Tradisi Makan Bersama khas Nusantara, di Kotamu Apa Namanya?

Indonesia memiliki banyak tradisi unik yang menarik perhatian dunia. Termasuk cara makan santun yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di seluruh penjuru negeri. Dari banyaknya tata cara tersebut, tradisi makan bersama masih digemari hingga saat ini. Meski kegiatannya tak jauh beda, tapi nama setiap daerahnya berbeda. Seperti berikut ini.

1. Bancakan, Jawa

Bancakan
Bancakan via instagram/@voilajogja

Orang Jawa tak asing lagi dengan istilah ini. Yap, bancakan adalah tradisi makan bersama konon kabarnya berasal dari masyarakat Pandeglang, Banten. Tidak serta merta kumpul bersama dan makan, tradisi ini biasa melakukan makan bareng di atas daun pisang. Menu yang disajikan tentu saja hidangan khas Jawa. Tidak hanya di dalam rumah, acara ini bisa dilakukan di mana saja, baik di kebun maupun tepi sungai.

2. Bajamba, Minangkabau

Bajamba
Bajamba via instagram/@goodindonesianfood

Istilah lain dari bajamba adalah barapak. Tradisi makan ini dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Biasanya bajamba diadakan untuk memperingati hari-hari besar agama Islam atau acara selamatan lainnya. Sedikit berbeda dengan bancakan, setiap orang yang mengikuti tradisi ini sudah disediakan sepiring nasi dengan aneka lauk di hadapannya. Namun, tetap saja semua orang duduk berhadapan untuk menikmati sajian. Selain makan bersama, acara ini diselingi dengan kegiatan kesenian Minang.

3. Megibung, Bali

Megibung
Megibung via instagram/@waroengdadong

Bali juga memiliki istilah unik untuk tradisi makan bersama. Namanya Megibung yang sudah turun temurun dilakukan oleh warga kampung Islam Kepaon dan sekitarnya. Tradisi Megibung kini juga sering dijadikan paket makan malam di hotel berbintang. Kegiatan makan bersama yang dilakukan sejak masa kerajaan ini menawarkan menu menggoda dengan aneka lauk khas Bali. Ada tempe, tahu, telur, hingga sambal matcha. Tak lupa, tambahan ayam betutu dan sate lilit yang tak boleh terlupakan.

4. Kembul Bujana, Jawa

Kembul Bujana
Kembul Bujana via instagram/@griyapersadahotel.kaliurang

Selain bancakan, ada istilah lain untuk acara makan bersama di Jawa. Salah satunya kembu bujana yang merupakan tradisi menikmati hidangan sebagai simbol setiap manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Pencipta. Sementara menu hidangan yang disajikan juga beragam dari daging hingga sayur mayur.

Aneka tradisi makan bersama khas Nusantara ini memang unik. Namun, tujuannya tidak lain untuk mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan di kehidupan nyata. Jadi, kalau di kotamu apa namanya?

Tags
Bali Bandung Indonesia Jakarta Jogja kuliner Medan tradisi makan
Share