue spesial dan permen yang hanya dihidangkan pada saat Idul Adha. 

Pakistan, Memandikan dan Menghias Hewan Kurban 

setelah salat idul adha
Memandikan dan menghias hewan di Pakistan via shutterstock

Negara Pakistan juga melakukan hal tak biasa setelah salat Idul Adha. Mereka akan memandikan semua hewan kurban yang akan disembelih. Mulai dari sapi, kambing sampai dengan domba. Nah, setelah binatang-binatang ini bersih, para warga juga akan menghiasnya menggunakan beberapa aksesoris. Biasanya yang kerap dipakaikan adalah kalung bunga. 

China, Mengaji dan Saling Bertukar Bingkisan

Ilustrasi mengaji via shutterstock

Masyarakat muslim di China juga tidak mau kalah dengan dua negara di atas. Sehabis melaksanakan salat Idul Adha, mereka akan mengaji terlebih dulu, lalu melantunkan shalawat. Apabila semua sudah selesai dilakukan, para warga akan bersilaturahmi kepada saudara dan tetangga. Tak lupa juga, mereka akan bertukar bingkisan yang jenisnya bermacam-macam. Bisa kue, pakaian atau yang lainnya. 

Keraton Kasepuhan Cirebon, Menyaksikan Gamelan Sekaten

Menyaksikan gamelan sekaten via shutterstock

Sultan dan keluarga yang tinggal di Keraton Kasepuhan Cirebon memiliki kebiasaan tersendiri setelah salat Idul Adha. Mereka akan menyaksikan gamelan sekaten di tempat yang bernama Siti Inggil. Kemudian, pihak keraton juga akan menggelar hajat nasi dan lauk pauk. Nantinya, makanan tersebut akan dibagikan ke kaum Langgar Agung, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Astana Gunung Jati, para warga, abdi dalem, serta masyarakat magersari. 

Ternyata, di beberapa tempat memiliki tradisi setelah melangsungkan salat Idul Adha. Cukup menarik dan bisa jadi referensi destinasi wisata ketika Teman Traveler berkunjung ke salah satunya ketika Hari Raya Besar. Jadi, siapkan rencana kunjungan saat Idul Adha mulai dari sekarang, ya. Mau ke mana dulu, nih?

Tags
Budaya China Cirebon Maroko Pakistan setelah salat idul adha
Share