Meugang, Perayaan Hari Kemenangan Masyarakat Aceh

no image available

no image available

Menjadi negara yang kaya akan ragam  budaya dan tradisi, banyak warna yang dimiliki oleh Indonesia. Budaya dan tradisi tersebut banyak yang masih terjaga hingga saat ini. Begitu pun dengan tradisi menyambut lebaran. Setiap daerah memiliki kegiatannya masing-masing. Seperti tradisi menyambut lebaran di Aceh yang bernama Meugang ini.

Diyakini Telah Berlangsung Mulai Tahun 1600an

Meugang adalah tradisi berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk menikmati acara makan daging bersama. Dalam tradisi yang berlangsung satu minggu sebelum lebaran ini semua elemen masyarakat bisa menikmati daging Meugang. Tradisi ini diyakini telah berlangsung mulai tahun 1607 saat Sultan Iskandar Muda masih memimpin NAD.

Beberapa Tempat juga Diwarnai dengan Penyembelihan Hewan

Tradisi Meugang merupakan rangkaian aktivitas dari membeli, mengolah, dan menyantap daging sapi selama dua hari menjelang puasa. Aktivitas ini merupakan simbol bahwa menu santap ‘mewah’ bisa dinikmati semua orang dalam menyambut hari-hari besar Islam, tanpa melihat status ataupun golongan. Agar setiap lapisan masyarakat dapat merasakan, beberapa orang juga menyembelih hewan yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan.

Gulai adalah Harga Mati

Sehari atau dua hari sebelum hari Meugang, sepanjang jalan kota-kota di Aceh mulai ramai dengan penjual daging. Daging merupakan ciri khas yang harus ada ketika Meugang. Gulai daging lezat pasti tersaji ketika berkunjung ke rumah masyarakat Aceh saat hari Meugang.

Kudapan Wajib juga Harus Ada

Selain gulai daging, lemang dan tape merupakan dua makanan wajib yang harus ada ketika Meugang. Lemang sendiri merupakan beras ketan yang dicampur dengan santan kemudian dimasukan dalam bambu dan dibakar. Sedangkan tape adalah beras ketan yang sudah dimasak setengah matang terlebih dahulu, kemudian dilumuri ragi dan dibungkus kecil kecil dengan daun pisang dan setelahnya didiamkan selama dua atau tiga hari.

Berbagai macam tradisi masih terjaga dan dilestarikan dengan baik di Indonesia. Meugang adalah salah satu contoh tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun. Apa tradisi menjelang Hari Raya Idul Fitri di tempat tinggalmu?

 

Tags
Share